NEWSTICKER

Index: 2023-05-27

Pengamat: Langkah Gibran Sebagai Magnet Tak Lepas dari Arahan Jokowi

Pengamat: Langkah Gibran Sebagai Magnet Tak Lepas dari Arahan Jokowi

Primetime News • 6 months ago

Gibrab Rakabuming Raka dinilai bisa menjadi magnet untuk mendapat dukungan Presiden Jokowi di pilpres 2024. Hanta Yuda selaku pengamat politik mengatakan, tindakan Gibran tidak lepas dari arahan Jokowi.

"Tidak Mungkin Gibran bebas melakukan segala macam," ucap Hanta Yuda dalam program Primetime News Metro TV, Sabtu (27/5/2023).

Hanta melihat Gibran selama berkomunikasi dengan para elit parpol bukan sebagai Wali Kota Surakarta. Ia melihatnya justru sebagai putra sulung Jokowi yang sedang melakukan pergerakan politik.  

Menurut Hanta, Jokowi masih memiliki pengaruh yang sangat kuat di pilpres 2024. Hanta menilai, hal itu tidak terlepas keberhasilannya memenangkan pemilu dua periode berturut-turut.

"itu yang membuat Jokowi menjadi incaran beberapa parpol menjelang pilpres 2024," ungkapnya.

Namun, Politisi PDIP, Aria Bima membantah pernyataan Hanta Yuda yang menyebut pergerakan Gibran sesuai dengan Jokowi. Ia mengatakan, tidak ada arahan Jokowi untuk mendekati salah satu parpol. 

"Itu bukan sikap Jokowi yang meminta Gibran menerima para tamu tersebut. Tetapi para kandidat mendekati Gibran untuk mengirim sinyal ke Jokowi," jelas Aria Bima.

Bima menambahkan bahwa pertemuan para elit parpol dengan Gibran merupakan hal yang wajar. Ia percaya posisi Gibran dan Jokowi di PDIP, cukup sulit untuk mengubah arah dukungan relawan ke bacapres di luar yang mereka usung.

Sekjen Gerindra Bakal Atur Jadwal Pertemuan Prabowo & Megawati

Sekjen Gerindra Bakal Atur Jadwal Pertemuan Prabowo & Megawati

Primetime News • 6 months ago

Prabowo Subianto akan bertemu dengan Megawati Soekarnoputri dalam waktu dekat. Sekjen Gerindra, Ahmad Muzani mengatakan pertemuan itu masih dalam tahap penjadwalan.

"Kita (Gerindra) sedang menyocokkan waktu beliau (Megawati) dan Prabowo," ucap Ahmad Muzani.

Petinggi Partai Gerindra sedang menjajaki komunikasi dengan internal PDIP agar dua ketua umum partai itu bisa bertemu. Ahmad Muzani terus berupa menentukan, kapan waktu yang cocok untuk pertemuan tersebut.

Menurut Muzani, pertemuan itu masih dalam rangka silaturahmi Idul Fitri yang belum sempat terealisasi. Pertemuan itu dinilai akan memberi manfaat meskipun dua partai itu memiliki sikap masing-masing soal bacapres untuk Pilpres 2024.

Jokowi Didesak Tetap Lakukan Seleksi Pimpinan KPK

Jokowi Didesak Tetap Lakukan Seleksi Pimpinan KPK

Headline News • 6 months ago

Gibran Jadi Magnet Kuat untuk Gaet Dukungan Jokowi di Pilpres 2024

Gibran Jadi Magnet Kuat untuk Gaet Dukungan Jokowi di Pilpres 2024

Primetime News • 6 months ago

Bayang-bayang Presiden Joko Widodo masih sulit dilepaskan dari sosok Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka yang juga sekaligus putra sulung dari Presiden Jokowi. Banyak pihak menilai Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto mendekati Gibran untuk menggaet dukungan Jokowi di Pilpres 2024 mendatang.

Bahkan usai bertemu Gibran di Solo, capres dari PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo mengaku mendapat dukungan dari putra sulung Presiden Jokowi itu.

Sebelumnya, Gibran sempat bikin heboh publik karena bertemu empat mata dengan Ketum Gerindra, Prabowo Subianto. Banyak pihak yang kemudian mengaitkan pertemuan ini sebagai bentuk dukungan dan kedekatan keluarga Jokowi dengan Prabowo. 

Gibran pun menolak anggapan pertemuannya dengan Prabowo mempengaruhi hasil survei capres 2024.

Akibat pertemuan dengan Prabowo, Gibran langsung dipanggil ke DPP PDI Perjuangan pada Senin (22/5/2023). Hingga saat ini, Gibran menegaskan masih tegak lurus pada putusan partai untuk mendukung capres Ganjar Pranowo.

Gibran Sambut Puan Maharani di Bandara Adi Soemarmo Surakarta

Gibran Sambut Puan Maharani di Bandara Adi Soemarmo Surakarta

Primetime News • 6 months ago

Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka menyambut kedatangan Ketua DPR RI, Puan Maharani di Bandara Adi Soemarmo, Sabtu (27/5/2023) sore. Rencananya Puan akan melakukan kunjungan selama dua hari di Surakarta.

Puan Maharani tiba di Surakarta menggunakan pesawat komersial, dan langsung di jemput oleh anak Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka.

Mereka berdua berbicara akrab sejak Puan Maharani turun dari pesawat hingga pintu kedatangan domestik di Bandara Adi Soemarmo.

Selain Gibran, nampak juga Ketua DPP PDI Perjuangan, Bambang Pacul dan sejumlah bupati di sekitar Solo Raya, seperti Bupati Klaten, Boyolali, dan Sragen.

Sikap Santai Mario Dandy di Polda Metro Jaya Bikin Publik Geram

Sikap Santai Mario Dandy di Polda Metro Jaya Bikin Publik Geram

Primetime News • 6 months ago

Sikap Mario Dandy pelaku penganiayaan David Ozora yang tampak santai, bahkan tersenyum, dan tertawa di Polda Metro Jaya membuat publik geram. Apalagi beredar rekaman video yang menunjukan Mario memasang sendiri kabel ties yang digunakan sebagai borgol di depan petugas kepolisian.

Pakar Psikolog Forensik, Reza Indragiri menilai sikap Mario Dandy tersebut harus menjadi perhatian serius oleh otoritas penegakan hukum terhadap tindak tanduk, kesingkronan antara perbuatan dan perkataan dari seseorang yang sedang bermasalah dengan hukum.

Reza menyebut, ketidak singkronan itu akan memandu otoritas penegakan hukum untuk mengenakan sanksi yang lebih berat kepada yang bersangkutan.

"Sesungguhnya mungkin saja dia menangis, sesungguhnya mungkin saja dia sedih, dia menyesal dan seterusnya, tapi sekali lagi kebiasaan orang kita memang membedakan antara covert behavior (yang terselubung) dengan overt behavior (yang ditampakan)," jelas Reza Indragiri, di Primetime News Metro TV, Sabtu (27/5/2023).

Sementara itu, Ketua Harian Kompolnas, Benny Mamota menilai video sikap Mario Dandy yang mengeluarkan ekspresi angkuh dan sombong saat di Polda Metro Jaya tersebut menunjukan Mario memiliki perlakuan khusus.

Benny juga menyebut, penggunaan kabel ties atau borgol seharusnya juga dipasangkan oleh petugas. 

Diketahui, dalam video tersebut, terlihat Mario dapat melepas dan memasang kabel ties di tangannya saat duduk menunggu proses administrasi di Polda Metro Jaya. Video itu diunggah akun Twitter @tolakbigotnkri. Tidak hanya itu, video tersebut juga memperlihatkan jika Mario tersenyum saat meminta maaf kepada keluarga David Ozora.

Polda Metro Jaya pun menaggapi sikap Mario Dandy dari video tersebut. Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Trunoyudho Wisnu Andiko menyebut bahwa dalam video tersebut Mario masih di kawasan rumah tahanan dan dalam pengawasan penyidik. 

Kombes Truyudho mengatakan, pasca administrasi selesai, penyidik secara SOP memakaikan baju tahanan berwarna oranye, dan memasangkan kabel ties kepada Mario.

Bareskrim Polri Temukan Indikasi Aliran Dana Narkoba untuk Pemilu 2024

Bareskrim Polri Temukan Indikasi Aliran Dana Narkoba untuk Pemilu 2024

Primetime News • 6 months ago

Bareskrim Polri menemukan adanya indikasi aliran dana narkoba yang diduga digunakan dalam kontestasi politik pada Pemilu 2024. 

Beberapa ancaman narkoba dalam Pemilu 2024, di antaranya penyalahgunaan narkoba oleh wakil rakyat serta dugaan penggunaan uang hasil peredaran gelap narkoba. Hal ini dilakukan untuk kepentingan politik serta kontestasi elektoral Pemilu 2024. 

Wakil Direktur Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri, Kombes Jayadi mengatakan temuan indikasi aliran dana narkoba untuk Pemilu 2024 adalah buntut penangkapan sejumlah anggota legislatif di beberapa daerah. 

Namun, Kombes Jayadi tidak merinci siapa saja anggota legislatif yang dimaksud. Ia hanya mengatakan pihaknya masih melakukan pendalaman. 

DPP NasDem: Deklarasi Capres-Cawapres Paling Lambat 16 Juli 2023

DPP NasDem: Deklarasi Capres-Cawapres Paling Lambat 16 Juli 2023

Metro Hari Ini • 6 months ago

Empat bulan menjelang pendaftaran capres-cawapres, bacapres Kolaisi Perubahan, Anies Baswedan belum mengumumkan siapa yang akan mendampinginya. Ketua DPP Partai NasDem, Willy Aditya mengatakan, pihaknya memiliki timeline untuk mengumumkan bacawapres.

"Kita punya timeline paling lambat 16 Juli untuk mendeklarasikan pasangan calon," ungkap Willy Aditya.

Willy Aditya tidak menampik bahwa pentingnya sosok cawapres di pilpres mendatang. Ia menyebut, pasangan capres-cawapres harus memiliki kemistri dan bisa saling melengkapi.

"Nantinya, capres itu akan memimpin 270 juta orang, maka tidak bisa dilakukan kawin paksa antarkeduanya," jelasnya.

Sejauh ini, NasDem sudah mengantongi lima nama kandidata yang akan mendampingi Anies Baswedan. Partai NasDem masih melakukan riset terhadap lima kandidat tersebut.

Diketahui, dari tiga bacapre yang ada, semuanya belum mengumumkan siapa bacawapres yang menjadi pasangannya. Namun, Willy menegaskan. Partai NasDem tidak terpengaruh oleh koalisi lain untuk mengumumkan nama bacawapres yang akan dijagokannya.

"Kalau memang sudah final, kita akan umumkan," pungkasnya.

Pria di Sleman Cabuli Anak, Korban Capai 10 Orang

Pria di Sleman Cabuli Anak, Korban Capai 10 Orang

Headline News • 6 months ago

NasDem Jabar Gelar Kemah Restorasi dan Sekolah Caleg

NasDem Jabar Gelar Kemah Restorasi dan Sekolah Caleg

Headline News • 6 months ago

Kegiatan kemah restorasi dan sekolah caleg Partai NasDem Jawa Barat kembali dilaksanakan di Lembang, Sabtu (27/5/2023). Sebanyak 1.500 bakal calon legislatif (bacaleg) akan dibekali kemampuan politik untuk meningkatkan kualitas individu dan kolektifnya. 

Kegiatan ini dilaksanakan di alam terbuka karena memang memiliki maksud untuk mempererat tali silaturahmi antar bacaleg dari seluruh dapil Jawa Barat. Para bacaleg akan dibekali berbagai materi, yakni penguatan secara politik, metode kampanye, hingga public speaking.

Diketahui, Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh akan menghadiri pembukaan kegiatan restorais dan sekolah caleg pukul 19.00 WIB. 

Kegiatan ini merupakan rangkaian pembekalan yang sudah digelar sejak 21 Mei 2023 dan akan berlangsung selama 18 hari hingga 8 Juni. 

Pembangunan Perumahan Kerap Bersinergi dengan Kawasan Komersial

Pembangunan Perumahan Kerap Bersinergi dengan Kawasan Komersial

Headline News • 6 months ago

Pembangunan Perumahan Kerap Bersinergi dengan Kawasan Komersial

Berikut Agenda Kunjungan Kerja Puan Maharani di Surakarta

Berikut Agenda Kunjungan Kerja Puan Maharani di Surakarta

Metro Hari Ini • 6 months ago

Ketua DPP PDI Perjuangan, Puan Maharani akan melakukan kunjungan kerja selama dua hari di Surakarta, Jawa Tengah, mulai hari ini, Sabtu (27/5/2023).

Kunjungan kerja Puan akan didampingi oleh Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka untuk mengunjungi sejumlah tempat di Surakarta seperti pusat kuliner, wisata hingga pusat perbelanjaan.

Puan akan tiba sore ini melalui Bandara Adi Sumarmo dan langsung menuju ke salah satu pusat perbelanjaan, yakni Mal Paragon. Setelah itu, agenda Puan malam hari akan diisi dengan makan malam di Bestik Harjo dan berjalan-jalan di Ngarsopuro Night Market. 

Sementara agenda esok hari, Puan akan mengikuti acara car free day (CFD) pukul 06.00 WIB di Jalan Slamet Riyadi. Setelah itu, Puan dan Gibran akan sarapan di Pasar Gede dan dilanjutkan dengan agenda ke Solo Safari Zoo. 

Dalam kunjungan kerja Puan ke Surakarta, Gibran menyebut tidak akan ada topik khusus yang dibahas oleh keduanya. 

Keberangkatan Ratusan Calhaj Asal Bandung Barat Diwarnai Tangis Haru

Keberangkatan Ratusan Calhaj Asal Bandung Barat Diwarnai Tangis Haru

Headline News • 6 months ago

Keberangkatan ratusan calon jemaah haji Kabupaten Bandung Barat diwarnai tangis haru di Pusdikav Padalarang, Kota Baru Parahyangan, Jumat, 26 Mei 2023. 

Keluarga tak kuasa menahan tangis pada saat melepas anggota keluarganya untuk berangkat ke Tanah Suci. Tangis bahagia ini karena penantian yang cukup lama untuk bisa menunaikan ibadah haji. 

Kementerian Agama Bandung Barat memberangkatkan 392 calon haji yang tergabung dalam kloter 9 pada hari ini, Sabtu, 27 Mei 2023. Dari jumlah tersebut, 150 orang di antaranya merupakan lansia dengan didampingi oleh 8 pengawas. 

Ganjar Klaim Relawan Jokowi & Gibran Siap Mendukungnya di Pilpres 2024

Ganjar Klaim Relawan Jokowi & Gibran Siap Mendukungnya di Pilpres 2024

Metro Hari Ini • 6 months ago

Bacapres PDIP, Ganjar Pranowo mengklaim telah mendapat dukungan dari relawan Presiden Jokowi dan Gibran Rakabuming Raka. Hal itu disampaikan Ganjar usai makan malam bersama Wali Kota Solo tersebut, Selasa (23/5/2023).

"Ada pembahasan relawan bersama Gibran kemarin, keputusannya mendukung saya," ucap Ganjar Pranowo.

Sebelumya, Gibran sempat mengundang Ganjar Pranowo untuk makan malam di kediamannya di Solo. Sebelumnya, Ganjar enggan mengatakan materi pertemuan itu kepada awak media.

Perteman Ganjar dan Gibran dilakukan usai Wali Kota Solo itu bertemu dengan Ketua Umum Prabowo Subianto. Bahkan, relawan Gibran sempat menyatakan dukungannya kepada Prabowo.

Namun, saat ditemui kembali di salah satu acara di Solo, barulah ia mengatakan isi perbincangannya dengan Gibran. Gubernur Jawa Tengah itu mengatakan bahwa relawan Gibran dan Jokowi siap mendukungnya di Pilpres 2024. 

Partai NasDem Gelar Konsolidasi dan Silaturahmi Bacaleg Daerah Jawa I

Partai NasDem Gelar Konsolidasi dan Silaturahmi Bacaleg Daerah Jawa I

Headline News • 6 months ago

Partai NasDem menggelar konsolidasi dan silaturahmi antar para bakal calon legislatif (bacaleg) untuk daerah teritorial Jawa I, yang terdiri dari dua wilayah yakni DKI Jakarta dan Banten. 

Sebelumnya, wilayah Banten sudah lebih dulu melakukan konsolidasi dan silaturahmi pada Jumat (26/5/2023) kemarin. Sedangkan wilayah DKI Jakarta baru saja digelar hari ini, Sabtu (27/5/2023). 

Sebanyak 106 bacaleg tingkat DPRD DKI Jakarta dan 21 bacaleg tingkat DPR RI turut menghadiri pertemuan ini. Tujuan utama pertemuan ini adalah untuk silaturahmi. 

Para bacaleg diizinkan saling mengenal satu sama lain, sehingga bisa tercipta konsolidasi ataupun penguatan untuk memenangkan Partai NasDem di Pemilu 2024. 

Selain itu, mereka juga bisa saling memberikan informasi terkait potensi yang ada di daerah pemilihannya masing-masing. Misalnya, seberapa besar potensi perolehan kursi yang nanti bisa mereka capai. 

Aturan Sosialisasi Pemilu 2024 Masih Longgar

Aturan Sosialisasi Pemilu 2024 Masih Longgar

Headline News • 6 months ago

TNI-Polri Sambut Kedatangan 32 Biksu Thailand di Kendal

TNI-Polri Sambut Kedatangan 32 Biksu Thailand di Kendal

Metro Hari Ini • 6 months ago

TNI Kodim 0715 dan Polres Kendal menyambut kedatangan rombongan biksu Thailand yang melakukan ritual Thudong saat memasuki wilayah Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, Sabtu (27/5/2023) siang. 

Rombongan 32 biksu itu berjalan kaki bersama TNI-Polri, dan sejumlah ormas. Tidak hanya disambut anggota TNI dan Polri, ratusan warga juga berjajar sepanjang jalan untuk memberi semangat dan sesekali menyodorkan air mineral kepada para biksu. 

Para biksu ini beristirahat sejenak dan berdoa bersama umat Buddha yang hadir, serta melakukan meditasi. 

Sebelumnya, 32 biksu ini berjalan dari Banyuputih, Batang dan akan bermalam di Gereja Katolik Santo Antonius Padua Kendal, sebelum melanjutkan perjalanan ke Candi Borobudur esok hari, Minggu (28/5/2023) pagi.