NEWSTICKER

Piala Dunia U-17: Pecinta Sepak Bola Diminta Hindari Calo

Trofi Piala Dunia U-17 (dok. PSSI)

Piala Dunia U-17

Piala Dunia U-17: Pecinta Sepak Bola Diminta Hindari Calo

Gregorius Gelino • 18 November 2023 22:23

Jakarta: Antusiasme masyarakat menyaksikan laga-laga Piala Dunia U-17 2023 di empat kota terus meningkat pesat memasuki pengujung persaingan fase penyisihan. Memasuki babak knock-out 16 besar, Local Organizer Committee (LOC) memastikan sistem penjualan on-line bakal lebih teratur. 

LOC mengimbau pencinta sepak bola Tanah Air membeli tiket Piala Dunia U-17 lewat jalur resmi yang diatur FIFA, tak perlu mengkhawatirkan kehadiran calo yang belakangan mulai marak di  stadion yang menyajikan laga penyisihan.

"Kami dari LOC menyesalkan akan adanya calo, namun di event internasional masalah calo tak bisa dihindari. Ketika ada high demand, selalu saja ada orang-orang mencari keuntungan. Setiap orang yang memiliki identitas KTP bisa melakukan pembelian tiket, yang disayangkan ada oknum-oknum yang memanfaatkannya untuk mengeruk keuntungan pribadi dengan menjual lagi tiket dengan harga yang lebih mahal," ungkap Head of Marketing and Commercial LOC Piala Dunia U-17 2023, Marsal Masita pada Sabtu (18/11/2023).

"Agar hal ini tidak terjadi, kami mengimbau masyarakat segera melakukan pembelian tiket sebelum kehabisan, sehingga akhirnya mereka tidak perlu membeli dari para calo," timpalnya lagi.

Untuk membatasi ruang gerak para calo, FIFA bekerjasama dengan Loket.com membatasi pembelian maksimal tiket sebanyak empat lembar lewat jalur online untuk satu indentitas pengenal atau KTP.

Imbauan ini dimunculkan pasca sejumlah calon penonton jadi korban calo saat hendak menyaksikan laga-laga penyisihan Grup A yang melibatkan Timnas Indonesia U-17 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya. Hal serupa terjadi di Jakarta, banyak pencatut melambungkan harga tiket pertandingan di Jakarta International Stadium, terutama saat big match Inggris kontra Brasil pada Jumat (17/11/2023).

Penjualan tiket Piala Dunia U-17 2023 sejatinya sudah dibuka sejak jauh-jauh hari sebelum turnamen bergulir di situs resmi FIFA. Penjualan tiket sudah dibuka sejak 16 September. Tujuan utamanya agar pencinta sepak bola memiliki keleluasaan waktu memilih pertandingan yang ingin mereka nikmati. 

LOC cukup puas dengan animo yang ditunjukkan pencinta bola di empat kota penyelenggara Piala Dunia U-17, terutama di Surabaya tempat Timnas Indonesia U-17 menjalani laga-laga penyisihan Grup A.

Dari data yang dipegang LOC, setiap pertandingan Timnas Indonesia U-17 hampir selalu dipenuhi oleh penonton di stadion, begitu juga dengan laga lainnya.

"Surabaya adalah kota yang memiliki penonton terbanyak dari empat kota penyelenggara. Tapi sekadar info, per hari ini yang sudah nonton Piala Dunia U-17 dari empat kota jumlahnya 400 ribu orang," kata Marsal.

Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Metrotvnews.com

(Gregorius Gelino)