NEWSTICKER

Bertemu di Sela KTT OKI, Presiden Jokowi Rangkul Presiden Palestina

Presiden Joko Widodo (Jokowi) merangkul Presiden Palestina Mahmoud Abas saat bertemu di sela-sela KTT OKI. Dok. Instagram Jokowi

Bertemu di Sela KTT OKI, Presiden Jokowi Rangkul Presiden Palestina

Kautsar Widya Prabowo • 11 November 2023 23:47

Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) merangkul Presiden Palestina Mahmoud Abas saat bertemu di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Luar Biasa Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) di King Abdulaziz International Convention Center (KAICC), Riyadh, Arab Saudi. Jokowi menyebut ini sebagai rangkulan persahabatan.

"Rangkulan persahabatan untuk Yang Mulia Presiden Palestina Mahmoud Abbas yang saya temui di sela-sela pelaksanaan KTT Luar Biasa Organisasi Kerja Sama Islam di King Abdulaziz International Convention Center (KAICC), Riyadh, Arab Saudi hari ini," ujar Presiden Jokowi, dilansir dari akun Instagramnya, Sabtu, 11 November 2023

Presiden Jokowi mengenakan kemeja putih yang dibalut jas berwarna biru dongker. Presiden juga tampak mengenakan dasi berwarna merah. Sedangkan, Presiden Mahmoud Abbas mengenakan kemeja putih berbalut jas hitam dan dasi berwarna ungu.

"Kepada Presiden Mahmoud Abbas saya meyampaikan keprihatinan yang mendalam atas peristiwa yang terjadi di Palestina," ujar dia.

KTT OKI akan membahas situasi di Gaza, Palestina. Presiden Jokowi memandang penting KTT tersebut sebagai salah satu upaya bersama guna menghentikan serangan Israel atas Palestina.

“Saya akan pertegas seruan agar gencatan senjata dapat segera dilakukan dan bantuan kemanusiaan dapat diperbesar,” kata Presiden Jokowi, Jumat, 10 November 2023.

Setelah menghadiri KTT Luar Biasa OKI di Riyadh, Presiden Jokowi akan melanjutkan perjalanan ke Washington DC pada 12 November 2023, untuk bertemu dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden. Presiden Jokowi menilai hal tersebut sebagai kesempatan baik guna menyuarakan posisi tegas Indonesia mengenai situasi di Gaza.

“Kunjungan ini juga merupakan kesempatan baik untuk langsung menyampaikan hasil KTT OKI di Riyadh yang mencerminkan solidaritas negara-negara OKI untuk membela keadilan dan kemanusiaan,” ungkapnya.

Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Metrotvnews.com

(Achmad Zulfikar Fazli)