NEWSTICKER

 Agen BRILink Capai 654.677 Agen pada Triwulan I-2023

BRI. Foto: MI.

Agen BRILink Capai 654.677 Agen pada Triwulan I-2023

Antara • 29 May 2023 15:44

Jakarta: PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI mencatat jumlah Agen BRILink sebanyak 654.677 agen pada triwulan I-2023, melampaui target 2023 yang sebanyak 615 ribu agen.

"Dengan jumlah agen BRILink yang terus bertambah dan kerja sama dengan analis kredit BRI, diharapkan mampu membangun ekosistem ekonomi mikro, salah satunya dalam hal penyaluran pinjaman melalui Agen Mitra UMi BRILink," kata Direktur Bisnis Mikro BRI Supari, dikutip dari Antara, Senin, 29 Mei 2023.

Agen Mitra UMi merupakan agen yang fokus menyalurkan pinjaman ultra mikro ke masyarakat, sehingga diharapkan mampu memberikan manfaat bagi seluruh pelaku UMKM dalam hal penyediaan modal usaha untuk menghindari praktik rentenir.

Menurut dia, Agen BRILink yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia sampai pada daerah 3T (Terdepan, Terpencil, dan Tertinggal) menjadi garda terdepan BRI dalam membuka akses keuangan dan melayani masyarakat Indonesia.

Sebaran Agen BRILink tersebut diharapkan dapat mengedukasi masyarakat akan layanan perbankan serta dapat memaksimalkan peluang bisnis dan membuka usaha.

Dampak positif dari bertambahnya Agen BRILink terlihat dari jumlah transaksi yang menunjukkan tren selalu meningkat pada empat bulan pertama 2023.

Selama periode tersebut, tercatat sebanyak Rp339,5 triliun transaksi finansial telah dibukukan. Kenaikan jumlah transaksi ini menunjukkan agen BRILink memiliki peran yang sangat penting dalam roda perekonomian serta kehidupan masyarakat.

Agen BRILink mudahkan aktivitas masyarakat

Dalam pelaksanaannya, kata Supari, Agen BRILink selalu siap melayani kebutuhan masyarakat sekalipun dalam periode hari libur. Hadirnya Agen BRILink juga dapat memudahkan aktivitas kehidupan masyarakat Indonesia melalui fitur-fitur yang sudah disediakan.

Berbagai fitur yang dapat dinikmati seperti, pembayaran tagihan listrik, air, iuran BPJS, dan telepon, pembelian pulsa, pembayaran cicilan, pengisian saldo BRIZZI, setoran pinjaman, pemberian layanan rujukan pembukaan rekening tabungan Basic Saving Account (BSA) dan pinjaman, serta transaksi lainnya.

Terdapat pula pengembangan fitur Agen BRILink sebagai wujud memaksimalkan layanan untuk seluruh kebutuhan masyarakat. Kini melalui Agen BRILink, masyarakat sudah bisa melayani penjualan asuransi mikro, tarik tunai dari luar negeri, pembelian voucher permainan, serta kebutuhan perjalanan dengan layanan pembelian tiket bus, shuttle, dan kapal feri.

Ke depan, dirinya menuturkan pengembangan Agen BRILink akan mengoptimalkan serta memaksimalkan layanan perbankan digital, sehingga dapat memberikan pelayanan yang lebih mudah dan cepat ke masyarakat luas.

Pelayanan yang mudah dan cepat akan mendorong inklusi perbankan kepada masyarakat. BRI akan selalu berkontribusi melalui pengembangan dan peningkatan Agen BRILink demi kemudahan serta kemajuan masyarakat.

Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Metrotvnews.com

(Arif Wicaksono)