NEWSTICKER

Insiden Udara Picu Pengerahan Jet Tempur di Dekat Rumah Biden

Pesawat jet tempur F-35 buatan Amerika Serikat. (AP Photo/Hiro Komae)

Insiden Udara Picu Pengerahan Jet Tempur di Dekat Rumah Biden

Willy Haryono • 29 October 2023 13:55

Delaware: Insiden tak biasa terjadi di dekat rumah Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden di Wilmington, Delaware. Sebuah pesawat sipil melanggar wilayah udara terbatas di area sekitar kediaman Biden, yang memicu dikerahkannya sejumlah pesawat jet tempur.

Peristiwa terjadi saat sang presiden sedang berada di rumahnya. Insiden dilaporkan terjadi tak lama setelah pukul 14.00 waktu setempat.

Kala itu, sebuah pesawat sipil memasuki wilayah udara terbatas di utara Wilmington, Delaware, dekat kediaman keluarga Biden.

Anthony Guglielmi, Kepala Komunikasi Secret Service Amerika Serikat, mengatakan bahwa tindakan segera telah diambil dengan mengerahkan jet tempur sebagai langkah pencegahan.

Mengutip dari laman Hindustan Times, pesawat sipil tersebut berhasil dipandu jet tempur untuk mendarat di bandara terdekat. Semua orang di dalam pesawat tersebut berada dalam kondisi selamat.

Biden berada di rumahnya selama kejadian, namun Guglielmi meyakinkan bahwa pergerakan sang presiden tidak terpengaruh oleh pelanggaran wilayah udara tersebut.

Setelah terjadinya insiden, Secret Service Amerika Serikat dan Administrasi Penerbangan Federal (FAA) telah meluncurkan penyelidikan atas pelanggaran tersebut, termasuk mengenai bagaimana bisa sebuah pesawat sipil memasuki ruang udara terbatas dekat kediaman presiden.

Baca juga:  Duh, Anjing Biden Kembali Gigit Agen Secret Service

Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Metrotvnews.com

(Willy Haryono)