NEWSTICKER

Gavi Cedera Parah, Barcelona Bisa Raup Cuan Hingga Rp72 Miliar

Gavi. (Jose Breton/Pics Action/NurPhoto via AP)

LALIGA 2023/2024

Gavi Cedera Parah, Barcelona Bisa Raup Cuan Hingga Rp72 Miliar

Medcom • 21 November 2023 11:14

Jakarta: Cedera parah yang dialami Gavi tak sepenuhnya jadi bencana buat Barcelona. Di sisi lain, kondisi ini justru bisa menjadi berkah lantaran Barca akan mendapatkan cuan dari FIFA.

Menurut aturan, FIFA diwajibkan membayar kompensasi kepada klub apabila ada pemain yang mengalami cedera saat tampil di FIFA matchday. Gavi diketahui mengalami cedera parah saat Spanyol berhadapan dengan Georgia pada laga kualifikasi Euro 2024 di Stadion Jose Zorrilla, Valladolid, Senin 10 November dini hari WIB.

Belum terkonfirmasi seberapa parah cedera yang dialami Gavi. Namun, dalam cuitannya, pakar transfer Fabrizio Romano mengindikasikan bahwa Gavi mengalami cedera ACL dan berpotensi absen hingga akhir musim.

Baca: Vinicius Junior Perpanjang Daftar Cedera Pemain Real Madrid

Jika benar Gavi absen hingga akhir musim, ini tentu jadi bencana buat Barcelona. Namun, di sisi lain musibah yang menimpa pemain 19 tahun tersebut justru akan membuat Blaugrana mendapatkan dana segar jutaan euro dari FIFA.

Media Spanyol, Mundo Deportivo, menuliskan bahwa klub raksasa Catalan itu akan menerima kompensasi dari FIFA setidaknya 3 juta euro (Rp50 miliar) sebagai bagian dari program perlindungan pemain.

Sesuai aturan FIFA, klub akan menerima kompensasi jika ada pemain yang cedera saat bertugas di tim nasional dan absen lebih dari 28 hari. Oleh karena itu, Barcelona akan mulai menerima kompensasi pada 16 Desember.

Biaya kompensasi ini dihitung per hari yang jumlahnya 20.548 euro (Rp347 juta), dan FIFA wajib menanggung kompensasi ini maksimal selama satu tahun atau 365 hari.

Dengan kondisi demikian, Barcelona berpeluang menerima kompensasi dari FIFA hingga mencapai 3.082.200 euro (Rp52 miliar) jika Gavi harus absen selama enam bulan, seperti yang dikatakan Fabrizio Romano.

Biaya kompensasi yang diberikan FIFA bisa lebih besar lagi apabila ternyata Gavi membutuhkan waktu lebih lama untuk pulih. Jika ia harus absen hingga delapan bulan, maka Barcelona bakal menerima uang kompensasi dari FIFA sebesar 4.315.080 euro atau setara Rp72,8 miliar. (Sportbible)

Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Metrotvnews.com

(Kautsar)