NEWSTICKER

LOCAL NEWS

Kepolisian Sumatera Amankan 212 Pekerja Migran Ilegal yang Bakal Berangkat ke Kamboja

Kepolisian Sumatera Amankan 212 Pekerja Migran Ilegal yang Bakal Berangkat ke Kamboja

Nusantara • 12 hours ago

Polda Sumatra Utara mengamankan 212 Pekerja Migran Indonesia (PMI) diduga ilegal di Bandara Kualanamu, Deli Serdang. Para pekerja migran tersebut akan dipekerjakan sebagai operator judi online di Kamboja. Mereka mengaku akan berangkat secara serentak dengan pesawat yang sudah dicarter. 

Polisi menyebut pekerja migran yang diamankan berasal dari berbagai daerah. Pihaknya juga akan melakukan koordinasi dengan KBRI Kamboja untuk memastikan dugaan pengiriman pekerja ilegal tersebut. Saat ini Polda Sumatera Utara sedang melakukan pemeriksaan intensif kepada 212 PMI yang diduga ilegal.

Desa Barisan Nauli Sumut Diresmikan Sebagai Kampung Pancasila

Desa Barisan Nauli Sumut Diresmikan Sebagai Kampung Pancasila

Nusantara • 14 hours ago

Desa Barisan, Nauli Kecamatan Sumbul, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara, diresmikan sebagai Kampung Pancasila, peresmian dilakukan oleh Danramil 01/Sumbul, Kpt Inf Imun Tarigan. Keberadaan Kampung Pancasila ini untuk membentuk dan menanamkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan masyarakat. 

Lokasi tersebut sebelumnya merupakan tempat pembuangan sampah, berkat gotong royong desa tersebut menjadi tempat ketahanan pangan desa. Berbagai kegiatan akan dilaksanakan di desa pancasila, seperti gotong royong menanam jagung sebagai bentuk ketahanan pangan serta memotivasi para pemuda agar memiliki jiwa pemberani dan kesatria.

Kepala Desa Nauli, Saridayani, Manalu, menyebut menamkan nilai pancasila dan cinta tanah air harus ditanamkan kepada generasi muda sejak saat ini. Ditengah perkembangan teknologi dan pengaruh ideologi asing terhadap Indonesia, peresmian Kampung Pancasila tersebut juga dalam rangka memperingati HUT ke-77 Republik Indonesia.

2 Anggota DPRD Pakpak Bharat Bertengkar di Ruang Sidang

2 Anggota DPRD Pakpak Bharat Bertengkar di Ruang Sidang

Nusantara • 2 days ago

Dua anggota DPRD Kabupaten Pakpak Bharat, Sumatera Utara, bertengkar di ruang sidang. Akibatnya sidang paripurna penetapan Ranperda pertanggung jawaban pelaksanaan APBD Kabupaten Pakpak Bharat 2021 terpaksa diundur sampai waktu yang belum ditentukan. 

Dua anggota DPRD Kabupaten Pakpak Bharat yang bertengkar di ruang sidang ini adalah Lukman Padang dari Fraksi Golkar dan Parulian Boangmanalu dari Fraksi Amanat Perjuangan Sejahtera. Keduanya bertengkar dan sempat saling dorong saat persidangan masih berlangsung. Beruntung anggota DPRD lainnya cepat melerai sehingga kericuhan tidak berlangsung lama.

Perdebatan berawal dari adanya instrupsi terkait tidak hadirnya Bupati Pakpak Bharat, Franch Bernhard Tumanggor maupun Wakil Bupati Pakpak Bharat, Mutsyuhito Solin dalam persidangan. Akibat pertengkaran ini, sidang yang sudah dibuka oleh pimpinan terpaksa diskors. 

Sayangnya persidangan tidak qourum saat dibuka kembali karena sejumlah anggota DPRD Dairi mengambil sikap Walkout jika persidangan dilanjutkan tanpa kehadiran Bupati Pakpak Bharat atau Wakil Bupati. Hal tersebut membuat sidang terpaksa diundur hingga waktu yang belum di tentukan, serta menunggu dijadwalkan kembali oleh Bamus.

Ajak Anak Muda Lebih Inovatif, Apeksi Gelar Diskusi Youth City Changer di Padang

Ajak Anak Muda Lebih Inovatif, Apeksi Gelar Diskusi Youth City Changer di Padang

Nusantara • 3 days ago

Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) ke-15 tahun 2022, yang berlangsung di Kota Padang, melakukan diskusi Youth City Changer. Diskusi ini untuk memberi motivasi bagi generasi muda agar menjadi pemuda yang inovatif dan juga sebagai wadah penguatan sinergi para pemimpin kota di masa depan.
  
Diskusi yang mengangkat tema Kolaborasi Komunitas Muda Kota menghadirkan tiga pembicara yakni Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan dan Rektor Insitut Pertanian Bogor, Arif Satria. Sebagai moderator dalam diskusi ini adalah Ketua Apeksi yang juga Wali Kota Bogor, Bima Arya.

Ridwan Kamil menyebut bahwa pemerintah harus memberi ruang bagi kawula muda untuk berkreasi dan berinovasi, sehingga diharapkan bisa mendorong kemajuan kota atau daerah. Sementara menurut Zulkifli Hasan, saat ini anak muda harus inovatif dan berkreasi, untuk bisa memanfaatkan peluang dan fasilitas yang ada, bahkan hingga ke mancanegara.

Duta Besar Vatikan Lantik Mgr Petrus Canisius Mandagi Sebagai Uskup Agung Merauke

Duta Besar Vatikan Lantik Mgr Petrus Canisius Mandagi Sebagai Uskup Agung Merauke

Nusantara • 3 days ago

Duta Besar Vatikan untuk Indonesia Mgr Piero Pioppo resmi melantik Mgr Petrus Canisius Mandagi, sebagai Uskup Agung Merauke, dalam misa Prossesia Canonica di Gereja Katedral Merauke. Diresmikannya Mgr Petrus Mandadi ditandai dengan pengenaan Pallium yang disaksikan oleh Kardinal Indonesia, yakni Mgr Ignasuus Suharyo serta 16 uskup yang tergabung dalam wilayah Konferensi Waligereja Indonesia (KWI).

Penyerahan Pallium sebagai tanda diresmikannya uskup agung Merauke. Ketua panitia Missa Prossesia Canonica, keuskupan Agung Merauke, Pastor John Kandam, menyebut penyerahan Palium menyimbolkan bahwa uskup telah diresmikan.

Pihaknya menambahkan Palium yang diserahkan Paus kepada para uskup Agung Metropolitan merupakan busana gerejawi yang istimewa. Selain itu, dengan berdirinya keuskupan agung di Papua Selatan merupakan gerbang hati Kudus Yesus yang mendamaikan.

Peringati HUT ke-77 RI, 17 Penyelam Gelar Upacara Bendera Bawah Laut di Pulau Maratua

Peringati HUT ke-77 RI, 17 Penyelam Gelar Upacara Bendera Bawah Laut di Pulau Maratua

Nusantara • 3 days ago

Memperingati hari kemerdekan Republik Indonesia, 17 penyelam melakukan upacara pengibaran bendera merah putih di bawah laut Pulau Maratua, Kabupaten Berau. Prosesi upacara dilakukan seperti upacara bendera pada umumnya, dengan pemimpin upacara pengibar bendera dan peserta upacara.

Upacara bendera di bawah laut ini dilakukan oleh penyelam dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Berau. Bersama para Guide Dive di kedalaman sekitar lima hingga tujuh meter, di lokasi yang tidak ada terumbu karangnya.

Selain untuk mempromosikan keindahan bawah laut di Pulau Maratua, upacara ini sekaligus untuk mendeklarasikan keberhasilan pembangunan jalan yang menghubungkan empat perkampungan di Maratua. Yakni kampung Teluk Harapan, Bohe Bukut, Bohe Silian dan Payung-payung. Keberhasilan pengaspalan jalan, memberikan kemerdekaan tersendiri bagi masyarakat yang kini bisa menikmati kemudahan bermobilisasi.

Usai upacara para peserta melakukan selebrasi bersama Penyu Hijau dan kerumunan ikan Baracuda yang menjadi spot diving unggulan di Pulau Maratua.

Dorong Pemberdayaan Ekonomi dan UMKM di Pesantren, Ma’ruf Amin Luncurkan One Pesantren One Product di Kalsel

Dorong Pemberdayaan Ekonomi dan UMKM di Pesantren, Ma’ruf Amin Luncurkan One Pesantren One Product di Kalsel

Nusantara • 3 days ago

Wakil Presiden Ma’ruf Amin meluncurkan program One Pesantren One Product (OPOP) di Lapangan Dokter Murjani, Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Acara launching program OPOP diawali dengan pemukulan rebana oleh Ma’ruf Amin bersama Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor dan Ketua Ikatan Pesantren Indonesia wilayah Kalimantan Selatan KH. Muhammad Mukri Yunus. 

Menurut Wapres, program OPOP mendorong adanya pemberdayaan ekonomi dan UMKM berbasis pesantren, demi pemerataan kesejahteraan rakyat Indonesia. Selain mencetak ulama dan tokoh intelektual, pesantren ini juga bisa menjadi pusat pemberdayaan ekonomi masyarakat.

Raih Medali Emas di APG 2022, Supriatna Gumilar Disambut Gembira Warga Ciamis

Raih Medali Emas di APG 2022, Supriatna Gumilar Disambut Gembira Warga Ciamis

Nusantara • 3 days ago

Warga Ciamis  menyambut gembira kedatangan atlet disabilitas Supriatna Gumilar. Supriatna merupakan atlet Indonesia yang meraih medali emas pada kejuaraan ASEAN Para Games, di Solo, Jawa Tengah. Kedatangan atlet kebanggaan warga Ciamis, Supriatna Gumilar, atau yang lebih dikenal dengan sebutan Cuking disambut meriah oleh warga. Hal ini karena Cuking sudah mengharumkan nama Kabupaten Ciamis dan Indonesia di ajang olahraga Asia Tenggara.

Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya, ikut serta menyambut Cuking, ia mengatakan bahwa prestasi yang telah diraihnya adalah prestasi yang luar biasa dan diharapkan dapat dipertahankan untuk gelaran selanjutnya.

Airlangga Hartarto Terima 143 Unit Mobil Listrik dari Toyota untuk Dukung Presidensi G20 di Bali

Airlangga Hartarto Terima 143 Unit Mobil Listrik dari Toyota untuk Dukung Presidensi G20 di Bali

Nusantara • 3 days ago

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto memastikan, kendaraan yang akan digunakan delegasi pimpinan dan tamu negara saat Konferensi Tingkat Tinggi G20 di Bali telah tersedia lengkap.

Hal tersebut karena adanya pinjaman mobil listrik dari toyota sebanyak 143 unit, yang diserahkan langsung secara simbolis oleh perwakilan pihak Toyota Astra Motor kepada Airlangga Hartarto.

Dalam kesempatan tersebut airlangga hartarto sempat mencoba mengendarai mobil listrik berjenis Lexus U-X 300-E bersama Menteri Perindustrian Agus Gumiwang. Airlangga mengatakan laju mobil listrik ini sangat halus, sehingga cocok digunakan untuk delegasi KTT G20 di Bali pada 15 dan 16 November 2022.

Kendaraan yang akan digunakan delegasi KTT G20 secara keseluruhan bertenaga listrik, mulai dari mobil jenis Wuling sebanyak 300 unit, mobil Toyota jenis Lexus sebanyak 143 unit, dan mobil Bus listrik yang jumlahnya belum diketahui.

Sambut HUT ke-77 RI, Pemkab Batu Bara Gelar Perlombaan Olahraga Tradisional

Sambut HUT ke-77 RI, Pemkab Batu Bara Gelar Perlombaan Olahraga Tradisional

Nusantara • 5 days ago HUT RI

Dalam rangka menyemarakkan HUT ke-77 Republik Indonesia, Pemerintah Kabupaten Batu Bara menggelar berbagai perlombaan olahraga rekreasi dan tradisional.

Seremoni pembukaan perlombaan olahraga rekreasi dan tradisional digelar di Lapangan Indrasakti, Air Putih, Batu Bara dan dihadiri oleh Bupati Batu Bara Zahir dan Ketua Penggerak PKK Batu Bara Maya Indriasari Zahir. Acara perlombaan yang digelar hingga Selasa (16/8/2022) ini diikuti oleh 2.287 peserta dari 141 desa dan kelurahan. 

Adapun olahraga yang dilombakan antara lain, sepak bola pasir, dayung sampan, selam, tarik tambang sampan, mengupas kepah, bola sakti, dan game online.

Semangat Nenek Murni Jahit Bendera Merah Putih

Semangat Nenek Murni Jahit Bendera Merah Putih

Nusantara • 6 days ago Kisah Inspiratif

Sudah 20 tahun seorang Lansia bernama Murni (65) membuat pernak-pernik HUT Kemerdekaan RI. Meski usianya tidak muda lagi, Nenek Murni mampu memproduksi 40 bendera merah putih dan 10 bendera hias di rumahnya di Jalan HOS Cokroaminoto, Sinjai Utara, Sulawesi Selatan.

Menjelang HUT RI, permintaan bendera dan pernak pernik meningkat. Nenek Murni harus bekerja ekstra untuk memnuhi pesanan pembeli. Harga per bendera dibanderol mulai Rp15-40 ribu perlembar untuk ukuran satu Meter. Menjelang HUT RI, Nenek Murni bisa meraih omzet Rp400 ribu per hari. 

Jangkau Daerah Terpencil, BIN Dirikan Gerai Vaksinasi Terapung

Jangkau Daerah Terpencil, BIN Dirikan Gerai Vaksinasi Terapung

Nusantara • 6 days ago

BIN Daerah Riau, berkoordinasi dengan BIN Kabupaten Rokan Hilir melaksanakan vaksinasi covid-19 bagi warga di Kepenghuluan Panipahan, Rokan Hilir pada Kamis (4/8/2022).

Kepenghuluan Panipahan, merupakan daerah 3T (Terpencil, Terisolir dan Terluar) dan berbatasan dengan Malaysia.

Kegiatan vaksinasi covid-19 di Kepenghuluan Panipahan dilakukan dengan berbagai cara, di antaranya mendirikan Pos Vaksinasi di Pelabuhan, secara door to door, hingga gerai vaksinasi terapung.

Mendag Zulhas Sidak Harga Sembako di Pasar Raya Padang

Mendag Zulhas Sidak Harga Sembako di Pasar Raya Padang

Nusantara • 6 days ago

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan didampingi Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi dan Wali Kota Padang Hendri Septa mengecek harga sembako di Pasar Raya Padang, Sumatera Barat, pada Senin (8/8/2022). 

Zulkifli Hasan menyambangi beberapa lapak untuk berdialog dengan para pedagang dan warga. Berdasarkan hasil pantauan, harga kebutuhan pokok cenderung turun dan relatif stabil.

Sengketa Lahan, Sekolah di Padalarang Disegel Ahli Waris

Sengketa Lahan, Sekolah di Padalarang Disegel Ahli Waris

Nusantara • 6 days ago

Ratusan Siswa SD Negeri Bunisari, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, terlantar dan tak bisa mengikuti kegiatan belajar mengajar lantaran bangunan sekolah disegel dan ditutup oleh ahli waris yang klaim kepemilikan lahan.
 
Hal tersebut dilakukan oleh ahli waris bernama Nana Rumantana akibat sengketa lahan bangunan seluas 700 meter Persegi yang dibangun menjadi sembilan ruang kelas. 

Hingga kini, pihak sekolah dan aparat kewilayahan masih melakukan mediasi dengan ahli waris, namun belum membuahkan hasil. Akibat peristiwa tersebut, ratusan siswa terpaksa dipulangkan.

Sambut HUT RI, Ribuan Warga Pangandaran Gelar Pawai Obor

Sambut HUT RI, Ribuan Warga Pangandaran Gelar Pawai Obor

Nusantara • 8 days ago nusantara

Menjelang hari ulang tahun kemerdekaan RI ke 77, dan memperingati tahun baru islam, ribuan warga Pangandaran menggelar pawai obor dan parade bedug. Dengan pawai ini diharapkan dapat menumbuhkan semangat kemerdekaan dan mempererat tali silaturahmi antar warga di Pangandaran.

Sekitar tujuh ribu orang ikut dalam kegiatan pawai obor dan parade bedug. Mereka berasal dari beberapa dusun di Desa Sindangjaya. Kegiatan akbar ini sempat ditiadakan akibat pandemi covid-19 dan saat ini baru bisa melaksanakan gebyar pawai obor dan tabuh bedug.

Asep Roni menambahkan bahwa  kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan semangat kemerdekaan dan mempererat tali silaturahmi antar warga di Pangandaran.

Memacu Sepeda Downhill di Taman Nasional Kerinci Seblat

Memacu Sepeda Downhill di Taman Nasional Kerinci Seblat

Nusantara • 8 days ago nusantara

Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) wilayah Lima di Bukit Sulap di Lubuklinggau, Sumatera Selatan, memiliki jalur sepeda gunung yang menantang. Setiap tahun jalur tersebut menjadi sirkuit kejuaraan nasional downhill. 

Ada dua jalur downhill yang tersedia, yaitu berjarak 600 meter dan 1600 meter. Dua jalur menurun terjal itu didominasi bebatuan cadas dan tikungan tajam yang memacu adrenalin para pegiat sepeda gunung.

Jalur sepeda gunung ini adalah jalur pendakian menuju puncak Bukit Sulap. Adanya kejuaraan yang digelar di lokasi ini, diharapkan bisa lebih mempopulerkan pariwisata di Taman Nasional Kerinci Seblat. 

Arham Basmin Resmi Dilantik Jadi Ketua DPD Nasdem Luwu

Arham Basmin Resmi Dilantik Jadi Ketua DPD Nasdem Luwu

Nusantara • 8 days ago Olahraga

Ketua DPW Partai NasDem Sulawesi Selatan, Rusdi Masse melantik Arham Basmin, sebagai Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Luwu periode 2022-2024. Acara pelantikan ini juga dihadiri oleh ribuan kader dan simpatisan Partai NasDem Kabupaten Luwu.

Acara pelantikan diawali dengan pembacaan SK penetapan ketua dan pengurus DPD Partai NasDem Kabupaten Luwu oleh Sekretaris DPW NasDem Sulsel, Syaharuddin Alrif. Prosesi pelantikan kemudian dilanjutkan dengan penyerahan bendera pataka Nasdem oleh ketua DPW NasDem Sulsel, Rusdi Masse, kepada ketua DPD NasDem Luwu, Arham Basmin.

Dalam acara pelantikan ini, Ketua DPW Partai Nasdem Sulawesi Selatan, yang juga Anggota DPR RI Fraksi Nasdem, Rusdi Masse, mengatakan dengan tagline politik kemanusiaan, Partai NasDem harus hadir di tengah-tengah masyarakat yang membutuhkan. Tidak hanya mencari dukungan, tetapi berusaha agar partai NasDem selalu ada di hati masyarakat.

Sementara, Ketua DPD Partai Nasdem Luwu, Arham Basmin, mengatakan DPD Partai NasDem Luwu sudah melaksanakan konsolidasi dan merampungkan semua kepengurusan DPD Partai NasDem Luwu.

Acara pelantikan yang dirangkaikan dengan Rakerda DPD Partai Nasdem Kabupaten Luwu ini juga dihadiri oleh Bupati Luwu Basmin Mattayang, mantan Bupati Luwu Andi Mudzakkar dan para tokoh masyarakat, serta sejumlah pengurus partai politik lainnya.

Aksi Terjun Payung TNI-Indopacom di Latma Super Garuda Shield 2022

Aksi Terjun Payung TNI-Indopacom di Latma Super Garuda Shield 2022

Nusantara • 10 days ago

TNI dan Komando Indo Pasifik AS atau Indopacom, menggelar latihan terjun payung bersama dalam Super Garuda Shield di Baturaja, Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan.
 
Aksi penerjun payung disaksikan langsung Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, Komandan Jenderal Angkatan Darat AS untuk Pasifik Jenderal Charles Flynn, dan sejumlah petinggi lain dari berbagai negara.
 
Latihan bersama terjun payung dibagi menjadi tiga sesi dilanjutkan dengan penyematan penghargaan terhadap penerjun. Super Garuda Shield 2022 melibatkan 4.337 personel tentara dari 14 negara sahabat di Kawasan Indo Pasifik.

20 Seniman Muda Belajar Situs Prasejarah Peradaban di Leang-leang Maros

20 Seniman Muda Belajar Situs Prasejarah Peradaban di Leang-leang Maros

Nusantara • 10 days ago nusantara

Sekitar 20 seniman muda dari berbagai daerah di Indonesia berkumpul dalam pertemuan Seni Permormance di Taman Arkeologi Leang-Leang di Kecamatan Bantimurung, Maros, Sulawesi Selatan. 

Kegiatan ini diikuti bermacam latar belakang seniman dalam rangkaian Festival Mega Event Indonesia Bertutur 2022 yang merupakan bagian dari pertemuan Menteri-Menteri Kebudayaan G20 yang akan dilaksanakan di Kawasan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Gelaran ini merupakan bagian dari pra event yang dilaksanakan oleh Direktorat Perfilman, Musik dan Media Dirjen Kebudayaan Kemendikbud RI. 

Direktur Artistik Indonesia Bertutur 2022, Melati Suryodarmo mengatakan kegiatan ini merupakan ajang silaturhami, apresiasi, kolanorasi, dan jejaring seni performance, sekaligus memeperkenalkan dan menambah gaung Indonesia bertutut 2022 di Daerah Cagar Budaya di Indonesia.

Pihaknya menambahkan selama berada di Taman Arkeolog para seniman ini diberikan penjelasan mengenai lukisan dinding dan diajak menyusuri penemuan lukisan dinding gua berupa cap tangan di Gua Pettae.

500 Angkutan di Papua Barat Sudah Mendaftar MyPertamina

500 Angkutan di Papua Barat Sudah Mendaftar MyPertamina

Nusantara • 10 days ago nusantara

Puluhan sopir antar Kabupaten di Sorong Raya mulai mendaftarkan diri sebagai penerima BBM subsidi agar tidak mengantri di SPBU. Sepekan ke depan mereka  akan menerima balasan berupa barcode yang dapat di gunakan ketika akan membeli BBM Pertalite dan Solar.

Toni Mataheru, salah satu sopir angkutan antar kabupaten di Sorong Raya, mengaku sangat mendukung program pendataan pengguna BBM bersubsidi. Menurut Sales Brand Manager Pertamina Rayon I Papua Barat, I Made Sanjaya, sejak pendaftaran MyPertamina dibuka sudah 500 angkutan yang mendaftar.

"Pendaftaran akan terus dibuka hingga program BBM subsidi tepat sasaran berjalan dan seluruh yang berhak dapat terdata," ujar Made.

Evakuasi Remaja di Ternate yang Tewas Diterkam Buaya Berlangsung Dramatis

Evakuasi Remaja di Ternate yang Tewas Diterkam Buaya Berlangsung Dramatis

Nusantara • 10 days ago nusantara

Tim SAR gabungan berhasil mengevakuasi jasad korban yang diterkam buaya di Danau Tolire, Ternate. Evakuasi korban berjalan dramatis karena korban dikelilingi tiga ekor buaya saat hendak dievakuasi dan dengan medan bertebing menyulitkan jalannya evakuasi. Evakuasi korban  berlangsung lebih dari satu jam. 

Kepala Basarnas Ternate, Fathur Rahman menjelaskan setelah di evakuasi tubuh korban tak lagi utuh karena diduga dimangsa oleh buaya.

Sandiaga Uno Ajak UMKM di Kalbar untuk Melek Digital

Sandiaga Uno Ajak UMKM di Kalbar untuk Melek Digital

Nusantara • 10 days ago nusantara

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno, mengunjungi stan pameran UMKM di salah satu mall di Kawasan Sungai Raya di Kabupaten Kubu Raya.

Sandiaga Uno, didampingi Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji, bersama Sekda Harizon dan kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kalimantan Barat Windi Perihastari, melihat hasil kerajinan dari 27 finalis Apresiasi Kreasi Indonesia 2022.

Dalam kunjungannya ini, Menparekraf mengajak para pelaku ekonomi kreatif dan UMKM memiliki semangat pantang mundur serta menjadi pejuang yang tidak mudah menyerah.

Program Apresiasi Kreasi Indonesia dimulai pada 2021 atas inisiatif Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Program ini sebagai upaya akselerasi pemulihan ekonomi kreatif setelah dua tahun dihantam pandemi covid-19.

Miris! Siswa SD di Subang Belajar di Lantai Tanpa Kursi & Meja

Miris! Siswa SD di Subang Belajar di Lantai Tanpa Kursi & Meja

Nusantara • 10 days ago pendidikan

Ironis, sejak satu tahun terakhir siswa SDN di Kabupaten Subang harus belajar di lantai. Meski sudah mengajukan permintaan meja dan kursi namun, pihak dinas pendidikan setempat  belum merealisasikan.

Dengan kondisi ini tidak sedikit siswa yang mengeluh  atas tidak nyamannya belajar di sekolah tanpa menggunakan meja dan kursi. Para siswa mengaku, mereka sudah merasakan belajar di lantai sejak satu tahun terakhir.

Menurut pihak sekolah mereka sudah meminta bantuan pembuatan meja dan kursi belajar untuk tiga ruang kelas kepada dinas pendidikan Kabupaten Subang sejak tahun 2018. Namun, hingga kini belum ada kejelasan atas pengajuan bantuan itu.

Sementara itu terkait kondisi sekolah dasar negeri ini Dinas Pendidikan Kabupaten Subang mengklaim bahwa kondisi tersebut terjadi karena terkendala sistem data pokok pendidikan.

BKSDA Sumsel Melepasliarkan 400 Tukik Penyu Hijau Hasil Sitaan

BKSDA Sumsel Melepasliarkan 400 Tukik Penyu Hijau Hasil Sitaan

Nusantara • 10 days ago nusantara

Direktorat Kepolisian Perairan Polda Kepulauan Bangka Belitung bersama Balai Konservasi Sumber Daya Alam Sumatera Selatan melepasliarkan 400 ekor tukik jenis penyu hijau di Pulau Ketawai, Bangka Tengah.

Tukik-tukik ini merupakan hasil sitaan dari kasus penyelundupan sebanyak 2.287 tukik.  Setelah itu tukik ditetaskan oleh pihak BKSDA kemudian dilepasliarkan. 

Tukik merupakan hewan langka dilindungi. Untuk itu, polisi mengimbau nelayan yang menemukan praktik penyelundupan tukik atau hewan langka lainnya agar segera melapor.

Wisata Memandikan Gajah di Hutan Tangkahan Langkat Sumut

Wisata Memandikan Gajah di Hutan Tangkahan Langkat Sumut

Nusantara • 11 days ago

Berwisata memandikan gajah menjadi daya tarik wisatawan saat menikmati pesona keindahan Ekowisata Tangkahan yang berada di Taman Nasional Gunung Leuser, Kabupaten Langkat, Sumatera utara.

Suasana Hutan Leuser dengan pemandangan alam yang dipenuhi pepohonan rimbun yang berada di Desa Tangkahan menjadi area perlintasan para gajah jika mencari makan dan bermain di aliran sungai. Hal ini membuat wisatawan tak mau melewatkan momentum untuk mengabadikan keunikan tingkah laku gajah.

Kegiatan unik ini tidak hanya untuk mengisi liburan saja namun juga sebagai kegiatan edukasi dalam penyelamatan populasi gajah dengan cara pendekatan. hal ini sebagai upaya menjaga pelestarian kekayaan anekaragam konservasi dan hayati endemik di Taman Nasional Gunung Leuser. Menurut pengelolah ekowisata pemandian gajah Ika Sitepu kampanye penyelamatan konservasi dan ekosistem pada lingkungan hidup diharapkan sampai ke semua orang  agar dapat hentikan pemburuan pada gajah.

Sementara itu Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Utara terus mendorong pengelolah untuk mengembangkan objek wisata tersebut. Pihaknya pun kini telah melakukan berbagai program agar wisatawan lokal dan mancanegara terus berdatangan sehingga perekonomian masyarakat desa setempat dapat terbantu. 

Kasus DBD Naik, Dinkes Sulbar Gencarkan Fogging di Pemukiman Warga

Kasus DBD Naik, Dinkes Sulbar Gencarkan Fogging di Pemukiman Warga

Nusantara • 11 days ago

Setelah ditemukan 70 kasus DBD di 4 kecamatan, Dinas Kesehatan Mamuju, Sulawesi Barat, gencarkan Fogging untuk mencegah penularan DBD semakin meluas.

Fogging dilakukan di kompleks perumahan warga Manakarra dan Binanga, Kecamatan Mamuju. Lorong-lorong perumahan dan drainase menjadi  sasaran fogging.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Mamuju Alamsyah Tamrin mengatakan, fogging digencarkan setelah kasus DBD meningkat di wilayah ini. Selama Januari hingga Juli 2022 ditemukan 70 kasus DBD di Mamuju. Jumlah ini meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya 64 kasus selama 2021.

 Dinas Kesehatan Mamuju berharap peran aktif pemerintah untuk mencegah DBD. Hal ini bisa dilakukan dengan meningkatkan pola hidup bersih dan sehat serta membersihkan lingkungan sekitar.

Pemuda di Nagekeo Belajar Promosikan Budaya Adat Secara Virtual

Pemuda di Nagekeo Belajar Promosikan Budaya Adat Secara Virtual

Nusantara • 11 days ago budaya

Sekelompok pemuda di Nakegeo, Nusa Tenggara Timur, belajar memperkenalkan kampung adat mereka secara virtual. langkah ini diharapkan bisa menjadi ajang promosi dan literasi untuk melestarikan kebudayaan di Nagekeo.

salah satu kampung adat yang diperkenalkan adalah Kampung Boamara. Anak muda tersebut didampingi fasilitator dari Dinas pariwisata Nagekeo. Mereka mengumpulkan dokumentas dan informasi tentang rumah adat, tenun, menganyam hingga sejarah kampung tersebut.

Para peserta maupun warga kampung adat nampak antusias dengan kegiatan ini. Mereka berharap kegiatan ini bisa membuat Kampung Adat Nagekeo dikenal lebih luas dan mendatangkan wisatawan. Selain Kampung Boamara para peserta juga mengunjungi Kampung Nunungongo. Hasil dari kunjungan ini akan ditampilkan dalam Festival Virtual Tour mendatang.

Latihan Super Garuda Shield 2022 Dilaksanakan di  4 Titik

Latihan Super Garuda Shield 2022 Dilaksanakan di 4 Titik

Nusantara • 11 days ago

Kodam VI Mulawarman kembali mendapatkan kehormatan dan kepercayaan dari Mabes TNI menjadi tuan rumah kedua kalinya. Sekaligus mengirimkan perwakilan prajuritnya yang diwakili Yonif 623 Bakti Wira Utama, untuk mengikuti Latihan Bersama (Latma) dengan US Army yang diberi nama Latihan Bersama Super Garuda Shield tahun 2022.

Upacara pembukaan Latma Super Garuda Shield 2022 dilaksanakan di Markas Yonif Raider 600 Modang. Pada 2022, Latma Garuda Shield diubah menjadi Latgabma Super Garuda Shield dikarenakan melibatkan 3 matra yaitu TNI AD, TNI AL dan TNI AU serta melibatkan 13 negara peserta. Ini merupakan Latma ke-16 dimana latihan kali ini berbeda dari tahun sebelumnya.

Pada 2022 Kasdam VI Mulawarman Brigjen TNI Ibnu Bintang Setiawan mengatakan, Latma Super Garuda Shield dilaksanakan di 4 titik latihan yakni Latpur Amborawang Kaltim, Puslatpur Kodiklad Baturaja, Sumsel, Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang dan Dabo Singkep Kepulauan Riau.

Sementara itu komponen latihan meliputi keselurhan Latma meliputi latihan lapangan infanteri, keterlibatan medis, latihan gabungan penembakan dengan peluru tajam, penangkal bahan peledak improvisasi, bahan peledak, penerbangan dan pertukaran ahli materi pokok, serta latihan gabungan matra yaitu: latihan operasi amfibi , latihan cooperative deployment, himars rapid infiltration, caesar rapid, austere airfield ops dan operasi lintas udara.

Sambal Gami, Kuliner Khas Bontang Disajikan di Cobek Panas

Sambal Gami, Kuliner Khas Bontang Disajikan di Cobek Panas

Nusantara • 11 days ago wisata

Berbicara tentang kuliner seakan tidak pernah habisnya. Setiap daerah di Indonesia memiliki ragam kuliner yang rasanya sangat nikmati. Salah satunya sambal gami, masakan khas dari Kota Bontang Kalimantan Timur.

Penyajian sambal gami cukup unik. Sambal diolah di atas api langsung dengan cobek, yang terbuat dari tanah liat. Sehingga menimbulkan aroma yang menggugah selera bagi para pengunjungnya. Sambal gami disajikan dengan toping ayam, nila, bebek, udang dan toping lainnya.

Maulia Yuriana salah satu pengunjung mengatakan dengan harga kisaran Rp30 ribu ini sepadan dengan rasa dan besarnya ayam yang disajikan. Sementara itu pemilik warung Rozak Raska mengatakan, ia dapat meraup keuntungan puluhan juta rupiah.

Bagaimana? anda tertarik, anda dapat merasakan kuliner sambal gami di Jalan Yetro Singseng Komplek Pasar Besar Kota Muara Teweh Kabupaten Barito Utara.

Menparekraf Kunjungi Desa Wisata di Rejang Lebong

Menparekraf Kunjungi Desa Wisata di Rejang Lebong

Nusantara • 11 days ago pariwisata

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, mengunjungi Desa wisata ke 24 yaitu Desa Blitar, Sindang Selingi, Kabupaten Rejang Lebong pada Selasa (2/8/2022). 

Desa Blitar terpilih sebagai satu-satunya desa yang mewakili Provinsi Bengkulu dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022. Desa ini memiliki tempat wisata unggulan yakni Air Terjun Trisakti.

Dalam kunjungannnya, Sandiaga Uno disambut kesenian tradisional kuda kepang dan melihat langsung Air Terjun Tri Saksi dengan ketingiian 85 meter. 

Sandiaga  juga menandatangani prasasi dan menyampaikan bantuan yang akan diberikan untuk pengembangan Desa Wisata tersebut.  Di antaranya pelatihan kepariwisataan, dan pendampingan agar tempat wisata tersebut bisa dikenal lebih luas. 

JA Beauty Fest Digelar di Cambridge City Square Medan

JA Beauty Fest Digelar di Cambridge City Square Medan

Nusantara • 15 days ago festival

Gelaran bertajuk JA Beauty Fest, Beauty in Confidence jadi festival kecantikan pertama yang diselenggarakan di Atrium Cambridge City Square, Kota Medan, Sumatera Utara. Rangkaian gelaran ini tidak hanya sekedar festival namun diisi dengan edukasi dan pengecekan seputar kecantikan serta kesehatan hingga bazar beragam produk terbaik JA Medical Skincare. 

Menurut perwakilan dari JA Medical Skincare, dr. Jessica Angelina, JA Beauty Fest dihadirkan agar para wanita memahami arti cantik yang sesungguhnya dengan memiliki kepercayaan diri yang tinggi. Gelaran JA Medical Skincare juga memperkenalkan treatment terbaru yakni Emsella Kegel Chair Treatment.

President Director BTL Aesthetic Asia Pasific Jan Valacai menjelaskan bahwa Emsella Kegel Chair Treatment adalah kursi ajaib bagi wanita dan pria yang bermanfaat untuk merawat dan memperkuat otot kelamin.

JA Medical Skincare mengaharapkan gelaran ini menjadi pelopor dalam mengkampanyekan merawat kecantikan dalam kepercayaan diri bagi wanita tidak hanya cantik namun juga sehat. Para wanita yang datang dimanjakan dengan beragam promo, hadiah perawatan dan produk menarik maupun mencoba treatment Emsella. 

Imigrasi Makassar & Pemkab Bantaeng Hadirkan Layanan Paspor di Mal Pelayanan Publik

Imigrasi Makassar & Pemkab Bantaeng Hadirkan Layanan Paspor di Mal Pelayanan Publik

Nusantara • 15 days ago

Salah satu upaya persyaratan jika ingin ke luar negeri ialah memiliki dokumen perjalanan berupa paspor. Untuk mendukung pelayanan permohonan paspor bagi masyarakat, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Makassar bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Bantaeng menghadirkan pelayan permohonan paspor di Mal Pelayanan Publik (MPP) di Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan.

Kerja sama tersebut dimulai dengan penandatangan Nota Kesepakatan oleh Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Makassar Agus Winarto dengan Bupati Bantaeng Ilham Syah Azikin dengan disaksikan oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Liberti Sitinjak.

Kepala Kanwil Kemenkumham Sulawesi Selatan Liberti Sitinjak mengatakan pembukaan kemitraan keimigrasian ini sebagai perpanjangan tangan Kementerian Hukum dan HAM untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. Di sisi lain, Bupati Bantaeng Ilham Syah Azikin menambahkan bahwa pembukaan pelayanan keimigrasian di Mal Pelayanan Publik juga dapat membuka pendapatan daerah karena bukan hanya masyarakat Bantaeng saja yang datang untuk mengurus paspor tetapi juga kabupaten di sekitarnya.

Setelah proses penandatangan, acara dilanjutkan dengan sosialisasi aplikasi M-Paspor dan pencegahan PMI Non Prosedural yang menghadirkan Kepala Balai Perlindungan Pekerja Migran Indonesia Sulawesi Selatan Agus Bustami sebagai narasumber. 

Palangkaraya Jadi Tuan Rumah UCI MTB Eliminator World Cup 2022

Palangkaraya Jadi Tuan Rumah UCI MTB Eliminator World Cup 2022

Nusantara • 18 days ago olahraga

Kalimantan Tengah akan menjadi tuan rumah event olahraga internasional UCI MTB Eliminator World Cup 2022 di Kota Palangkaraya. Persiapan sarana dan prasarana terus dikebut oleh panitia. Gelaran olahraga sepeda internasional ini akan dilaksanakan akhir Agustus di KM 5 Jalan Cilik Riwut, Kota Palangkaraya. Para atlet dari 32 negara akan berlaga di sirkuit yang kini dalam tahap penyelesaian. 

Event internasional yang digelar di Kalimantan Tengah ini merupakan seri ke-8 dari 11 seri yang diperlombakan pada ajang tersebut. 

Lapisan Pasir di Pelabuhan Bengkulu Terkikis Akibat Gelombang Pasang

Lapisan Pasir di Pelabuhan Bengkulu Terkikis Akibat Gelombang Pasang

Nusantara • 18 days ago

Pelabuhan Bengkulu yang jebol karena dihantam gelombang tinggi kondisinya semakin memprihatinkan. Selain merobohkan pohon dan tiang listrik, gelombang pasang mengakibatkan terkikisnya lapisan pasir yang menutupi pipa tanam milik Pertamina. 

Pohon pinus dan hutan mangrove yang menjadi penyangga kolam pelabuhan di Kawasan Pelabuhan Pelindo II Bengkulu roboh pasca dihantam gelombang tinggi. Pipa listrik yang selama ini menyuplai api ke dermaga milik Pertamina Bengkulu juga roboh dan putus. Bahkan pipa tanam milik Pertamina terllihat naik ke permukaan yang sebelumnya tertanam di bawah permukaan pasir pantai. 

Jalur darat yang selama ini biasa digunakan petugas menuju dermaga kapal Pertamina tidak bisa lagi dilalui karena daratan telah jebol oleh air laut sepanjang puluhan meter. 

391 Haji Kloter 1 Asal Aceh Tiba di Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda

391 Haji Kloter 1 Asal Aceh Tiba di Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda

Nusantara • 18 days ago

Sebanyak 391 haji kloter 1 asal Aceh telah tiba di Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda Blang Bintang, Aceh Besar. Selanjutnya, para jemaah haji diberangkatkan ke asrama haji untuk menjalai tes PCR, pemeriksaan kesehatan, pengembalian paspor, pengembalian koper serta air zamzam sebelum kembali ke daerahnya masing-masing. 

Awalnya jemaah haji kloter 1 sebanyak 393 orang namun dua orang jemaah haji yang berasal dari Kabupaten Pidie Jaya meninggal dunia saat berada di Tanah Suci. Kedua jemaah yang meninggal adalah Muslim (51) yang meninggal dunia di dalam pesawat 15 menit sebelum landing di Bandara Amir Mahmud bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah dan Abdul Manaf (55) yang meninggal dunia di Rumah Sakit An Nur, Makkah.

Sebanyak 391 haji kloter 1 asal Aceh ini berasal dari lima daerah yaitu dari Kota Banda Aceh sebanyak 187 haji, Aceh Besar sebanyak 70 haji, Aceh Utara sebanyak 57 haji, Sabang sebanyak 19 haji, dan Pidie Jaya 52 haji serta 4 Petugas Kloter dan 2 Petugas Haji Daerah.

Wali Kota Padang Sidempuan Sambut 193 Haji

Wali Kota Padang Sidempuan Sambut 193 Haji

Nusantara • 19 days ago

Sebanyak 193 haji asal Padang Sidempuan sudah tiba di kampung halaman. Kedatangannya disambut oleh Wali Kota Padang Sidempuan, Irsan Efendi Nasution. Suasana haru mewarnai penjemputan yang berlangsung di halaman Kantor Wali Kota Padang Sidempuan. 

Musim Panen Durian di Lubuk Linggau Beri Keuntungan Petani

Musim Panen Durian di Lubuk Linggau Beri Keuntungan Petani

Nusantara • 19 days ago

Musim durian menjadi masa yang dinanti-nantikan warga Lubuk Linggau, Sumatera Selatan. Ribuan durian yang terjual setiap harinya memberi keuntungan cukup besar bagi para petani dan pedagangnya. 

Sejak pagi hingga sore hari nampak petani hilir mudik membawa hasil panen buah durian yang telah masak dan jatuh dari pohon. Salah seorang pengepul buah durian, Santi mengatakan memborong durian dari petani seharga Rp9 ribu/butir untuk dipasarkannya ke Jawa. 

Peringati HUT ke-77, Kemenhum HAM Gelar Baksos

Peringati HUT ke-77, Kemenhum HAM Gelar Baksos

Nusantara • 19 days ago

Kementerian Hukum dan HAM Kanwil Jawa Barat membantu proses pembuatan dan perbaikan fasilitas MCK di desa-desa terpencil. Salah satunya di Desa Jayagiri, Lembang, Jawa Barat.

"Desa ini terpilih setelah survey di beberapa tempat," ungkap Kadiv Administrasi Kanwil Kemenkumham Jawa Barat, Anggiat Ferdinan.

Bakti sosial ini bagian peringatan Hari Dharma Karya Dhika (HDKD) ke-77 pada Agustus mendatang. Kegiatan serupa dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia. 

Hari Bhakti Adhyaksa ke-62, Cabjari Tarempa Kibarkan Bendera di Laut Anambas

Hari Bhakti Adhyaksa ke-62, Cabjari Tarempa Kibarkan Bendera di Laut Anambas

Nusantara • 19 days ago

Kejaksaan Negeri (Kejari) Natuna cabang Tarempa, punya cara unik memperingati Hari Bakti Adhyaksa ke-62. Mereka melakukan upacara pengibaran bendera Merah Putih dan panji Adhyaksa di dalam Laut Anambas.

Kegiatan pengibaran bendera ini, Kamis (29/7/2022), bekerjasama dengan Napoleon Dive Centre Anambas. Dua bendera dikibarkan di kedalaman lima meter di bawah permukaan laut Tanjung Momong, Kabupaten Kepulauan Anambas.

"Ini merupakan simbolisasi mewujudkan kepastian hukum dalam memerangi ilegal fishing, kejahatan pelayaran dan perompakan di laut perbatasan," jelas Kacab Kejari Natuna di Tarempa, Roy Huffington Harahap. 

Puluhan Offroader Jajal Sirkuit Gambut di Kalteng

Puluhan Offroader Jajal Sirkuit Gambut di Kalteng

Nusantara • 19 days ago

Sebanyak 68 offroader dari sejumlah kabupaten dan kota di Kalimantan Tengah adu tangkas di sirkuit tanah gambut Sport Center Sampit. Ada lima lintasan yang masing-masing menawarkan tantangan tersendiri. 

Lintasannya tidak hanya lumpur, tapi juga rawa-rawa dan tanjakan berdebu yang licin. Tingkat kesulitan yang membutuhkan kemahiran berkendara dan kendaraan yang prima ini membuat banyak peserta penasaran.

 

Damkar Padang Musnahkan Sarang Tawon di Rumah Warga

Damkar Padang Musnahkan Sarang Tawon di Rumah Warga

Nusantara • 19 days ago

Pemadam Kebakaran memusnahkan sarang tawon berukuran  besar di halaman sebuah rumah di Kelurahan Koto Lua, Padang. Mengingat pemusnahan dilakukan dengan cara membakar sarang tawon, sebuah mobil pemadam disiagakan di lokasi untuk mengantisapi api menjalar sehingga menyebabkan kebakaran. 
 
 

Gerakan Nasional 'Bangga Buatan Indonesia' di Banjarmasin Diresmikan

Gerakan Nasional 'Bangga Buatan Indonesia' di Banjarmasin Diresmikan

Nusantara • 19 days ago

Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia diresmikan peluncurannya di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Misi gerakan ini adalah mendorong lebih banyak lagi produk UMKM yang dipasok memenuhi kebutuhan lembaga-lembaga pemerintahan.  

Acara peresmian di Kantor Gubernur Kalsel ini, Kamis (29/7/2022), dihadiri oleh Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, dan Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian. Di dalam sambutannya, Luhut mendorong para pelaku UMKM memanfaatkan e-katalog sebagai sarana memasarkan produknya kepada lingkungan pemerintah. 

Sebaliknya kepada jajaran pemerintah daerah, didorong memanfaatkan e-katalog sebagai sarana menjangkau produk berkualitas UMKM untuk memenuhi belanja rutin mereka. "Selain mencegah korupsi, juga mengefisiensi pengeluaran anggaran daerah," ujar Luhut.
 

Pencetak Uang Palsu di Bengkulu Mengaku Belajar dari Medsos

Pencetak Uang Palsu di Bengkulu Mengaku Belajar dari Medsos

Nusantara • 19 days ago

Tiga tersangka kasus uang palsu senilai Rp36 juta di Bengkulu ternyata bukan hanya pengedar, melainkan pembuat uang palsu. Di lokasi penangkapan ditemukan barang bukti berupa peralatan mencetak dan pemotong kertas. 

Para tersangka yang kini ditahan di Mapolres Kepahiang, Bengkulu, mengaku belajar membuat uang palsu dari media sosial. Atas perbuatannya mereka dijerat dengan UU 7/2001 tengan Mata Uang dengan ancaman hukuman 15 tahun penjara. 

Hutan Jadi Kebun Sawit, Gajah di Aceh Sering Masuki Perkampungan

Hutan Jadi Kebun Sawit, Gajah di Aceh Sering Masuki Perkampungan

Nusantara • 19 days ago

Konflik antara manusia dan gajah sering terjadi di Pidie, Aceh Utara, Bener Meriah dan Aceh Timur. Khusus di Pide, konflik gajah dengan manusia pernah terjadi 65 desa. 

Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BSDA) Aceh, terus berupaya mengurangi risiko terjadinya konflik ini dengan melakukan penggiringan gajah kembali ke dalam hutan. Warga juga terus diingatkan agar tidak membuka lahan pertanian atau mendirikan pemukiman di jalur lintasan gajah. 

"Konflik terjadi karena habitat satwa dilindungi ini diganggu dan dirusak manusia. Kawasan hutan yang sebelumnya menjadi habitat gajah, kini berubah menjadi perkebunan sawit," ujar Kepala Seksi Konservasi Wilayah I BKSDA Aceh, Kamarudzaman.  

Populasi gajah di Aceh yang saat diperkiraan tidak lebih dari 600 ekor, semakin terancam punah. Selain karena konflik dengan manusia, gajah-gajah di hutan juga menjadi sasaran perburuan liar. 
 

Anggota DPR Fraksi Partai NasDem Resmikan Program Electrifying Agriculture di Sumut

Anggota DPR Fraksi Partai NasDem Resmikan Program Electrifying Agriculture di Sumut

Nusantara • 20 days ago

Anggota DPR fraksi Partai NasDem, Martin Manurung meresmikan Electrifying Agriculture di empat desa di Kecamatan Lintong Nihuta, Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara. Peresmian ini dilakukan saat kunjungan kerja waktu reses.

Martin Manurung berharap para petani dapat membantu perekonomian petani di empat desa, yakni Desa Parulohan, Desa Sibuntuon Partur, Desa Sibuntuon Parpea, dan Desa Habeahan yang selama ini tidak teraliri listrik.

Ade Sandrawati Purba Resmi Dilantik Sebagai Ketua DPW Garnita Malahayati Sumut

Ade Sandrawati Purba Resmi Dilantik Sebagai Ketua DPW Garnita Malahayati Sumut

Nusantara • 20 days ago

Ketua Umum Garda Wanita (Garnita) Malahayati Partai NasDem Indira Chunda Thita Syahrul melantik Ade Sandrawati Purba sebagai Ketua DPW Garnita Partai NasDem Sumatera Utara pada Minggu (24/7/2022) sore. DPP Garnita menargetkan pada Pemilu 2024 mendatang, minimal 50% kursi parlemen diisi oleh perempuan. 

Setelah dilantik, Ade Sandrawati Purba diharapkan mampu memberikan kontribusi positif bagi wanita di Sumatera Utara yang nantinya terlibat dalam dunia politik, khususnya persiapan pilkada serentak pada 2024 mendatang. Dalam pelantikan ini, DPP Garnita Malahayati mengusung tema "Menuju Wanita Berdikari dan Kolaboratif Jelang Pemilu Legislatif 2024".  

Tim Garuda Pertiwi Raih Tiket Poin Usai Kalahkan Kamboja

Tim Garuda Pertiwi Raih Tiket Poin Usai Kalahkan Kamboja

Nusantara • 21 days ago

Tim Garuda pertiwi kembali meraih tiket poin usai mengalahkan Kamboja dengan skor tipis 1-0 di ajang piala AFF wanita U-18 yang berlangsung di Stadion Gelora Sriwijaya, Palembang, Minggu (24/7/2022) malam. 

Kemenangan tim Indonesia atas Kamboja diraih melalui sepakan tendangan bebas Sheva Imut di menit-menit akhir pertandingan. Kemenangan ini membuat Timnas wanita Indonesia bertengger sementara di posisi pertama pada klasemen grup A piala AFF wanita U-18.

Rusli Zainal Bebas Bersyarat

Rusli Zainal Bebas Bersyarat

Nusantara • 21 days ago

Rusli Zainal mendapat fasilitas bebas bersyarat sehingga dapat meninggalkan LP Pekanbaru yang merupakan tempatnya dipenjara akibat melakukan suap dan korupsi. Gubernur Riau periode 2003-2008 dan 2008-2013 ini telah menjalani 2/3 dari 10 tahun masa hukumannya. 

Pada 2014, Rusli Zainal yang sudah tidak menjabat sebagai Gubernur Riau divonis 14 tahun penjara oleh PN Pekanbaru dalam kasus suap kepada DPRD Riau agar untuk meloloskan permintaan anggaran pembangunan venue PON 2012. Majelis hakim juga menyatakannya terbukti telah menyalahgunakan wewenang dengan menerbitkan izin alih fungsi lahan hutan menjadi perkebunan.  

Setelah mengajukan Permomhonan Kembali (PK) kasusnya kepada Mahkamah Agung (MA), masa masa hukuman Rusli berkurang jadi 10 tahun. "Terpidana mendapatkan kebebasan bersyarat dari masa hukuman 10 tahun dan bebas murni November 2023," jelas Kalapas Kelas IIA Pekanbaru, Sapto Winarno. 

8 Desa di Nagan Raya Gelar Pilchiksung Serentak

8 Desa di Nagan Raya Gelar Pilchiksung Serentak

Nusantara • 21 days ago

Pemkab Nagan Raya kembali mengadakan pemilihan keuchik (kepala desa) secara langsung (pilchiksung) tahap dua secara serentak di delapan desa. Sejumlah personel TNI-Polri dikerahkan ke lokasi TPS untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan selama proses pemilihan kepala desa berlangsung.

Delapan desa yang melakukan pelaksanaan Pilchiksung tersebar di empat kecamatan, yakni kecamatan Banggalang, Seunagan, Tadu Raya, Seunagan Timur. Sebelumnya 174 desa di Kabupaten Nagan Raya telah melakukan pemilihan keuchik gampung pada Desember 2021.

Pelaksanaan Pilchiksung digelar dengan menerapkan protokol kesehatan. Panitia pemilihan Keuchikgampung juga mengenakan pakaian adat Aceh sebagai wujud melestarikan dan menjujung tinggi adat istiadat Aceh.

Delegasi W20 Kunjungi Desa Wisata Huta Siallagan Samosir

Delegasi W20 Kunjungi Desa Wisata Huta Siallagan Samosir

Nusantara • 21 days ago

Dalam rangka kegiatan W20 2022 di kawasan Danau Toba, para delegasi W20 mengunjungi desa wisata Huta Siallagan, Samosir. Selain untuk melihat rumah batak dan peninggalan Raja Siallagan, para peserta W20 juga diajak menari tortor Batak dan menikmati kopi dari Samosir. 

Saat memasuki desa wisata Huta Siallagan, para delegasi W20 meminta untuk mengenakan ulos dan kemudian mendapat penjelasan tentang sejarah Huta Siallagan yang dipandu oleh salah seorang keturunan Raja Siallagan. 

Suasana semakin meriah ketika para delegasi W20 diajak untuk menari tortor mengikuti para penari. Para peserta tampak menikmati alunan musik tradisional yang dimainkan pemusik.