NEWSTICKER

Index: 2023-01-25

140 result

Kasal Rotasi Sejumlah Pejabat TNI AL

Kasal Rotasi Sejumlah Pejabat TNI AL

Metro Malam • 2 months ago

Kepala Staf Angkatan Laut melakukan rotasi sejumlah pejabat di lingkungan TNI AL. Sertijab ini berdasarkan hasil rapat Dewan Kepangkatan dan Jabatan Tinggi (Wanjakti) yang dipimpin panglima TNI di lapangan silam Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara beberapa waktu lalu.

Ada 11 jabatan yang diserahterimakan dalam upacara ini, di antaranya koordinator staf ahli Kasal, asisten intelijen Kasal, Askomlek Kasal, dan Puspenerbal dan Puspomal, Pangkolinlamil, dan Puskopaska, Kadispamsanal, Kadisadal, Kadismatal, dan Kadisjarahal.

Dalam amanatnya, Kasal Laksamana TNI Muhammad Ali mengingatkan untuk mewujudkan cita-cita TNI AL yang profesional, modern, dan tangguh. Setiap organisasi di jajaran TNI AL harus memiliki peran penting sesuai bidang fungsi dan tugas pokok masing-masing.

Gibran Bocorkan Langkah Politik Kaesang: Jabatan Eksekutif

Gibran Bocorkan Langkah Politik Kaesang: Jabatan Eksekutif

Metro Malam • 2 months ago

Kaesang Pangarep, putra bungsu Presiden Joko Widodo mengikuti jejak ayah dan kakaknya masuk dunia politik. Sang kakak, Gibran Rakabuming Raka angkat bicara mengenai hal tersebut. 

"Eksekutif. Itu dah tak bocorkan," kata Gibran, Rabu (25/1/2023)

Gibran membeberkan jika Kaesang kemungkinan maju sebagai eksekutif. Ia tidak menjelaskan lebih rinci, eksekutif yang dimaksud adalah wali kota, bupati, atau gubernur. 

Tidak diperjelas oleh Gibran perihal daerah mana yang rencananya Kaesang akan maju mencalonkan diri sebagai eksekutif. 

Gibran menyatakan, bila Kaesang berpolitik pasti memulai dari bawah. Ia mengaku akan mendukung pilihan Kaesang, baik maju lewat parpol maupun independen.

Keluarga Korban Desak Pembentukan Pansus Gangguan Ginjal pada Anak

Keluarga Korban Desak Pembentukan Pansus Gangguan Ginjal pada Anak

Metro Malam • 2 months ago

Sebanyak 25 keluarga korban gagal ginjal akut pada anak yang tergabung dalam advokasi untuk kemanusiaan menghadiri audiensi bersama Komisi IX DRP RI, Rabu (25/1/2023) siang. Mereka menagih tanggung jawab pemerintah atas berbagai kerugian yang dialami.

Ketua Tim Advokasi Al Araf mengatakan hingga kini total korban anak yang meninggal dunia mencapai 200 anak dan total 134 anak masih dalam perawatan. Mereka mendesak pemerintah untuk hadir baik lewat penetapan status kejadian luar biasa (KLB) hingga menjamin perlindungan bagi para korban.

Meski kasus GGAPA telah mencapai puncaknya pada September dan Oktober 2022 silam, pemerintah hingga kini belum menetapkan status KLB. Al Araf mengatakan penyematan status KLB dibutuhkan oleh korban sebagai bentuk keberpihakan pemerintah, sekaligus memberikan jaminan perlindungan bagi hak-hak korban.
 
Selain itu, tim advokasi juga mendesak Komisi IX DPR RI segera membentuk panitia khusus (pansus) untuk mengungkap kasus gagal ginjal akut pada anak.

 Bacakan Pleidoi, Richard Eliezer Menangis Minta Maaf ke Orang Tua

Bacakan Pleidoi, Richard Eliezer Menangis Minta Maaf ke Orang Tua

Metro Malam • 2 months ago

Terdakwa Richard Eliezer menangis dan meminta maaf kepada kedua orang tuanya, karena kasus pembunuhan Brigadir J membuat keluarga bersedih dan kelelahan.

"Mohon maaf mama dan papa, maafkan saya atas peristiwa yang terjadi ini, sehingga membuat mama dan papa serta keluarga bersedih dan kelelahan. Maafkan karena kejujuran saya sudah membuat mama sedih harus melihat saya di sini," ujar Eliezer menangis sambil membaca nota pembelaan (pleidoi), Rabu (25/1/2023). 

Eliezer juga berterima kasih karena ibunya selalu ada untuk mendukungnya. Eliezer juga meminta maaf kepada ayahnya, karena kehilangan pekerjaan buntut dari peristiwa ini. 

"Saya berterima kasih kepada mama, selalu ada mendukung saya di sini. Maafkan saya, pah, akibat peristiwa ini papah harus kehilangan pekerjaan," kata Eliezer.

Jokowi Tanggapi Video Ibu Beri Anak Kopi Susu: Anak Harus Diberi Asupan Bergizi

Jokowi Tanggapi Video Ibu Beri Anak Kopi Susu: Anak Harus Diberi Asupan Bergizi

Metro Malam • 2 months ago nasional

Video viral ibu memberi bayinya kopi susu instan juga mengundang reaksi dari Presiden Joko Widodo. Sementara itu, Kapolri menegaskan akan mengerahkan anggotanya untuk mengecek langsung kondisi sang anak.

Pernyataan Presiden Joko Widodo ini disampaikan saat menghadiri Rakornas BKKBN pada Rabu (25/1/2023) pagi. Presiden meminta masyarakat berhati-hati dalam memberikan asupan kepada anak, serta pentingnya penyuluhan kepada orang tua soal gizi anak. Jika masih balita, organ jantung dan ginjal anak belum kuat sehingga bisa berbahaya bila diberi minum kopi susu instan.

Sementara itu, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan kasus ini telah ditangani oleh anggota Polri.

6 Korban Kapal Tenggelam di NTT Laporkan Agen Travel & Pemilik Kapal ke Polisi

6 Korban Kapal Tenggelam di NTT Laporkan Agen Travel & Pemilik Kapal ke Polisi

Metro Malam • 2 months ago

Enam korban tenggelamnya KM Tiana di Labuan Bajo, melaporkan agen travel dan pemilik kapal ke Polres Manggarai Barat, NTT, Selasa (24/1/2023). 

Enam orang tersebut terdiri dari dua orang wisatawan asing, warga Kanada, dan warga Latvia, serta empat wisatawan domestik dari Pekalongan, Jawa Tengah. 

Kuasa hukum korban, Hipatios Wirawan mengatakan pihaknya melapor ke polisi karena agen dan pemilik kapal diduga telah melakukan kelalaian dan penipuan. 

Mereka tidak menyampaikan informasi sebenarnya kepada penumpang mengenai kapal yang akan digunakan untuk berlayar di Perairan Taman Nasional Komodo, hingga membuat korban mengalami kerugian materil dan imateril. 

Hipatios juga mempertanyakan izin operasi kepada kapal KM Tiana yang sebelumnya pernah mengalami kecelakaan dan berstatus sebagai barang bukti. 

Saat ini, KM Tiana disita polisi. Hal itu untuk kepentingan penyelidikan. 

Bocah Korban Penculikan di Cilegon Ditemukan Mengemis di Jakarta

Bocah Korban Penculikan di Cilegon Ditemukan Mengemis di Jakarta

Headline News • 2 months ago

Tiga pekan setelah dilaporkan hilang karena diculik, bocah berusia empat tahun asal Cilegon, Banten akhirnya berhasil ditemukan. Korban berinisial AS ditemukan sedang mengemis di Pasar Minggu, Jakarta Selatan. 

Selama diculik, korban diperalat oleh pelaku sebagai 'badut' untuk mengemis, agar pengguna jalan merasa kasihan, sehingga korban dan pelaku mendapatkan banyak uang. Korban dan pelaku, Herdiansyah, hidup berpindah-pindah tempat. 

Kini, korban telah dipertemukan dengan orang tuanya setelah terpisah selama 22 hari. Penculikan AS terjadi di Mall Cilegon, Senin (2/1/2023). Pelaku yang masih memiliki hubungan kerabat dengan orang tua korban, mengiming-imingi AS dengan es krim lalu membawanya kabur. 

Komisi B DPRD DKI: Kebijakan ERP Tak Perlu Dipaksakan

Komisi B DPRD DKI: Kebijakan ERP Tak Perlu Dipaksakan

Metro Malam • 2 months ago

Anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta Hasan Basri Umar mengungkapkan rencana kebijakan electronic road pricing (ERP) dinilai tidak perlu dipaksakan. 

Menurutnya, kebijakan ini seharusnya tidak perlu diadakan karena hanya merugikan masyarakat. Kebijakan ERP juga belum dibahas di DPRD. 

"Kenapa menolak? Karena jalan yang 25 lajur yang akan diteapkan ini adalah jalan yang dibangun memakai uang dari rakyat," ujar Anggota DPRD DKI Hasan Basri, Rabu (25/1/2023). 

Mayoritas anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta tidak setuju dengan rencana pemberlakuan ERP di 25 ruas jalan di Jakarta. Kebijakan tersebut hanya akan memindahkan kemacetan ke tempat yang berbeda. 

Viral! Seorang Balita Diberi Kopi Susu Oleh Orang Tuanya

Viral! Seorang Balita Diberi Kopi Susu Oleh Orang Tuanya

Metro Malam • 2 months ago nasional

Video seorang balita di Gowa, Sulawesi Selatan diberi kopi susu oleh orang tuanya ini viral di media sosial. Pasalnya sang ibu memberi minuman kopi susu untuk pengganti susu anaknya.

Dalam video viral ini, sang ibu juga menuliskan kalimat bahwa anaknya menjadi sering buang air besar hingga sembilan kali dalam sehari.

Video ini pun mendapat tanggapan beragam dari pengguna media sosial yang beberapa diantaranya, mengecam perilaku sang ibu yang membuat konten tersebut.

Sementara pihak Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan langsung mengecek kondisi balita tersebut. Pasalnya, pemberian produk instan terhadap balita dapat mempengaruhi kondisi kesehatan balita dalam jangka panjang.

Richard Eliezer: Kepatuhan dan Kejujuran adalah Segalanya

Richard Eliezer: Kepatuhan dan Kejujuran adalah Segalanya

Metro Malam • 2 months ago

Richard Eliezer menyerahkan sepenuhnya kepada hakim untuk menilai kepatuhan dan kejujurannya dalam kasus pembunuhan Brigadir J. Ia berharap, hakim memberikan putusan yang seadil-adilnya.

"Saya mohon kepada Yang Mulia, ketua dan hakim, sekiranya menerima pembelaan saya. Apakah saya harus bersikap pasrah terhadap arti keadilan dan atas kejujuran, saya akan tetap berkeyakinan bahwa kepatuhan, kejujuran adalah segala-galanya" ungkap Eliezer saat membacakan nota pembelaan (pleidoi) di PN Jaksel, Rabu (25/1/2023).

Eliezer menyerahkan masa depannya kepada putusan hakim dan selebihnya ia hanya dapat berserah kepada kehendak Tuhan. Eliezer juga berharap, pleidoinya yang ia sampaikan dapat dikabulkan oleh ketua dan anggota hakim.  

Dua Jenazah Korban Wowon Cs Dibawa ke RS Polri

Dua Jenazah Korban Wowon Cs Dibawa ke RS Polri

Metro Malam • 2 months ago nasional

Setelah melakukan ekshumasi terhadap dua jenazah korban pembunuhan berantai Wowon Cs, yakni Siti Fatimah asal Garut dan Halimah asal Bandung Barat, Jawa Barat, langsung dibawa masuk ke ruang forensik RS Polri Kramat Jati, Jakarta Timur, Rabu (25/1/2023) sore.

Kedua jenazah akan diperiksa kembali, guna mengetahui penyebab pasti kematiannya. Sebelumnya, tim forensik RS Polri melakukan pembongkaran makam korban bernama Siti Fatimah di kawasan Garut, Jawa Barat pada Selasa, 24 Januari 2023.

Sementara pembongkaran makam korban atas nama Halimah dilakukan pada Rabu, 25 Januari 2023 siang di TPU Islam Kampung Saar Mutiara, Cililin, Bandung Barat, Jawa Barat.

Menakar Keadilan Dalam Tuntutan (1)

Menakar Keadilan Dalam Tuntutan (1)

HOTROOM • 2 months ago

Tuntutan Jaksa Penuntut Umum yang menjatuhkan 12 tahun penjara kepada Richard Eliezer memancing reaksi publik. Eliezer telah menjadi Justice Collaborator yang disetujui oleh LPSK, tetapi lebih tinggi daripada tiga terdakwa lainnya, yakni Putri Candrawathi, Kuat Ma'ruf, dan Ricky Rizal.

Apakah pasal 51 KUHP dan status Eliezer sebagai JC tidak menjadi pertimbangan jaksa dalam menentukan tuntutan? Apakah ada campur tangan dari loyalis Sambo dalam tuntutan jaksa?

Menakar Keadilan Dalam Tuntutan (2)

Menakar Keadilan Dalam Tuntutan (2)

HOTROOM • 2 months ago

Tuntutan Jaksa Penuntut Umum yang menjatuhkan 12 tahun penjara kepada Richard Eliezer memancing reaksi publik. Eliezer telah menjadi Justice Collaborator yang disetujui oleh LPSK, tetapi lebih tinggi daripada tiga terdakwa lainnya, yakni Putri Candrawathi, Kuat Ma'ruf, dan Ricky Rizal.

Apakah pasal 51 KUHP dan status Eliezer sebagai JC tidak menjadi pertimbangan Jaksa dalam menentukan tuntutan? Apakah ada campur tangan dari loyalis Sambo dalam tuntutan Jaksa?

Menakar Keadilan Dalam Tuntutan (3)

Menakar Keadilan Dalam Tuntutan (3)

HOTROOM • 2 months ago

Tuntutan Jaksa Penuntut Umum yang menjatuhkan 12 tahun penjara kepada Richard Eliezer memancing reaksi publik. Eliezer telah menjadi Justice Collaborator yang disetujui oleh LPSK, tetapi lebih tinggi daripada tiga terdakwa lainnya, yakni Putri Candrawathi, Kuat Ma'ruf, dan Ricky Rizal.

Apakah pasal 51 KUHP dan status Eliezer sebagai JC tidak menjadi pertimbangan jaksa dalam menentukan tuntutan? Apakah ada campur tangan dari loyalis Sambo dalam tuntutan jaksa?

Menakar Keadilan Dalam Tuntutan (4)

Menakar Keadilan Dalam Tuntutan (4)

HOTROOM • 2 months ago

Tuntutan Jaksa Penuntut Umum yang menjatuhkan 12 tahun penjara kepada Richard Eliezer memancing reaksi publik. Eliezer telah menjadi Justice Collaborator yang disetujui oleh LPSK, tetapi lebih tinggi daripada tiga terdakwa lainnya, yakni Putri Candrawathi, Kuat Ma'ruf, dan Ricky Rizal.

Apakah pasal 51 KUHP dan status Eliezer sebagai JC tidak menjadi pertimbangan jaksa dalam menentukan tuntutan? Apakah ada campur tangan dari loyalis Sambo dalam tuntutan jaksa?

Ketua DPRD Jatim Diperiksa KPK atas Kasus Suap Dana Hibah

Ketua DPRD Jatim Diperiksa KPK atas Kasus Suap Dana Hibah

Headline News • 2 months ago

Penyidik KPK kembali memeriksa sejumlah saksi kasus suap dana hibah yang menjerat Wakil Ketua DPRD Jatim Sahat Tua Simanjuntak, salah satunya Ketua DPRD Jatim Kusnadi di gedung BPKP Jatim di Sidoarjo. 

Setelah menjalani pemeriksaan, Kusnadi irit bicara saat ditanya media mengenai materi pemeriksaan yang dijalaninya. Tidak hanya itu, Kusnadi juga enggan berkomentar mengenai penyaluran dana hibah yang bersumber dari APBD Jatim.

Sebelumnya, Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri menyebut, penyidik KPK memanggil Kusnadi dan tiga wakil ketua DPRD sebagai saksi kasus suap yang melibatkan Sahat Tua Simanjuntak. Sejumlah penjabat di lingkungan Pemprov Jatim juga tidak luput dari pemeriksaan penyidik KPK.

Richard Eliezer: Ternyata Saya Diperalat dan Dibohongi Sambo

Richard Eliezer: Ternyata Saya Diperalat dan Dibohongi Sambo

Metro Malam • 2 months ago

Richard Eliezer bercerita pengabdiannya selama berada di institusi kepolisian dengan memiliki pangkat terendah, bahwa ia dididik untuk taat, patuh dan tidak mempertanyakan perintah atasan. Eliezer merasa pangkat dan kepatuhannya itu diperalat oleh Ferdy Sambo.

"Saya yang hanya seorang prajurit yang berpangkat bharada yang harus mematuhi perkataan dan perintahnya, ternyata saya diperalat. Saya dibodohi dan disia-siakan," ungkap Eliezer saat membacakan nota pembelaan (pleidoi) di PN Jaksel, Rabu (25/1/2023).

Pasalnya, di usianya sekarang, Eliezer tidak pernah sedikitpun menyangka akan bekerja memberikan pengabdian kepada seorang Jenderal Bintang II yang sangat ia percaya dan hormati.

Berusaha Melawan, Dua Begal di Bandung Ditembak Polisi

Berusaha Melawan, Dua Begal di Bandung Ditembak Polisi

Headline News • 2 months ago

Polisi terpaksa menembak dua pelaku begal motor di Bandung, Jawa Barat karena berusaha melawan saat ditangkap. Akibat perbuatan pelaku, seorang pengemudi ojek online menderita luka di tangan dan wajahnya.

Salah satu pelaku begal berhasil ditangkap oleh Satuan Reserse Kriminal Polsekta Sukasari Polrestabes Bandung, Jawa Barat. Pelaku terpaksa ditembak di bagian kakinya karena berusaha melawan ketika akan ditangkap. Sementara satu pelaku lainnya masih mendapatkan perawatan di rumah sakit akibat luka tembak di kaki.

Kedua pelaku berhasil ditangkap oleh Satreskrim Polsekta Sukasari Polrestabes Bandung dua jam setelah kejadian. Dari tangan pelaku polisi menyita barang bukti berupa dua unit motor milik korban serta dua buah senjata tajam.

Peristiwa pembegalan sendiri terjadi pada Selasa (24/1/2023) malam, saat korban yang merupakan pengemudi ojek online akan mengambil orderan di kawasan Jalan Geger Kalong, Kota Bandung. Namun di tengah perjalanan, korban dicegat oleh kedua pelaku yang berusaha mengambil motor. Korban sempat melawan. Namun korban ditusuk pelaku dengan menggunakan pisau.

Kesaksian Ayah 2 Korban Aksi Keji Wowon Cs: Anak Saya Pernah Diceburkan ke Laut

Kesaksian Ayah 2 Korban Aksi Keji Wowon Cs: Anak Saya Pernah Diceburkan ke Laut

Top News • 2 months ago nasional

Sang ayah dua korban pembunuhan, Ahal Suparman, kini berani mengungkap cerita tentang kejinya aksi Wowon Cs. Ahal adalah mantan suami Halimah dan ayah dari Ai Maimunah.

Halimah dan Ai dinikahi oleh Wowon Erawan dan kemudin dihabisi nyawanya. Ahal tidak pernah mengenal sosok Wowon saat menikahi Halimah, karena sejak bercerai dengan Halimah di 2004, ia putus hubungan dengan mantan istrinya.

Kini, Ahal mulai membuka cerita yang juga melibatkan Wowon Cs dengan anak keduanya, yaitu Yeni Nur Saadah. 

Yeni diketahui menikah dengan salah satu komplotan Wowon yaitu Dede Solehudin. Yeni yang bekerja sebagai TKI di Arab Saudi bercerita bahwa sebanyak dua kali mengalami percobaan pembunuhan dari Wowon Cs.  
 
Yeni mengaku pada sang ayah, bahwa ia sudah mengirimkan uang sebesar Rp240 juta dari hasil ia bekerja selama lima tahun sebagai TKI kepada suaminya (Dede Solehudin). Namun saat pulang ke Tanah Air, Dede mengatakan bahwa uang Yeni sudah diserahkan ke Wowon Cs. Saat Yeni menagih, Wowon Cs malah mencoba membunuhnya, salah satunya dengan menceburkan ke laut.

Saking takutnya, Yeni kemudian kembali ke Arab Saudi dan tidak melapor ke polisi, karena diancam akan dibunuh tujuh turunan oleh Wowon Cs. Yeni bahkan bercerai dari sang suami (Dede). Yeni tidak berani kembali ke Tanah Air karena takut ancaman Wowon Cs.

Yeni baru bercerita pada sang ayah saat sudah meninggalkan kampung halaman. Menurut Ahal, Yeni kini masih berada di Arab Saudi.

Ahal berharap, kasus ini dapat diungkap segera dan Wowon Cs mendapat hukuman yang setimpal.

TKW Rentan Jadi Sasaran Empuk Penipuan Gaya Wowon Cs

TKW Rentan Jadi Sasaran Empuk Penipuan Gaya Wowon Cs

Top News • 2 months ago

Kasus penipuan dan pembunuhan yang dilakukan Wowon Cs menunjukkan bahwa pekerja migran perempuan (TKW) rentan terhadap penipuan. Berbagai motif dan modus dilakukan untuk memperdaya mereka. 

Pada 24 Januari 2023, tim Polda Metro Jaya didampingi jajaran Polres Garut tiba di tempat pemakanan keluarga di Ranca Badak, Desa Tanjungjaya, Kecamatan Pakenjeng, Kabupaten Garut. 

Tim ini melakukan pembongkaran makam Siti Farida, korban pembunuhan Wowon Cs. Pembongkaran berlangsung sekitar satu jam. 

Siti Fatimah yang semasa hidupnya bekerja sebagai TKW dinyatakan meninggal pada 12 Februari 2021. Ia meninggal akibat didorong ke laut oleh komplotan Wowon dengan jenazah yang ditemukan di Bali. 

Jenazah Siti Fatimah dipulangkakn ke kampung halamannya pada 1 Maret 2021. Keluarga Siti Fatimah mengaku tidak tahu persis kedekatan Siti Fatimah dengan sejumlah pelaku pembunuhan. 

Keluarga hanya mengetahui keberadaan Siti Fatimah sedang bekerja sebagai TKW di Arab Saudi. Keluarga merasa janggal, Siti Fatimah yang sedang berada di Arab Saudi justru ditemukan meninggal di Bali. Teka-teki itu baru terungkap setelah penangkapan Wowon Cs. 

Siti Fatimah adalah satu dari sekian banyak korban penipuan dan pembunuhan yang dilakukan Wowon Cs. 

Polda Metro Jaya mengidentifikasi ada 11 korban Wowon Cs dari kalangan TKW. Bisa jadi TKW yang menjadi korban penipuan Wowon Cs lebih banyak lagi. 

Kasus Wowon seharusnya menyadarkan banyak pihak tentang pentingnya meningkatkan perlindungan terhadap TKW. Dari pemberangkatan pada saat di luar negeri hingga pulang ke Indonesia. 

Penculik Bocah 4 Tahun di Cilegon Ditangkap

Penculik Bocah 4 Tahun di Cilegon Ditangkap

Top News • 2 months ago

Tiga pekan setelah dilaporkan hilang karena diculik, bocah berusia empat tahun asal Cilegon, Banten, akhirnya berhasil ditemukan. Bocah tersebut ditemukan saat sedang bersama pelaku penculikan bernama Herdiansyah di Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Bocah berinisial AS kemudian dipertemukan dengan orang tuanya setelah terpisah selama 22 hari. Selama diculik, AS hidup berpindah-pindah tempat tinggal. 

Balita tersebut sehari-hari diperkerjakan sebagai badut untuk mengemis. Hal itu dilakukan agar pengguna jalan merasa kasihan dan mendapatkan uang lebih banyak. 

Penculikan AS terjadi Senin (2/1/2023) di Mal Cilegon. Pelaku yang masih memiliki hubungan kerabat dengan orang tua korban mengiming-imingi AS dengan es krim. Lalu, AS dibawa kabur. 

Mantan Panglima GAM Izil Azhar Ditahan KPK

Mantan Panglima GAM Izil Azhar Ditahan KPK

Headline News • 2 months ago

Mantan panglima GAM Izil Azhar, tersangka kasus gratifikasi Rp32,4 miliar tiba di Gedung KPK. Izil sebelumnya sempat menjadi buronan KPK selama empat tahun.

Dengan pengawalan ketat mantan panglima GAM Izil Azhar tiba di gedung KPK. Izil Azhar hanya tertunduk tanpa memberikan keterangan apapun ke wartawan. Setibanya di Gedung KPK, Iizl Azhar langsung dibawa penyidik menuju lantai dua ruang pemeriksaan.

KPK menangkap Izil Azhar di wilayah Aceh pada Selasa (24/1/2023) kemarin. Izil Azhar masuk ke dalam daftar pencarian orang sejak 2018, dan merupakan tersangka kasus dugaan penerimaa gratifikasi atas pembangunan proyek dermaga Sabang 2006-2011.

Izil Azhar ditetapkan KPK sebagai tersangka bersama mantan Gubernur Aceh Irwan Yusuf karena diduga menerima gratifikasi dengan total Rp32,45 miliar. 

10 dari 13 Remaja Pemerkosa 2 Anak di Jambi Berhasil Ditangkap

10 dari 13 Remaja Pemerkosa 2 Anak di Jambi Berhasil Ditangkap

Top News • 2 months ago

Polisi berhasil menangkap 10 dari 13 remaja yang memperkosa dua anak di Kabupaten Batang Hari, Jambi, rabu (25/1/2023). Dari hasil pemeriksaan, para pelaku melakukan aksi bejat usai pesta sabu. 

Menurut Ditrekrimum Polda Jambi, Kombes Pol Andri Ananta, kejadian bermula saat pelaku mengajak korban untuk pergi rekreasi dari Kota Jambi menuju Kabupaten Batang Hari. Setiba di tujuan, korban justru dibawa ke salah satu rumah kosong. 

Aksi bejat ini diketahui setelah korban melaporkan kejadian tersebut kepada orang tuanya. Para pelaku ditangkap usai orang tua korban melapor ke polisi. 

Pelaku rata-rata masih berusia remaja. Mereka terancam hukuman 15 tahun penjara. 

Presiden Jokowi Tegaskan Masa Jabatan Kades Tetap 6 Tahun

Presiden Jokowi Tegaskan Masa Jabatan Kades Tetap 6 Tahun

Top News • 2 months ago

Presiden Joko Widodo belum memberikan usulan perpanjangan masa jabatan kades dari 6 tahun menjadi 9 tahun. Menurut Jokowi, masa jabatan kades masih diatur oleh Undang-undang yang berlaku yakni enam tahun dan maksimal selama tiga periode.

Pernyataan Jokowi bertolak belakang dengan apa yang disampaikan politisi PDIP Budiman Sujatmiko, yang mengklaim bahwa Jokowi sebelumnya telah sepakat dengan usulan perpanjangan masa jabatan kades.

DPR mengaku sejauh ini belum menerima usulan merevisi Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 sebagai pintu masuk untuk merevisi masa jabatan kepala desa.

Tuntutan perpanjangan masa jabatan kades muncul dari unjuk rasa ribuan kades di Gedung DPR. Mereka merasa masa jabatan 6 tahun tidak cukup untuk membenahi desa, buntut polarisasi warga yang sulit diredam pasca pemilihan kades.

Hujan Deras, Tebing Setinggi 10 Meter di Jepara Timpa Rumah Warga

Hujan Deras, Tebing Setinggi 10 Meter di Jepara Timpa Rumah Warga

Top News • 2 months ago

Hujan deras yang terjadi beberapa hari terakhir mengakibatkan beberapa titik longsor di wilayah Jepara, Jawa Tengah. Tidak hanya menimpa rumah, material longsoran juga membuat akses Jalan Plajan tertutup. 

Suyadi, pemilik rumah mengatakan sebelum terjadi longsor, terjadi hujan deras sejak Rabu (18/1/2023) sore. Namun, Suyadi dikagetkan dengan suara reruntuhan di belakang rumahnya saat tengah malam.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Relawan dan BPBD Jepara dibantu masyarakat setempat membersihkan material longsor yang menutup akses jalan utama desa. 

Jenazah Halimah Korban Pembunuhan Wowon Cs Diautopsi

Jenazah Halimah Korban Pembunuhan Wowon Cs Diautopsi

Top News • 2 months ago nasional

Puslabfor Mabes Polri dan Jatanras Polda Metro Jaya melakukan ekshumasi terhadap jenazah Halimah di TPU Saar Mutiara, Kecamatan Cililin, Kabupaten Bandung Barat, Rabu (25/1/2023) siang. Pembongkaran makan dilakukan selama 90 menit.

Usai diekshumasi, selanjutnya jenazah Halimah dibawa ke RS Polri Dokter Sukanto Jakarta. Hal itu dilakukan untuk diperiksa guna mengungkap keganjalan penyebab kematian korban.

Sebelumnya, nama Halimah yang merupakan istri kelima dari tersangka Wowon yang diungkap Polda Metro Jaya. Halimah ikut menjadi satu dari sembilan korban berantai. Pihak keluarga meminta pelaku dihukum seberat-beratnya. 

Putri: Saya Dituduh sebagai Perempuan Tua yang Mengada-Ada

Putri: Saya Dituduh sebagai Perempuan Tua yang Mengada-Ada

Top News • 2 months ago

Pada nota pembelaannya, Putri Candrawathi mengaku kesal dengan pernyataan yang menyebut dirinya sebagai perempuan tua yang mengada-ada, saat menceritakan peristiwa kekerasan seksual yang disebutnya dilakukan oleh Brigadir Yosua.

Putri mengaku lebih memilih akan merahasiakan kejadian kekerasan yang membuat dirinya trauma mendalam dan malu tersebut.

"Jika boleh memilih, rasanya mungkin lebih baik saya menutup rapat-rapat peristiwa yang saya alami tanggal 7 Juli 2022 itu. Karena bila saya menyampaikan kembali peristiwa yang sangat menyakitkan tersebut, semakin menghidupkan trauma mendalam dan malu dalam diri saya," ujar Putri saat membacakan pledoinya, Rabu (25/1/2023).

Dalam pledoinya tersebut, Putri juga menyebutkan bahwa di berbagai media dirinya dituduh berbohong dan melebih-lebihkan peristiwa yang terjadi. Putri juga menyebutkan bahwa dirinya dituding sebagai perempuan tua yang mengada-ada.

Kuasa Hukum Sebut Putri Candrawathi Jujur saat Sampaikan Pledoi

Kuasa Hukum Sebut Putri Candrawathi Jujur saat Sampaikan Pledoi

Headline News • 2 months ago

Kuasa hukum Putri Candrawati, Febri Diansyah menyatakan bahwa Putri Candrawati telah menyampaikan nota pembelaannya secara jujur dan tidak ditutup-tutupi. Karena itu, kuasa hukum meminta majelis hakim untuk memutuskan perkara ini dengan seadil-adilnya.

Febri mengatakan, nota pembelaan yang disampaikan kuasa hukum berisi 954 halaman. Kuasa hukum juga mengajukan 12 bukti tambahan dan penjelasan atas tuntutan jaksa sekitar 2.600 halaman.

Melalui bukti tambahan itu, kuasa hukum ingin membantah Jaksa yang menyimpulkan seolah-olah Putri menutupi kejadian sebenarnya. Menurut Febri, Putri merupakan korban kekerasan seksual yang dilakukan mendiang Yosua.

Pelaku Pembakar Wanita di Sorong Papua Ditangkap

Pelaku Pembakar Wanita di Sorong Papua Ditangkap

Top News • 2 months ago

Pria pelaku pembakaran wanita hingga tewas di Sorong, Papua, Barat Daya, di tangkap aparat Polresta Sorong, Rabu (25/1/2023).

Pria berinisial FT ditangkap di rumah kerabatnya di Jalan Kanal Victory, Komplek Perumahan 300, Kota Sorong. Saat ditangkap, FT tidak melakukan perlawanan.

Kapolres Sorong Kombes Happy Perdana Yudianto mengatakan, pelaku merupakan eksekutor pembakaran dan juga yang menyiram bensin ke tubuh korban. Saat ini, polisi masih memburu pelaku lain. Mereka yang masih buron adalah provokator dan orang yang membeli bensin untuk disiramkan ke tubuh korban.

Sebelumnya WS dibakar hidup-hidup setelah dituduh sebagai pelaku penculikan anak. Korban diarak ke jalan dan dipukuli hingga tewas, setelah sempat mendapat perawatan di rumah sakit.

Tuntut Kejelasan Status Kerja, Perangkat Desa se-Indonesia Demo di Gedung DPR

Tuntut Kejelasan Status Kerja, Perangkat Desa se-Indonesia Demo di Gedung DPR

Top News • 2 months ago

Ribuan perangkat desa se-Indonesia yang tergabung dalam Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) demonstrasi di depan Gedung DPR, Rabu (25/1/2023). Para demonstran menyuarakan sejumlah tuntutan diantaranya kejelasan status perangkat desa dan peningkatan kesejahteraan.

Para perangkat desa ingin mendapat payung hukum yang jelas mengenai status kepegawaian mereka. Selain itu, massa juga menuntut penerbitan nomor induk pegawai desa (IPD).

Dari hasil audiensi, sebanyak 20 perwakilan PPDI diberikan kesempatan untuk beraudiensi dengan pihak Komisi II DPR RI. Sejumlah tuntutan dari perangkat desa diterima dan akan dibahas lebih lanjut dalam Prolegnas Prioritas DPR.

Akibat demonstrasi, arus lalu lintas di sekitar gedung DPR mengalami kemacetan hingga sore hari. Polisi sempat menutup lalu lintas dari arah Semanggi menuju DPR karena massa memenuhi Jalan Gatot Subroto.