NEWSTICKER

Belasan Kecamatan di Bogor Siaga  Kekeringan

Ilustrasi. Medcom.id

Belasan Kecamatan di Bogor Siaga Kekeringan

Nur Cholis • 16 August 2023 12:36

Bogor: Sejumlah wilayah Bogor, Jawa Barat, dilanda kekeringan akibat musim kemarau berkepanjangan sejak beberapa waktu lalu.

Kasi siaga BPBD Bogor, Aris Jatmiko, mengatakan selain kemarau, prediksi BPBD Kabupaten Bogor dari BMKG, suhu panas dan kering juga dipengaruhi pula oleh muson.

"Kekeringan mulai melanda di belasan kecamatan di wilayah Kabupaten Bogor, yang berdampak pada surutnya sumber mata air dan kerawanan bencana kebakaran lahan dan hutan," kata Aris di Bogor, Rabu, 16 Agustus 2023.

Dia menjelaskan beberapa wilayah yang dilanda kekeringan seperti Cigudeg, Nanggung, Cariu, Jonggol dan wilayah perbukitan. Diperkirakan debit air bersih alami dari tanah berkurang hingga 70% selama kemarau berlangsung.

"Warga terdampak mulai mendapat bantuan air bersih, disalurkan oleh BPBD Kabupaten Bogor, dan status siaga penyakit ispa serta diare juga diberlakukan Pemkab Bogor," jelasnya.

Antrian warga di beberapa wilayah Bogor barat dan timur masih tergantung dari suplai air bersih, serta yang utama, warga juga mulai merasakan gagal tanam karena tanah mengering dan keras.

Penyebab dari tingginya suhu panas dan angin kering juga diterangkan Aris karena pengaruh angin muson yang akan berakhir di awal September. Hal tersebut diketahui berdasar informasi dari BMKG dan diperkirakan awal Oktober akan mulai turun hujan dalam intensitas ringan.

Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Metrotvnews.com

(Deny Irwanto)