NEWSTICKER

Lolos ke Putaran Final Piala AFC U-23, Timnas Indonesia Catat Sejarah!

Pratama Arhan -Dok PSSI

Kualifikasi AFC U-23

Lolos ke Putaran Final Piala AFC U-23, Timnas Indonesia Catat Sejarah!

Rizki Yanuardi • 12 September 2023 22:10

Solo: Gol Ivar Jenner menit 43 dan Pratama Arhan di pengujung babak kedua, cukup bagi Timnas Indonesia U-23 mencatatkan sejarah untuk lolos kali pertama ke putaran final Piala AFC U-23 yang akan digelar di Qatar 2024 mendatang.
 
Garuda Muda, julukkan Timnas Indonesia U-23 lolos sebagai juara grup usai menang tipis 2-0 atas Timnas Turkmenistan U-23 pada matchday ke-2 Grup K Kualifikasi Piala AFC U-23 di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Selasa 12 September 2023 malam WIB.
 
Gol Ivar Jenner tercipta lewat sepakan keras dari luar kotak penalti. Bola sempat menyentuh kepala pemain belakang Turkmenistan sehingga mengecoh penjaga gawang.


Sejak kick off, kedua tim bermain cukup sabar dan hati-hati. Sempat mendapat kans lebih dulu, pemain Turkmenistan Priyev Ruslan gagal memanfaatkan kesalahan umpan Elkan Baggott menjadi gol.' Bola sepakannya tepat ditangkap Ernando Ari.
 
Baru selepas 10 menit permainan Garuda Muda mulai mengancam pertahanan Turkmenistan. Hokky Caraka bahkan sempat mencetak gol usai menerima umpan Pratama Arhan. Gol dianulir karena asisten wasit menganggap Arhan dalam posisi offside.
 
Peluang emas kembali didapat Indonesia pada menit ke-22 lewat lemparan ke dalam Arhan. Sayang Rafael Struick yang menendang bola kemelut di kotak penalti masih bisa diblok kiper Ahallyev Rustem.
 
Garuda Muda aknirnya memecah kebuntuan pada menit ke-43. Ivar Jenner mencatatkan namanya di papan skor.
 
Ivar melepaskan bola tembakan jarak jauh yang sempat memantul tanah sebelum masuk ke gawang Turkmenistan. Indonesia memimpin 1-0 yang bertahan hingga turun minum.
 
Babak kedua, tempo permainan kedua tim meningkat dibanding babak pertama. Sejumlah peluang didapat dari anak buah Shin Tae-yong. Mulai dari sundulan Rio Fahmi yang membentur mistar gawang, dan upaya Rafael Sruick yang sering merepotkan pertahanan Turkmenistan saat menerima lemparan jauh Pratama Arhan.
 
Penampilan cukup bagus kiper Turkmensitan membuat gawangnya tetap terjaga hingga pengujung laga. Saat laga dipastikan akan berakhir dengan skor 1-0, sundulan Pratama Arhan membuat Garuda Muda unggul 2-0 atas Turkmenistan.
 
Sempat sedikit memanas, wasit Kim Dae-yong mengakhiri laga untuk kemenangan Timnas Indonesia U-23 atas Turkmenistan U-23.
 
Indonesia mencatatkan sejarah untuk kali pertama lolos ke putaran final Piala AFC U-23 di Qatar tahun 2024 mendatang. Pencapaian yang disaksikan Presiden Jokowi beserta ibu negara ini menyamai keberhasilan Timnas Indonesia senior yang juga lolos ke putaran final Piala Asia yang juga digelar di Qatar 2024.
 
Susunan pemain kedua tim:
Timnas Indonesia U-23: 1-Ernando Ari Sutaryadi, 2-Ilham Rio, 4-Elkan Baggott, 5-Rizky Ridho Ramadhani, 3-Komang teguh, 14-Pratama Arhan; 6-Ivar Jenner, 7-Marselino Ferdinan, 10-Arkhan Fikri; 20-Hokky Craka, 17-Rafael Struick.
 
Turkmenistan U-23: 1-Ahallyev Rustem; 2-Yhlas Toyjanov, 3-Oraz Orazov, 6-Meylis Durdyyev, 12-Charyyev Ilyas, 13-Priyev Ruslan, 19-Sapargulyev Arzuvguly; 7-Rahman Myratberdiyev, 8-Yagshysahet Daovletgeldiyev, 15-Umarov Salim; 11-Shamammet Hydyro.

Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Metrotvnews.com

(Rizky Yanuardi)