Ketua DPP Partai Nasdem Taufik Basari. MI/Rommy Panjaitan.

NasDem tak Takut Gerindra & PKS Mesra di Pilkada 2018

Metrotvnews.com, Jakarta: Partai Nasdem tak risau sinyal kemesraan antara PKS dan Gerindra bakal kembali berlanjut di Pilkada 2018. Pasalnya, peta koalisi antar parpol di daerah masih sangat cair dan dinamis.

"Jika PKS dan Gerindra sepakat untuk selalu bersama tidak masalah juga," kata Ketua DPP Partai Nasdem Taufik Basari saat dihubungi Metrotvnews.com, Senin 17 Juli 2017.

Taufik memaklumi jika kebersamaan antara PKS dan Gerindra dalam rangka konsolidasi agenda politik yang lebih besar di Pilpres 2019. Apalagi, Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto diketahui bakal kembali bertarung pada pemilihan presiden.

"Mungkin itu bagian dari mengawal kepentingan Prabowo untuk Pilpres 2019," ujarnya.

Taufik mengingatkan, kepentingan koalisi harus sesuai dengan kepentingan masyarakat. Partai politik tak boleh mengedepankan kepentingan kelompok tertentu atau atas dasar hasrat politik individu.

"Yang terpenting adalah bagaimana Pilkada bisa bermanfaat untuk rakyat tidak semata-mata bermanfaat untuk partai dan justru malah meninggalkan kepentingan rakyat," tutupnya.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menjadwalkan tahapan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak 2018 dimulai Oktober tahun ini. Ada 171 pilkada yang pemungutan suaranya berlangsung pada 27 Juni 2018.

Editor : Dheri Agriesta