NEWSTICKER

 Seribu Pohon Hijaukan Kolong Tol Becakayu

?Pemprov DKI Jakarta bersinergi dengan PT Aneka Tambang (Persero) Tbk (Antam) mencanangkan aksi penanaman seribu pohon di kolong Tol Becakayu untuk NZE 2060 atau penurunan emisi hingga 0% di 2060, Jumat (28/4/2023).

Seribu Pohon Hijaukan Kolong Tol Becakayu

N/A • 28 April 2023 16:39

Pemprov DKI Jakarta bersinergi dengan PT Aneka Tambang (Persero) Tbk (Antam) mencanangkan aksi penanaman seribu pohon di kolong Tol Becakayu untuk NZE 2060 atau penurunan emisi hingga 0% di 2060, Jumat (28/4/2023). 

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengatakan, lahan kolong tol Becakayu dan sekitarnya yang meliputi beberapa kelurahan masih memungkinkan untuk dilakukan penanaman.

Masyarakat dapat memilih jenis tanaman sesuai dengan karakteristik lokasi di wilayahnya. Para lurah dapat menggerakkan seluruh stakeholder di wilayahnya untuk berpartisipasi dalam penataan wilayah dengan melakukan penanaman.

"Terima kasih kepada Antam yang telah membantu Jakarta dengan program penanaman ini, termasuk pemberian bibit pohon, di antaranya ada pohon buah dan berbagai jenis lain yang bisa bermanfaat untuk masyarakat, serta lingkungan," kata Heru dalam keterangan resmi, Jumat (28/4/2023).

Tidak hanya itu, Heru juga memastikan kegiatan penanaman pohon akan terus berlanjut di berbagai wilayah DKI Jakarta. Jajaran Pemprov DKI berdiskusi untuk menetapkan lokasi-lokasinya dan melakukan monitoring kegiatan tersebut secara rutin dan berkelanjutan. 

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Perikanan (DKPKP) DKI Jakarta Suharini Eliawati menjelaskan, kolong tol Becakayu merupakan lahan potensial untuk dilakukan penanaman berbagai jenis tanaman mengingat lokasinya yang berdekatan dengan sumber air dan cukup sinar matahari. Terbukti beberapa tanaman sayuran yang ditanam beberapa bulan lalu saat ini sudah bisa dipanen dan hasilnya dinikmati masyarakat yang mengelola. 

“Penanaman bersama dengan Antam ini difokuskan pada tanaman produktif yang memiliki perakaran dangkal, tidak terlalu tinggi dan cepat panen sehingga dapat segera dinikmati hasilnya oleh masyarakat,” jelasnya.

Adapun, tanaman dari Antam berjumlah seribu pohon dengan rincian, sebanyak 600 pohon yang telah ditanam di lahan kolong tol Becakayu dan 400 pohon ditanam pada hari ini (28/4/2023), yang terdiri dari tanaman buah, tanaman hias, tanaman sayuran dan tanaman pelindung. 

Kemudian, pada acara ini, ditanam juga 209 pohon pelindung yang berasal dari Dinas Pertamanan dan Hutan Kota (Distamhut) DKI Jakarta. 

Selain itu, hingga saat ini, DKPKP DKI Jakarta telah menanam sejumlah 5.565 pohon, yang terdiri dari tanaman buah, tanaman obat, cabai, dan tanaman sayuran lainnya di lahan kolong tol Becakayu.

Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Metrotvnews.com

(Siti Nor Sholikhah)