NEWSTICKER

Pimpinan ASN Jakut Kaget Anak Buahnya Maling Motor

ASN pencurian motor pedagang kue/Medcom.id/Yurike

Pimpinan ASN Jakut Kaget Anak Buahnya Maling Motor

Medcom • 1 August 2023 19:41

Jakarta: Polisi menangkap Yusuf Edi Prasetyo (YEP), Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bekerja di Rumah Penampungan Barang Sitaan Negara (Rupbasan) Kelas 1 Kementerian Hukum dan HAM. Pelaku ditangkap usai aksinya viral di media sosial saat mencuri motor pedagang kue pancong di Cilincing, Jakarta Utara.

Kepala Rupbasan Jakarta Utara, Suprayitno mengatakan YEP dikenal rekan-rekannya sebagai ASN yang disiplin. YEP bertugas di bidang pengamanan Rupbasan Cilincing.

"Kalau secara kedinasan, dia itu pegawai baik, disiplin, rajin pokoknya enggak terlihat deh dia itu macam-macam. Disiplin banget, teman-teman juga bilang, waduh kaget juga nih anak baik, pergaulannya bagus, etikanya bagus, jadi bukan pegawai nakal," kata Suprayitno, saat dikonfirmasi, Selasa, 1 Agustus 2023.

Suprayitno mengaku kaget dan sempat tidak percaya dengan sejumlah video dan berita yang beredar. Ia pun tidak mengetahui kronologis kejadian saat YEP mengambil motor di Pasar Jongkok, Cilincing.

"Itu juga baca dari berita, sama keterangan dari polisi. TKP awalnya ketangkap itu kan hari Selasa, katanya dicurigai, maka ditangkap lah sama warga lalu dilaporkan ke polisi. Ternyata kan di situ sudah tersebar," kata Suprayitno.

Dia membenarkan ibu pelaku sedang sakit di Magetan, Jawa Timur. Hal inilah yang menjadi motif YEP melakukan pencurian motor hingga lima kali di kawasan Cilincing, Jakarta Utara.

YEP juga akan dikenakan sanksi administrasi sesuai putusan pengadilan, meski pelaku adalah ASN yang masih aktif. Atas perbuatannya tersebut, YEP dikenakan pasal 362 KUHP dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara.

Yurike Budiman

Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Metrotvnews.com

(M Sholahadhin Azhar)