NEWSTICKER

Index: 2022-05-19

26 result

Bongkar Peran Lin Che Wei

Bongkar Peran Lin Che Wei

Pengungkapan mafia minyak goreng oleh Kejaksaan Agung semakin menarik untuk diikuti. Disebut menarik karena Kejaksaan Agung menetapkan Lin Che Wei sebagai tersangka. Lin Che Wei diumumkan sebagai tersangka Selasa (17/5) kemudian ditahan. Ia dikenal sebagai ekonom senior dan sudah malang melintang di pemerintahan sebagai staf khusus sejumlah menteri. Terakhir dia menjadi anggota tim asistensi di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian hingga Maret 2022.

Sampai saat ini tidak ada penjelasan resmi terkait apa kapasitas Lin Che Wei ikut-ikutan dalam pusaran mafia minyak goreng. Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin hanya menyebut tersangka merupakan pihak swasta yang diperbantukan di Kementerian Perdagangan.

Penetapan Lin Che Wei sebagai tersangka mestinya dijadikan pintu masuk untuk mengusut keterlibatan pihak lain. Perlu ditelusuri siapa yang menyelundupkan tersangka masuk ke lingkaran elite Kementerian Perdagangan.

Hal lain yang perlu digarisbawahi ialah dugaan keterlibatan Lin Che Wei yang selama ini dikenal sebagai ekonom senior. Seorang intelektual memang bukan malaikat. Namun, dalam keadaan apa pun, ia tetap harus berpegang pada prinsip kejujuran serta berani menyuarakan kebenaran. Jangan mudah tergoda iming-iming uang, apalagi untuk bermuslihat dengan penjahat.


Kirab Merah Putih Haul Habib Thoha di Semarang Kembali Digelar

Kirab Merah Putih Haul Habib Thoha di Semarang Kembali Digelar

Peringatan Haul Habib Thoha bin Muhammad bin Yahya (Mbah Depok) digelar di Semarang, Jateng. Haul ini digelar dengan kirab merah putih kebangsaan dari halaman makam Mbah Depok dan selesai di Kantor Balai Kota Semarang. Tak hanya dihadiri pejabat setempat, peringatan ini juga dihadiri Menteri Kelautan dan Perikanan Wahyu Trenggono. 

Pasis Dikreg A-60 TA 2022 Gelar Kegiatan Kerja Peduli Masyarakat Maritim di Balikpapan

Pasis Dikreg A-60 TA 2022 Gelar Kegiatan Kerja Peduli Masyarakat Maritim di Balikpapan

Perwira Siswa (Pasis) Pendidikan Reguler (Dikreg) Seskoal Angkatan ke-60 TA 2022 menggelar kegiatan kuliah kerja dalam negeri ke Balikpapan yang menjadi kota penyangga IKN Nusantara. 60 perwira ini menggelar pengecatan jembatan sepanjang tiga kilometer. Perwira siswa ini juga membagikan jaket keselamatan laut untuk para nelayan yang tengah beraktivitas. Kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian masyarakat maritim di Kota Balikpapan. 

Garuda Muda Harus Fokus Hadapi Thailand di Semi Final SEA Games 2021

Garuda Muda Harus Fokus Hadapi Thailand di Semi Final SEA Games 2021

Skuad Timnas Indonesia U-23 diminta fokus dan hati-hati saat meladeni Thailand di babak semifinal SEA Games 2021. Dimana pelatih Shin Tae-yong meminta pemainnya untuk meminimalisir kesalahan dalam pertandingan nanti. Lantas bagaimana prediksi pertandingan antara Skuad Garuda Muda melawan  Skuad Gajah Putih? 

Tinjau Ulang Larangan Ekspor CPO

Tinjau Ulang Larangan Ekspor CPO

Demo petani kelapa sawit menuntut pencabutan kebijakan larangan ekspor CPO, kian menggemuruh. Hasil panen ini tak laku dijual bahkan sampai membusuk karena pabrik sawit di sejumlah daerah enggan untuk menerima. Pasca pertemuan KSP dengan Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia, Kepala Kantor KSP, Moeldoko mengatakan sedang menyiapkan rekomendasi kepada presiden terkait membuka kembali ekspor sawit. 

Bertemu Menkeu Singapura, Ganjar Bahas Investasi di Jateng

Bertemu Menkeu Singapura, Ganjar Bahas Investasi di Jateng

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menyampaikan kerja sama antara Jawa Tengah dan Singapura di kawasan industri Kendal. Bidang investasi hingga pendidikan akan terus dioptimalkan selebar mungkin. Menurut Menkeu Singapura Lawrence Wong, Jawa Tengah ramah terhadap para investor. 

Singapura Tegaskan Alasan Tolak Ustaz Abdul Somad

Singapura Tegaskan Alasan Tolak Ustaz Abdul Somad

Pemerintah Singapura akhirnya menjelaskan secara gamblang penyebab penceramah Abdul Somad ditolak masuk ke Singapura. Pemerintah Singapura menilai Ustaz Abdul Somad mengajarkan pengajaran ekstremis yang tidak dapat diterima dalam masyarakat multi-ras dan multi-agama Singapura. UAS juga dinilai berpura-pura untuk kunjungan sosial. 

Log Zhelebour: Raja Festival Rock Indonesia

Log Zhelebour: Raja Festival Rock Indonesia

Bagi Log Zhelebour mengadakan konser musik rock membutuhkan nyali yang sangat besar. Lewat sentuhannya, sejumlah musisi rock papan atas berhasil Ia orbitkan. Nama Log Zhelebour pun berkibar seiring dengan perkembangan musik rock Indonesia. Banyak band-band rock seperti Metallica pun pernah tampil di Indonesia berkat usaha dan kerja keras sang promotor yang menjadikan musik rock sangat sukses di Indonesia.

Smash Icuk Sugiarto

Smash Icuk Sugiarto

Bagi Icuk Sugiarto, lahir dari keluarga miskin tidak menjadi penghalang untuk menjadi sang juara. Berkat kerja kerasnya, Icuk berhasil meraih prestasi yang membanggakan Indonesia. Salah satunya juara dunia ketika usianya baru 20 tahun. Untuk menjadi sang juara dunia, Icuk Sugiarto mengalami perjalanan yang sangat berat. Namun, ia mampu menjalani hingga sukses seperti saat ini.

Benyamin Sueb: Muka Kampung Rejeki Kota

Benyamin Sueb: Muka Kampung Rejeki Kota

Siapa sangka di balik penampilannya yang sering dianggap kampungan, Benyamin Sueb adalah sosok seniman Betawi kelas atas. Pengalaman hidupnya yang pahit, justru menjadi motivasi bagi Benyamin untuk terus berkarya. Berkat melekatnya budaya Betawi dalam dirinya, menjadikan Benyamin sangat menjunjung tinggi budaya Betawi.

Panggung Model Okky Asokawati

Panggung Model Okky Asokawati

Bagi Okky Asokawati modeling telah melambungkan namanya di dunia model. Dengan postur tubuh yang ideal, Okky mampu menjadi seorang model yang dipercaya para perancang busana untuk memerkan karyanya. Dalam karirnya di dunia model, Okky tidak ingin ilmunya hanya sia-sia. Bahkan ia membuat sekolah khusus model yaitu Okky Walla Modelling. 

Baginya menyalurkan hobinya menjadi modelling kepada anak–anak adalah bentuk pengabdian akan profesinya.

Widyawati: Menikmati Hidup Tanpa Batas

Widyawati: Menikmati Hidup Tanpa Batas

Widyawati Adisura, seorang pemeran dan penyanyi Indonesia. Sepanjang karirnya, Ia telah menerima banyak sekali penghargaan dan sembilan kali dinominasikan di Piala Citra Festival Film Indonesia. Hal itu menjadikannya sebagai salah satu aktris paling banyak yang dinominasikan dalam sejarah acara tersebut. Widyawati menjadi aktris yang sangat legendaris di perfilman Indonesia. Namanya hingga saat ini sangat familiar di kalangan masyarakat Indonesia.

Baginya profesi sebagai seorang aktris betul-betul ditekuni hingga usianya saat ini. Siapa yang menyangka, Widyawati menemukan jodoh melalui bermain film. Widyawati sangat bersyukur atas hidupnya setelah berbagai pelajaran hidup yang Ia jalani. 

Yayuk Basuki, 'Jaguar of Asia'

Yayuk Basuki, 'Jaguar of Asia'

Yayuk basuki legenda hidup tenis Indonesia pemegang sederet prestasi di ajang Internasional. Bakat bermain tenisnya sudah terbentuk sejak Yayuk Basuki masih kecil. Berkat didikan dan latihan kerja keras dari ayahnya, Yayuk akhirnya berhasil menjuarai berbagai turnamen hingga level internasional.

Di beberapa ajang Wimbeldon, Yayuk bahkan sempat menembus perempat final. Kehebatan Yayuk di lapangan tenis diakui oleh para petenis dunia, hingga dijuluki “Jaguar of Asia”.

Pengabdian Waldjinah

Pengabdian Waldjinah "Ratu Keroncong"

Waldjinah merupakan seorang penyanyi berkebangsaan Indonesia. Ia merupakan penyanyi spesialisasi keroncong-Jawa. Beliau menyukai lagu-lagu keroncong sejak kecil. Dari hal tersebut lantas membuatnya dikenal sebagai “Ratu Keroncong”. Waldjinah mengawali karir sejak menjadi juara kontes menyanyi bertajuk Ratu Kembang Katjang pada 1958. Waldjinah juga pernah menjuarai Bintang Radio Indonesia pada 1965. 

Meski telah berusia 76 tahun, wanita kelahiran Surakarta ini tetap eksis di dunia musik keroncong Indonesia. Banyak album dan single-nya yang terkenal di masyarakat Indonesia. Siapa yang menyangka ternyata waldjinah memiliki kebiasaan unik saat tampil di atas panggung. Dirinya tidak pernah mau menyanyi menghadap penonton laki-laki dan lebih nyaman ke arah penonton wanita.

Sundari Soekotjo: Penjaga Gawang Keroncong

Sundari Soekotjo: Penjaga Gawang Keroncong

Sundari Seokotjo atau yang memiliki nama asli Sundari Utinasih adalah seorang penyanyi keroncong dari Indonesia. Sejak kecil beliau mempunyai banyak cita-cita yaitu ingin menjadi penyanyi, ingin menjadi guru dan ingin menjadi insinyur pertanian. Namun, berkat bakat menyanyinya sejak kecil, Ibu Sundari Seokotjo mengarahkan beliau untuk menekuni bidang musik khusunya keroncong. Karena melalui musik keroncong tersebut, Sundari menjadi penyanyi keroncong termuda pada waktu itu. 

Sundari Seokotjo sering diundang untuk menyanyi keroncong di Istana negara, maupun acara-acara penting di Indonesia. Sundari Soekotjo sangat terinspiraasi oleh sosok penyanyi keroncong legendaris yaitu Waldjinah. Ia sangat identik dengan sanggul  dan kebayanya, yang membuatnya sangat disukai banyak masyarakat Indonesia. Selama berkarir di Indonesia, tidak hanya menjadi penyanyi keroncong ternyata ia juga menjadi guru kesenian di SMA 38 Jakarta. Ia merupakan lulusan D3 IKIP pada 1987 dan sarjana musik di Universitas Negeri Jakarta pada 2002. 

Imajinasi Obin Si Tukang Kain

Imajinasi Obin Si Tukang Kain

Obin yang bernama asli Josephine Werratie atau Ang Siok Bin adalah seorang pakar tekstil batik yang sangat terkenal sampai ke dunia internasional. Obin lahir pada 16 Juli 1955 di Jakarta. Obin sering disebut sebagai ‘harta karun nasional” khususnya keahlian beliau mendalami dan mempromosikan batik.

Pada 1989 lewat kain batik, Obin membuat sebuah inovasi. Dirinya berhasil membatik di atas kain tenun. Berkat terobosan tersebut ia telah menggebrak dunia fashion, baik itu lokal maupun mancanegara. Kisah Obin sangat menginspirasi masyarakat Indonesia, berkat hal tersebut juga batik bisa dikenal oleh orang-orang diseluruh dunia.

Zelensky Opens Cannes Film Festival

Zelensky Opens Cannes Film Festival

In our  top entertainment news tonight:

- Ukrainian President Volodymyr Zelensky opens Cannes Film Festival.

- While lawyers for Johnny Depp questioned the truthfulness of Amber Heard's accusation that Depp sexually assaulted her with a liquor bottle.

- And Helen Mirren and Harrison Ford to star in 'Yellowstone' prequel.

Indonesia Drops Outdoor Mask-wearing Rule

Indonesia Drops Outdoor Mask-wearing Rule

It's official, The Indonesian government has decided, that people will no longer have to wear masks in outdoor settings. However, Indonesians will still have to wear masks in indoor settings, especially in public transportation.

Sri Lanka Protesters Remembering Civil War Victims

Sri Lanka Protesters Remembering Civil War Victims

Sri Lanka protesters lit flames and offered prayers on Wednesday, remembering thousands killed in the final stages of the country's decades-long civil war, which began in 1983.

Sang Perupa Nyoman Nuarta

Sang Perupa Nyoman Nuarta

I Nyoman Nuarta merupakan pematung Indonesia yang merupakan salah satu pelopor gerakan seni rupa baru. Salah satu mahakaryanya yang sangat dikagumi dunia ialah patung Kuda Arjuna Wijaya pada 1987 yang melatarbelakangi keinginan Presiden Soeharto menempatkan moment bersejarah di kawasan protokol Jakarta.

I Nyoman Nuarta juga pernah membuat patung Fatmawati Soekarno, patung Garuda Wisnu Kencana, Monumen Jalesveva Jayamahe, serta Monumen Proklamasi. Seninya dalam mematung bukan sekedar patung biasa, melainkan patung raksasa. Berkat seninya tersebut banyak pihak yang mengapresiasi, termasuk beliau pernah mendapat penghargaan Padma Award pada 2018 dari presiden India yaitu Shri Ram Nath Kovind. Selain itu, masih banyak lagi prestasi-prestasi yang pernah ia dapatkan. Berkat ketekunannya dalam membangun patung, ia menjadi salah satu pematung yang sangat sukses di Indonesia.

Vina Panduwinata, Si Burung Camar

Vina Panduwinata, Si Burung Camar

Penyanyi keturunan Sunda dan Minahasa dengan nama lengkap Vina Dewi Sastaviyana atau lebih dikenal Vina Panduwinata lahir di Bogor, 6 Agustus 1959 . Penyanyi legendaris ini sangat bertalenta, terbukti banyak sekali prestasi-prestasinya dalam ranah seni musik, khususnya solois. Namun, siapa yang menyangka seorang Vina Panduwinata pernah bercita-cita menjadi penata rambut. Tetapi disangkal oleh ayahnya, sehingga ia benar-benar fokus menggeluti saran ayahnya untuk hal akademisnya. 

Vina berhasil merekam single lagunya di Hamburg, Jerman, saat masih berusia 19 tahun. Tetapi, dua tahun kemudian Vina kembali ke Indonesia dan memulai karirnya di dunia musik dengan album pertamanya “Citra Biru”. Itulah awal yang membuat Vina sukses bermusik hingga saat ini.

Bunuh Warga Sipil, Tentara Rusia Hadapi Pengadilan Kejahatan Perang di Ukraina

Bunuh Warga Sipil, Tentara Rusia Hadapi Pengadilan Kejahatan Perang di Ukraina

Salah satu tentara Rusia diadili di Ukraina atas kejahatan perang selama invasi Moskow, Rabu (18/5/2022). Ia mengaku bersalah karena telah membunuh warga sipil tak bersenjata. Ia siap menghadapi kemungkinan hukuman penjara seumur hidup di Kiev. 

Cerita Tiga Zaman Emil Salim

Cerita Tiga Zaman Emil Salim

Prof. H. Emil Salim, M.A, Ph.D. atau singkatnya Emil Salim seorang ahli ekonom, cendekiawan, pengajar, serta politisi Indonesia di tiga zaman. Emil Salim adalah ekonom kelahiran Kabupaten Lahat yang sangat cerdas dan menginspirasi masyarakat Indonesia. Terbukti sejak ia menjadi orang kepercyaan Presiden Soeharto dalam membangun infrastruktur di Indonesia. Mulai proyek infrastruktur, jalanan hingga irigasi. Karena memahami infrastruktur, Presiden Soeharto memberinya kepercayaan menjadi Menteri Perhubungan pada 1973-1978.

Tidak hanya proyek infrastruktur saja, Emil Salim ternyata tergabung dalam proyek sangat besar pada zaman kepemimpinan Soeharto, yakni membuat dan membangun satelit domestik. Beliau sangat terkejut mendapatkan perintah tersebut dari presiden Soeharto, dikarenakan di dunia belum pernah melakukannya. Namun, akhirnya roket peluncuran satelit untuk pertama kalinya berhasil meluncur. Menariknya kisah perjalanan Emil Salim banyak menginspirasi masyarakat Indonesia.

 

Kecewa dengan Keputusan JPU, Keluarga Korban Kasus Pembunuhan Imam Masjid di Luwu Mengamuk

Kecewa dengan Keputusan JPU, Keluarga Korban Kasus Pembunuhan Imam Masjid di Luwu Mengamuk

Sidang pembacaan tuntutan kasus pembunuhan imam Masjid Nurul Ikhwan, Luwu, Sulawesi Selatan berlangsung ricuh. Kericuhan terjadi karena keluarga korban mengamuk saat mendegar tuntutan JPU kepada korban hanya pidana 14 tahun penjara. Pihak keluarga menginginkan pelaku dituntut hukuman seumur hidup atau hukuman mati. 

Partai Golkar Gelar Halalbihalal Bagi Seluruh Pengurus se-Indonesia

Partai Golkar Gelar Halalbihalal Bagi Seluruh Pengurus se-Indonesia

DPP Partai Golkar menggelar silaturahmi dan halal bihalal seluruh pengurus se-Indonesia di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta pada Rabu (18/5/2022). Acara ini juga digelar untuk mengumpulkan DPD guna mempersiapkan hadapi pemilu 2024. 

Sambut Waisak, Umat Buddha di Pekanbaru Gelar Ritual Mandi Rupang

Sambut Waisak, Umat Buddha di Pekanbaru Gelar Ritual Mandi Rupang

Umat Buddha melaksanakan ritual mandi rupang menyambut Waisak di Pekanbaru, Riau. Mandi rupang merupakan sebuah tradisi memandikan patung Buddha kecil sebagai simbol membersihkan diri dari sifat buruk manusia.