NEWSTICKER

Index: 2022-11-28

106 result

PIT & Konas IV PDUI Bahas Pembaharuan Pengetahuan Kesehatan

PIT & Konas IV PDUI Bahas Pembaharuan Pengetahuan Kesehatan

Metro Hari Ini • 2 hours ago kesehatan

Perhimpunan Dokter Umum Indonesia (PDUI) menyelenggarakan Kongres Nasional (Konas) IV di Hotel Sheraton Gandaria City, Jakarta, 11-13 November 2022. Penyelenggaraan Konas IV PDUI bertujuan untuk memperbarui pengetahuan serta keahlian para pelaku kesehatan dan dokter Tanah Air. 

Kemajuan ilmu kedokteran global yang bertambah pesat serta kebutuhan masyarakat yang kian meningkat menjadi salah satu target utama diselenggarakannya PIT ke-12 dan Konas IV. PDUI mengimbau kepada masyarakat bahwa menjaga kesehatan adalah hal utama. 

Kegiatan tersebut dihadiri 2.500 dokter umum dari seluruh Indonesia. Dengan berlangsungnya kongres ini diharapkan kualitas dokter umum di Indonesia semakin meningkat dan dapat bersaing dengan kompetitor dari manca negara yang akan masuk ke indonesia.
 

Jasad Ayah & Anak Korban Gempa Cianjur Ditemukan di Bawah Timbunan Lumpur

Jasad Ayah & Anak Korban Gempa Cianjur Ditemukan di Bawah Timbunan Lumpur

Metro Hari Ini • 2 hours ago

Tim SAR Gabungan berhasil menemukan dua orang jenazah di bawah timbunan lumpur yang merupakan ayah dan putrinya di Warung Sate Shinta, Cijedil, Cugenang, Cianjur, Jawa Barat, Senin (28/11/2022).

Sebelumnya, Tim SAR gabungan melakukan proses pencarian di tiga titik utama, yakni di Desa Cijedil RT 03, Kampung Cicadas, dan Warung Sate Shinta Cianjur.

Sepanjang hari ini, proses pencarian dihentikan jauh lebih cepat akibat hujan deras yang terjadi di kawasan Cugenang sejak pukul 13.00 WIB.

Sederet Artis Ternama Meriahkan Ganjar Pranowo Festival di Palembang

Sederet Artis Ternama Meriahkan Ganjar Pranowo Festival di Palembang

Metro Hari Ini • 3 hours ago

Sederet artis top Tanah Air memeriahkan Ganjar Pranowo Festival ke-5 di Lapangan PTC, Kota Palembang, Sabtu (26/11/2022). Mereka ialah Stevan Pasaribu, The Rain, Souljah, Dewi Perssik, dan musisi lainnya. 

Salah satu idola anak muda, Steven Pasaribu, merasa senang menjadi bagian dari festival tersebut, apalagi melihat masyarakat Palembang yang sangat antusias. 

"Seru banget, masyarakatnya antusias banget. Aku sangat senang bisa menjadi bagian dari Palembang, bagian dari Ganjar Festival. Keren banget, pokoknya seru banget," ungkap Steven. 

Gelaran Ganjar Pranowo Festival juga menampilkan hiburan-hiburan dan pentas seni lokal. Tak hanya itu, ratusan hadiah dan sepeda motor disediakan untuk para penonton yang hadir langsung. 

Sempat Fluktuatif, IHSG Ditutup Melemah di Level 7.017

Sempat Fluktuatif, IHSG Ditutup Melemah di Level 7.017

Metro Bisnis • 3 hours ago keuangan

Meski sempat bergerak fluktuatif, Indeks Harga Saham (IHSG) ditutup melemah di level 7.017 pada perdagangan Senin (28/11/2022).

Penurunan ini dipengaruhi sentimen regional, karena para investor khawatir dengan kenaikan kasus Covid-19 di Tiongkok.

Pergerakan nilai tukar rupiah sejak pembukaan perdagangan hingga sore ini masih melemah sebesar 0,33% di level Rp15.724. Pelemahan rupiah merupakan dampak dari kenaikan indeks USD sebesar 0,3% di level 106.

Kondisi Posko Gempa Cianjur di Cijedil Memprihatinkan

Kondisi Posko Gempa Cianjur di Cijedil Memprihatinkan

Metro Hari Ini • 3 hours ago

Salah satu posko pengungsian korban gempa yang berada di Kampung Gunung Tanjung Dua di Cijedil, Cianjur terlihat memprihatinkan.

Meski sudah ada bantuan di tengah kondisi hujan, namun tidur mereka tidak begitu nyenyak karena genangan air yang cukup banyak di area ini. Pengungsi juga telah melakukan swadaya dengan membuat parit di sekitar posko, namun aliran air tetap dirasakan.

"Saya rasakan sedih sekali, karena datang hujan membuat genangan.
Sehingga, anak-anak tidak bisa tiduran," ujar salah satu pengungsi, Iis.

Selain itu, para korban mengeluhkan kurangnya alas tidur dan genangan air yang masuk ke tenda pengungsian. Mereka mengharapkan bantuan untuk menambah fasilitas di dalam tenda untuk anak-anak.

Seminggu Menunggu, Akhirnya Korban Gempa Cianjur di Kebonpeuteuy Terima Logistik Bantuan

Seminggu Menunggu, Akhirnya Korban Gempa Cianjur di Kebonpeuteuy Terima Logistik Bantuan

Headline News • 3 hours ago

Personel Brimob Polri menyalurkan bantuan logistik kepada 300 warga korban gempa di Desa Kebonpeuteuy, Kecamatan Gekbrong, Kabupaten Cianjur, Senin (28/11/2022). Diketahui, warga Kebonpeuteuy belum tersentuh bantuan apapun selama delapan hari sejak gempa terjadi.

Warga begitu antusias menyambut kehadiran personel Brimob Polri yang membawa ratusan dus bantuan berisi makanan dan obat-obatan. Personel tiba di lokasi pengungsian sekitar pukul 16.30 WIB. 

Penyaluran bantuan tersebut dilakukan personel Brimob menggunakan kendaraan roda empat. Sebelumnya, tim telah melakukan pemetaan daerah untuk memastikan kelancaran penyaluran bantuan.

Selain memberikan bantuan, beberapa personel Brimob Polri juga melakukan trauma healing kepada anak-anak korban gempa. Mereka ingin memastikan bahwa kondisi mental anak dalam keadaan stabil.

Tenda pengungsian pun turut menjadi perhatian personel, karena dinilai tidak layak huni. Beberapa alat untuk memperbaiki tenda memang telah disiapkan sebelumnya, dan kemudian sesampainya di lokasi, para personel Brimob Polri dengan sigap memperbaiki tenda-tenda warga yang dibangun secara swadaya itu.

Pemerintah Berharap Pencalonan Panglima TNI di DPR Selesai Sebelum Masa Reses

Pemerintah Berharap Pencalonan Panglima TNI di DPR Selesai Sebelum Masa Reses

Breaking News • 3 hours ago

Menteri Sekretariat Negara (Mensesneg) Pratikno mengapresiasi kinerja DPR yang memproses surat presiden (surpres) calon panglima TNI dengan cepat. Pratikno berharap proses pencalonan panglima TNI selesai sebelum masa reses. 

"Kami (pemerintah) sangat mengharapkan bahwa surat dari Ketua DPR bisa diterima oleh Bapak Presiden dalam waktu secepatnya, sebelum masa sidang ini berhenti dan memasuki masa reses," kata Menteri Sekretariat Negara (Mensesneg) Pratikno di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (28/11/2022).

Sebelumnya, Ketua DPR RI Puan Maharani mengungkapkan bahwa dirinya baru menerima surpres calon panglima TNI, Senin (28/11/2022). Puan mengatakan masih memiliki waktu untuk memproses surpres calon panglima TNI sampai 15 Desember 2022. 

Update Jumlah Korban Gempa Cianjur: 323 Meninggal

Update Jumlah Korban Gempa Cianjur: 323 Meninggal

Metro Hari Ini • 3 hours ago

Jumlah korban meninggal dunia akibat gempa bumi Cianjur terus bertambah. Total sementara korban meninggal dunia sebanyak 323 jiwa, Senin (28/11/2022).

Tim SAR Gabungan menemukan kembali dua jenazah korban gempa bumi Cianjur yang diduga seorang ayah dan putrinya di kampung Cijedil, Cugenang, Cianjur, Jawa Barat. Korban pertama berjenis kelamin laki-laki dewasa. Sementara korban kedua merupakan seorang anak perempuan.

Warga yang menyaksikan proses evakuasi menyatakan, dua korban merupakan seorang ayah dan putrinya. Jenazah kedua korban dibawa ke RSUD Sayang Cianjur untuk diidentifikasi lebih lanjut.

Restrukturisasi Kredit UMKM Diperpanjang

Restrukturisasi Kredit UMKM Diperpanjang

Metro Bisnis • 3 hours ago keuangan

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memperpanjang program restrukturisasi kredit (pembiayaan) sampai 31 Maret 2024. Perpanjangan kebijakan tersebut berlaku terutama untuk UMKM dan industri padat karya

"Perpanjangan ini berlaku untuk UMKM penyedia akomodasi, makanan dan minuman serta beberapa industri yang menyediakan lapangan kerja dalam jumlah besar," jelas Direktur Humas OJK Darmansyah, Senin (28/11/2022). 

Menurutnya kondisi ekonomi global yang labil adalah salah satu pertimbangan keputusan memperpanjang program tersebut. Masih labilnya ekonomi global adalah dampak dari laju inflasi yang tinggi, ketidakpastian geopolitik dan normalisasi kebijakan Bank Sentral AS. 

 

Presiden Jokowi Resmi Calonkan Yudo Margono Jadi Panglima TNI

Presiden Jokowi Resmi Calonkan Yudo Margono Jadi Panglima TNI

Breaking News • 3 hours ago

Presiden Joko Widodo resmi menunjuk Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Yudo Margono sebagai calon panglima TNI. Hal itu sesuai dengan surat presiden (surpres) yang dikirim ke DPR RI. 

"Nama yang diusungkan oleh Presiden untuk menggantikan panglima TNI Jenderal Andika Perkasa adalah Laksamana TNI Yudo Margono yang menjabat sebagai KSAL pada saat ini," ujar Ketua DPR RI Puan Maharani, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (28/11/2022).

Puan menambahkan, DPR akan memproses penggantian Panglima TNI Jenderal Andika sesuai mekanise. Uji kepatutan dan kelayakan calon panglima TNI di Komisi I DPR.

Sementara itu, KSAL Yudo Margono akan menggantikan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa yang akan memasuki masa pensiun. 

Menkeu Sri Optimis Ekonomi Nasional 2023 Tumbuh Lebih dari 5%

Menkeu Sri Optimis Ekonomi Nasional 2023 Tumbuh Lebih dari 5%

Metro Bisnis • 3 hours ago keuangan

Menteri Keuangan, Sri mulyani tetap optimis pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun 2023 bisa di atas 5%.

Keyakinan itu didasarkan pada indikator, seperti konsumsi yang tetap stabil dan investasi asing yang terus meningkat, terutama setelah Presidensi G20 Indonesia.

Meski begitu, Sri Mulyani menjelaskan rasa optimis itu harus dikombinasikan dengan kewaspadaan terhadap segala kemungkinan yang akan terjadi.

Permintaan Global Menurun, Industri TPT Tertekan

Permintaan Global Menurun, Industri TPT Tertekan

Metro Bisnis • 3 hours ago

Industri tekstil dan produk tekstil (TPT) mulai tertekan akibat turunnya permintaan global sejak Oktober lalu. Pemerintah akhirnya merespons keluhan PTP dan industri alas kaki dengan mengoordinasikan kebijakan bersama lintas lembaga, agar respons yang diberikan tepat sasaran. 

Meski begitu, pemerintah tetap mencermati perkembangannya melalui data impor bahan baku dan ekspor serta pembayaran pajak dan restitusi. Data tersebut menjadi pijakan pemerintah bersama otoritas jasa keuangan dan Bank Indonesia untuk mengambil kebijakan menggunakan instrumen yang ada.

Kebijakan tersebut berupa instrumen fiskal moneter, kebijakan mikro prudensial maupun restrukturisasi yang ada di otoritas jasa keuangan.

Surpres Calon Panglima TNI Diterima DPR Hari Ini

Surpres Calon Panglima TNI Diterima DPR Hari Ini

Headline News • 4 hours ago

Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) telah menerima surat presiden (Supres) calon Panglima TNI baru, Senin (28/11/2022).

Berdasarkan UU TNI Pasal 13, nama calon pengganti harus diserahkan ke DPR kurang lebih 20 hari sebelum panglima TNI lama memasuki masa pensiun. 

Sebelumnya, penyerahan Supres calon Panglima TNI sempat mengalami penundaan, karena Ketua DPR, Puan Maharani masih menjalani sejumlah kegiatan di luar negeri pada pekan lalu. 

Belum Perpanjang Kontrak dengan PSG, Messi Akan Gabung ke MLS?

Belum Perpanjang Kontrak dengan PSG, Messi Akan Gabung ke MLS?

Soccer Time • 4 hours ago

Kabar besar tersebar dari dua goat, Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Messi dikabarkan akan bergabung ke Major League Soccer pada musim panas mendatang. Sementara Cristiano Ronaldo dikabarkan mendapat tawaran dari Liga Arab. 

Meski tengah memperkuat Argentina dalam gelaran Piala Dunia Qatar 2022, Lionel Messi dikabarkan akan bergabung ke klub Major League Soccer, Inter Miami. Kontrak La Pulga bersama Paris Saint Germain habis pada juni 2023 mendatang, namun sejauh ini pemain berusia 35 tahun tersebut belum berhasrat memperpanjang kontraknya bersama PSG.

Sementara itu, Cristiano Ronaldo dikabarkan telah mendapat tawaran dari klub Liga Arab, Al Nassr. CR7 dikabarkan mendapat tawaran kontrak tiga tahun dengan bayaran mencapai Rp3,5 triliun. 

Imbang dengan Spanyol, Jerman Jaga Asa di Grup E Piala Dunia 2022

Imbang dengan Spanyol, Jerman Jaga Asa di Grup E Piala Dunia 2022

Soccer Time • 4 hours ago

Timnas Spanyol gagal memastikan diri lebih dulu untuk lolos dari fase grup E Piala Dunia 2022, usai ditahan imbang Jerman dengan skor 1-1. Hasil imbang pun membuat Der Panzer wajib menang di laga pamungkas grup untuk menjaga asa lolos dari fase grup. 

Persaingan di grup E pun makin sengit hingga pertandingan terakhir, usai Kosta Rika sukses mengalahkan Jepang 1-0. Gol semata wayang Kosta Rika diciptakan Keysher Fuller pada menit ke 81. 

Dengan demikian, kemenangan wajib diraih Der Panzer saat menghadapi Kosta Rika di laga pamungkas grup sambil berharap Spanyol bisa mengalahkan Jepang. 

Tanpa Neymar, Brasil Siap 'Habisi' Swiss

Tanpa Neymar, Brasil Siap 'Habisi' Swiss

Soccer Time • 4 hours ago

Timnas Brasil dipastikan tampil menghadapi Swiss tanpa diperkuat gelandang serang Neymar dan bek sayap Danilo saat menghadapi Swiss, Selasa (29/11/2022) dini hari. Sebab, cedera yang dialami kedua pemain itu masih belum sembuh dan butuh waktu untuk pulih. 

Namun, Brasil merupakan tim yang penuh dengan bintang-bintang muda yang telah menjadi andalan di klub masing-masing. Dengan absennya Neymar, Tite bisa memasang striker Arsenal, Gabriel Jesus sebagai penyerang lubang. Jesus pun terbukti produktif saat tampil bersama The Gunners dengan mencetak 5 gol dan 5 assist.

Bek Brasil dari Tim PSG, Marquinhos pun menyatakan timnya siap tampil untuk memastikan satu tempat di babak 16 besar. Sementara itu, tim Swiss juga percaya diri usai mengalahkan Kamerun 1-0 di laga perdana mereka. 

Dalam latihan yang berlangsung hari Minggu, Xherdan Shaqiri dan pemain Swiss lainnya yakin timnya bisa mengalahkan Brasil. Swiss sendiri selalu bermain imbang dalam dua laga mereka menghadapi Brasil di Piala Dunia. Situasi ini membuat tim asuhan Murat Yakin dapat menahan imbang tim Samba.

Mahupiki: Kerja BPOM Tidak Optimal Terhadap Pengawasan Kosmetik Ilegal

Mahupiki: Kerja BPOM Tidak Optimal Terhadap Pengawasan Kosmetik Ilegal

HOTROOM • 4 hours ago

Ketum Masyarakat Hukum Pidana dan Kriminologi Indonesia (Mahupiki) Yenti Garnasih mengatakan, kerja BPOM tidak optimal dalam pengawasan kosmetik ilegal di Indonesia.

"BPOM sudah melaksanakan tugasnya, akan tetapi tidak optimal," kata Ketum Masyarakat Hukum Pidana dan Kriminologi Indonesia, Yenti Garnasih dalam acara HOTROOM di Metro TV.

Yenti Garnasih juga mengatakan bahwa banyak sekali peredaran produk lainnya seperti obat-obatan yang tidak dibatasi perijinannya di Indonesia.

 Dukung Transisi Energi, Industri Hulu Migas Indonesia Butuh Investasi USD179 M

Dukung Transisi Energi, Industri Hulu Migas Indonesia Butuh Investasi USD179 M

Metro Bisnis • 4 hours ago

SKK Migas terus mendorong investasi di Hulu Migas untuk mencapai target produksi satu juta barel minyak per hari dan 12 miliar kaki kubik gas per hari pada 2030. Untuk mencapai target tersebut, dibutuhkan investasi di Hulu Migas sebesar USD179 miliar.
 
Meski tren global untuk beralih ke energi baru terbarukan terus meningkat, SKK Migas tetap berupaya menggaet investasi di Hulu Migas. Karena Indonesia masih memiliki potensi migas yang cukup besar untuk menjamin ketahanan energi nasional. 

Salah satu upaya yang dilakukan adalah sosialisasi potensi migas di berbagai forum dunia, seperti International Convention on Indonesia Upstream Oil and Gas, IOG 2022 yang digelar di Nusa Dua, Badung, Bali.
 
Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto menyatakan tren global untuk transisi ke energi baru terbarukan membuat investasi di sektor migas meningkat. Karena industri hulu migas harus memasukan program pengurangan karbon dan investasi energi baru terbarukan dalam protofolio mereka. 

Menurut Dwi, industri Hulu Migas Indonesia membutuhkan investasi sekitar USD179 miliar untuk mendukung transisi energi fosil menuju energi baru terbarukan.

Upaya Trauma Healing, Relawan Guru SD Bantu Mengajar Anak Terdampak Gempa Cianjur

Upaya Trauma Healing, Relawan Guru SD Bantu Mengajar Anak Terdampak Gempa Cianjur

Headline News • 4 hours ago

Gempa M 5,6 yang melanda wilayah Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Senin (21/11/2022) mengundang empati dari banyak pihak. Salah satunya Tuti, mantan guru Sekolah Dasar (SD) yang berinisiatif melakukan trauma healing kepada anak korban gempa Cianjur di pengungsian.

Tuti merupakan mantan guru sekaligus warga korban gempa di Desa Cijedil, Kecamatan Cugenang berinisiatif melakukan trauma healing dan belajar bagi anak-anak di posko pengungsian. Ia mengaku ingin membantu anak-anak yang tak bisa bersekolah lantaran dihentikan akibat gempa.

Selain itu, ia juga bertujuan untuk menolong anak-anak agar tetap dapat belajar. Bahkan, permintaan belajar tersebut merupakan permintaan anak-anak di posko pengungsian yang rindu bersekolah.

Bahaya Penggunaan Styrofoam sebagai Wadah Makanan

Bahaya Penggunaan Styrofoam sebagai Wadah Makanan

Metro Bisnis • 4 hours ago

Debat tentang penggunaan styrofoam sebagai wadah kemasan makanan terus bergulir. Pedagang kaki lima maupun industri besar memanfaatkan styrofoam untuk kemasan makanan karena dinilai lebih praktis. Namun, apakah styrofoam benar aman untuk makanan dan tidak berbahaya bagi kesehatan?

Styrofoam dibuat dari polistiren, zat kimia yang sifatnya ringan serta bisa berbentuk cair maupun busa padat setelah diproses. Styrofoam juga mengandung beberapa zat kimia seperti benzene, dan styrene, dua zat ini di anggap berbahaya karena tidak dapat dicerna oleh tubuh manusia.

Dalam makanan berkadar lemak tinggi, bahan kimia pada styrofoam lebih mudah larut kedalam makanan tersebut. Sementara, makin panas minuman atau makanan semakin cepat pula migrasi bahan kimia pada styrofoam terhadap makanan atau minuman tersebut.

Hasil uji lab mendeteksi parameter overal migration dan residu styrene pada kemasan, parameter residu styrene menunjukkan angka 2,88 PPM pada styrofoam berbentuk cup, dan parameter 4,66 PPM pada styrofoam berbentuk kotak. Sementara batas aman parameter residu strene yang ditetapkan BPOM maksimal sebesar 1.000 PPM.

Ahli Toksikologi Kimia Universitas Undonesia Budiawan menekankan untuk berhati-hati dalam penggunaan styrofoam sebagai wadah pangan.

Pemimpin Negara G20 Sepakati Deklarasi Bali

Pemimpin Negara G20 Sepakati Deklarasi Bali

Metro Bisnis • 4 hours ago G20

Para pemimpin G20 akhirnya menyepakati komunike bersama yang dikenal dengan deklarasi Bali. Adapun poin yang disepekati adalah condemnation perang di Ukraina karena telah melanggar batas wilayah dan batas integritas wilayah.

Perang ini telah mengakibatkan penderitaan masyarakat dan memperberat ekonomi global yang masih rapuh akibat pandemi yang menimbulkan resiko terhadap krisis pangan, energi dan potensi krisis finansial. Oleh karena itu, G20 membahas dampak perang terhadap kondisi perekonomian global dan beberapa hasil yang konkret telah dihasilkan.

Pandemic Fund sampai saat ini sudah terkumpul sebanyak USD1,5 miliar. Pandemic Fund akan menjadi instrumen yang sangat penting untuk mempersiapkan dan  merespons masalah kesehatan atau pandemi yang kemungkinan bisa terjadi lagi. 

Nantinya, dana yang terkumpul ini akan digunakan untuk membantu negara yang membutuhkan bantuan dari segi kesehatan. Hasil komunike lainnya, yakni pembentukan resilient dan sustainability trust di bawah IMF sejumlah USD81,6 miliar dan energy transition mechanism.

HGN 2023, Ridwan Kamil Semangati Guru yang Terdampak Gempa Cianjur

HGN 2023, Ridwan Kamil Semangati Guru yang Terdampak Gempa Cianjur

Headline News • 5 hours ago

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mendatangi posko gempa Cianjur di SMKN 2 Cilaku, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, untuk menyemangati para guru yang terdampak gempa, Senin (28/11/2022). Ridwan Kamil berharap, para guru turut membantu menyemangati para muridnya meski di dalam tenda pengungsian.

Di hadapan para guru yang hadir, Ridwan Kamil mengajak untuk merespon musibah gempa Cianjur dengan inisiatif yang tangguh, agar menjadi contoh yang baik. Ia juga menitip kepada para guru untuk fokus merefleksikan musibah gempa ini dengan menyemangati para siswanya.

Peran Penting Badan Karantina di Perbatasan (3)

Peran Penting Badan Karantina di Perbatasan (3)

Newsline • 5 hours ago

Indonesia merupakan negara dengan Sumber Daya Alam (SDA) yang begitu melimpah. Untuk itu, diperlukan sinergitas untuk membangun bagaimana SDA ini dapat dimanfaatkan dengan maksimal dan juga dapat menciptakan ketahanan pangan yang baik dalam negeri di Indonesia.

Pemerintah pusat telah melakukan berbagai upaya, termasuk juga bersama dengan Kementerian Pertanian RI yang memberi kebijakan sejalan dengan upaya dan juga cita-cita Presiden Joko Widodo untuk dapat membangun Indonesia sampai ke pelosok desa-desa daerah hingga perbatasan Indonesia.

Peran Penting Badan Karantina di Perbatasan (2)

Peran Penting Badan Karantina di Perbatasan (2)

Newsline • 5 hours ago

Indonesia merupakan negara dengan Sumber Daya Alam (SDA) yang begitu melimpah. Untuk itu, diperlukan sinergitas untuk membangun bagaimana SDA ini dapat dimanfaatkan dengan maksimal dan juga dapat menciptakan ketahanan pangan yang baik dalam negeri di Indonesia.

Pemerintah pusat telah melakukan berbagai upaya, termasuk juga bersama dengan Kementerian Pertanian RI yang memberi kebijakan sejalan dengan upaya dan juga cita-cita Presiden Joko Widodo untuk dapat membangun Indonesia sampai ke pelosok desa-desa daerah hingga perbatasan Indonesia.

Arif Rachman Akui Hapus Dokumentasi Usai Autopsi Brigadir J

Arif Rachman Akui Hapus Dokumentasi Usai Autopsi Brigadir J

Breaking News • 5 hours ago Brigadir J

Hakim menanyakan kepada saksi Arif Rachman mengenai dokumentasi yang dihapus atas permintaan Kombes Susanto. Arif Rachman mengaku, diminta untuk menghapus dokumentasi usai autopsi jenazah Brigadir J.

"Beliau sampaikan agar dokumentasi dikirimkan ke beliau semuanya biar satu pintu, lalu di HP anggota sudah tidak ada lagi yang tersimpan. Cukup satu pintu laporan dan penyimpanan file foto," ujar Arif Rachman.

Kasus Kosmetik Ilegal Disinyalir Adanya Kejahatan Korporasi

Kasus Kosmetik Ilegal Disinyalir Adanya Kejahatan Korporasi

HOTROOM • 5 hours ago

Ketum Masyarakat Hukum Pidana dan Kriminologi Indonesia (Mahupiki) Yenti Garnasih mengatakan, dalam kasus kosmetik ilegal di Indonesia disinyalir adanya corporate crime (kejahatan korporasi). Ia menilai, bahwa kasus kosmetik ilegal ini tidak masuk akal jika hal tersebut masih saja dibiarkan dan peredarannya masih luas di Indonesia.

"Kejahatan ini adalah kejatahan ekonomi yang bersifat adanya Corporate Crime," kata Ketum Masyarakat Hukum Pidana dan Kriminologi Indonesia, Yenti Garnasih dalam acara HOTROOM di Metro TV.

Peran Penting Badan Karantina di Perbatasan (1)

Peran Penting Badan Karantina di Perbatasan (1)

Newsline • 5 hours ago

Indonesia merupakan negara dengan Sumber Daya Alam (SDA) yang begitu melimpah. Untuk itu, diperlukan sinergitas untuk membangun bagaimana SDA ini dapat dimanfaatkan dengan maksimal dan juga dapat menciptakan ketahanan pangan yang baik dalam negeri di Indonesia.

Pemerintah pusat telah melakukan berbagai upaya, termasuk juga bersama dengan Kementerian Pertanian RI yang memberi kebijakan sejalan dengan upaya dan juga cita-cita Presiden Joko Widodo untuk dapat membangun Indonesia sampai ke pelosok desa-desa daerah hingga perbatasan Indonesia.

Saksi Arif Rachman Mengaku Kaget Melihat Rekaman CCTV Brigadir J Masih Hidup

Saksi Arif Rachman Mengaku Kaget Melihat Rekaman CCTV Brigadir J Masih Hidup

Breaking News • 5 hours ago Brigadir J

Dalam sidang lanjutan kasus Brigadir J, Saksi Arif Rachman mengaku kaget melihat rekaman CCTV yang menunjukan Brigadir J masih hidup, berbeda dengan kronologi kejadian yang disampaikan oleh Polres Jakarta Selatan sebelumnya.

"Izin Pak ada perintah dari Pak Kadiv (Ferdy Sambo) untuk menonton, nonton apa Chuck, nonton CCTV Bang,” ujar Arif Rachman Arifin.

Kemudian, Arif Rachman Arifin mengaku, tidak menimpali lagi pernyataan Chuck Putranto dan berjalan ke arah rumah Ridwan Soplanit yang ada di sebelah rumah dinas Ferdy Sambo.

“Kami masuk duduk, tidak lama saya tanyakan, apa yang mau ditonton Chuck, terus saudara Baiquni langsung membuka laptopnya dan memperlihatkan rekaman CCTV yang mulia.” ujar Arif Rachman Arifin.

Arif Rachman Arifin semula, menganggap rekaman CCTV tersebut sudah sesuai dengan kronologis yang disampaikan Kapolres Jakarta Selatan, Kombes Budhi Herdi Susianto. Namun tiba-tiba, Chuck Putranto mengatakan kepadanya, bahwa Brigadir J masih hidup saat Ferdy Sambo masuk ke dalam rumah dinas.

95 Korban Gempa Cianjur Dirujuk ke RSUD R. Syamsudin Sukabumi

95 Korban Gempa Cianjur Dirujuk ke RSUD R. Syamsudin Sukabumi

Breaking News • 5 hours ago

Hari ke-8 penanganan korban gempa Cianjur, 95 korban gempa Cianjur telah dirujuk ke RSUD R. Syamsudin Sukabumi. Dari 95 korban, 60 masih menjalani perawatan di tiga ruangan khusus RSUD R. Syamsudin, lima lainnya meninggal dan 30 lainnya dinyatakan sembuh. 

Korban meninggal terakhir berinisial A (55) berjenis kelami perempuan. Para korban yang dirawat rata-rata mengalami cidera benturan dibagian tangan, kaki, dan kepala. Keseluruhan pasien korban gempa yang ditangani RSUD R. Syamsudin merupakan warga Cianjur. 

Sidang Lanjutan Kasus Brigadir J, Pakar: Saksi yang Dihadirkan Hari Ini Tidak Relevan dengan Terdakwa

Sidang Lanjutan Kasus Brigadir J, Pakar: Saksi yang Dihadirkan Hari Ini Tidak Relevan dengan Terdakwa

Breaking News • 5 hours ago

Pakar Hukum Pidana, Asep Iwan Iriawan menyatakan bahwa para saksi yang dihadirkan pada sidang lanjutan kasus Brigadir J tidak relevan dengan tiga terdakwa yakni Richard Eliezer, Kuat Ma'ruf dan Ricky Rizal. Pakar menjelaskan bahwa saksi yang dihadirkan berhubungan dengan obstruction of justicer sedangkan para terdakwa merupakan pelaku pembunuhan. 

Namun, para saksi dihadirkan karena hakim ingin mendalami lebih jauh mengenai rencana atau skenario yang dibuat oleh Ferdy Sambo. Selain itu, kehadiran saksi juga berkaitan dengan fakta pembunuhan seperti adanya peristiwa pembunuhan yang direkayasa dengan cara merusakkan barang bukti.