Simpan daftar hal-hal yang ingin Anda lakukan, tetapi berikan banyak fleksibilitas agar Anda tidak harus melakukan semuanya. (Foto: Resi Kling/Unsplash.com)

Strategi Traveling Tanpa Stres

Jakarta: Traveling atau bepergian tanpa stres pasti sangat memuaskan. Mungkin biasanya Anda traveling dengan waktu yang singkat dan kurang menikmati rangkaian kegiatan karena menjalaninya dengan diburu waktu.

Ingatlah kiat-kiat berikut ini untuk perjalanan Anda berikutnya dan Anda akan lebih banyak waktu menikmati tujuan Anda bahkan menjadi lebih santai.

1. Bawa barang seminimal mungkin
Membawa banyak barang akan merepotkan Anda saat traveling, terutama ketika Anda traveling ke lebih dari satu tempat. Jika Anda pergi selama lebih dari seminggu, luangkan waktu untuk mencuci pakaian atau gunakan jasa laundry di tempat.

(Baca juga: Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Traveling)


(Sebaiknya bawa barang yang Anda perlukan saja. Jangan terlalu banyak karena akan merepotkan Anda sekaligus ada biaya bagasi jika lewat ambang batas berat bagasi. Foto: Thomas Martinsen/Unsplash.com)

2. Rencanakan lebih sedikit
Memiliki banyak rencana perjalanan mungkin terlihat seperti hadiah untuk liburan yang Anda idamkan. Tetapi, ketika Anda tiba di lokasi, Anda akan merasa tergesa-gesa memenuhi seluruh rencana tersebut. Sebaliknya, jika Anda kurang merencanakannya, Anda tidak akan terlalu stres atau dikejar waktu.

Tetaplah simpan daftar hal-hal yang ingin Anda lakukan, tetapi berikan banyak fleksibilitas agar Anda tidak harus melakukan semuanya dan menikmati traveling tanpa terburu-buru.

3. Tetap aktifkan ponsel
Anda telah menetapkan waktu untuk traveling, maka matikan email kantor dan notifikasinya. Tetapi, tetap aktifkan akses internet dan aplikasi messenger terutama untuk tetap berhubungan dengan orang-orang terdekat.

4. Instal aplikasi yang tepat
Jangan lupa instal dan aktifkan akses aplikasi pendukung perjalanan, seperti Google Maps, Google Translate, dan situs pemesanan perjalanan. Aplikasi paling penting adalaah pemesanan perjalanan, agar Anda tidak kesulitan memesan transportasi, tempat tinggal, dan makanan.

<iframe class="embedv" width="620" height="415" src="http://www.metrotvnews.com/embed/JKRj6g7K" allowfullscreen></iframe>

Editor : Yatin Suleha