NEWSTICKER

Kapal Pesiar dengan 206 Penumpang dan Kru Kandas di Greenland

Kapal pesiar Ocean Explorer kandas di perairan dangkal di Greenland, 11 September 2023. (Joint Arctic Command)

Kapal Pesiar dengan 206 Penumpang dan Kru Kandas di Greenland

Willy Haryono • 13 September 2023 07:26

Greenland: Sebuah kapal pesiar dengan 206 penumpang dan kru mengalami peristiwa kandas (run aground) di perairan Greenland barat laut, dan tim penyelamat diperkirakan baru tiba paling cepat pada hari Jumat mendatang, kata pihak berwenang.

Ocean Explorer kandas pada Senin kemarin di Alpefjord, di taman nasional sekitar 1.400 km dari timur laut ibu kota Greenland, Nuuk, lapor Komando Gabungan Arktika (JAC) dari militer Denmark.

"Kapal pesiar yang mengalami masalah di taman nasional jelas mengkhawatirkan. Bantuan terdekat cukup jauh, dan cuaca bisa menjadi sangat tidak mendukung," kata kepala operasi JAC, Komandan Brian Jensen.

Mengutip dari laman Sky News, Rabu, 13 September 2023, ia mengatakan bahwa kapal angkatan laut Denmark terdekat berada sekitar lebih dari 2.000 km jauhnya. Jensen juga menambahkan bahwa kapal tersebut sedang menuju ke lokasi, dan diperkirakan tiba paling cepat di hari Jumat.

"Namun, dalam situasi khusus ini, kami tidak melihat adanya bahaya langsung terhadap kehidupan manusia atau lingkungan, dan hal ini cukup meyakinkan," tambahnya.

Pihak berwenang telah melakukan kontak dengan kapal pesiar lain di daerah tersebut, dan memintanya untuk tetap berada di dekat lokasi untuk membantu jika sewaktu-waktu situasi berubah.

Ocean Explorer

Kapal pesiar yang kandas di perairan dangkal itu mungkin bisa terbebas dengan sendirinya ketika air pasang sedang tinggi, lapor televisi Greenland, KNR. Namun pada hari Selasa kemarin, JAC mengatakan via akun Facebook-nya bahwa kapal tersebut masih terjebak meski air pasang.

"Bagaimanapun juga, hal terpenting bagi kami adalah semua orang mendapatkan keselamatan," kata Jensen.

Juru bicara operator kapal pesiar Australia, Aurora Expeditions, mengatakan bahwa semua orang di dalam kapal tersebut dalam keadaan selamat dan sehat.

Ocean Explorer selesai dibangun pada 2021 dan dapat menampung hingga 134 penumpang. Ekspedisi kapal tersebut menawarkan perjalanan ke "beberapa tujuan paling liar dan terpencil di planet ini", kata Aurora Expeditions di situs webnya.

Greenland adalah wilayah semi-independen yang merupakan bagian dari Denmark.

Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Metrotvnews.com

(Willy Haryono)