NEWSTICKER

Indonesia Dukung Timor Leste Jadi Anggota Penuh ASEAN dan WTO

Mendag RI Zulkifli Hasan bersama Menperindag Timor Leste Filipus Nino Pereira. Foto: dok Biro Humas Kemendag.

Indonesia Dukung Timor Leste Jadi Anggota Penuh ASEAN dan WTO

Husen Miftahudin • 21 August 2023 12:20

Semarang: Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan menyatakan dukungannya terhadap percepatan keanggotaan penuh Timor Leste di ASEAN. Selain itu, Zulkifli juga mendukung keanggotaan Timor Leste ke Organisasi Perdagangan Dunia (WTO).

"Timor Leste meminta dukungan Indonesia atas aksesi ke ASEAN dan WTO. Saya mendukung dan akan membantu untuk mempercepat keanggotaan penuh Timor-Leste ke ASEAN dan WTO," kata Zulkifli pada saat pertemuan bilateral dengan Menteri Perdagangan dan Perindustrian Timor Leste Filipus Nino Pereira, dikutip dari siaran pers, Senin, 21 Agustus 2023.

Sementara itu, Menperindag Timor Leste Filipus Nino Pereira menyampaikan apresiasinya atas program magang aparatur sipil negara (ASN) Kementerian Perdagangan dan Perindustrian Timor Leste di Kementerian Perdagangan RI.

"Timor Leste berterima kasih karena 10 pegawai Kementerian Perdagangan dan Perindustrian Timor-Leste telah mendapatkan pelatihan magang. Saya harapkan program ini dan Nota Kesepahaman (MoU) kerja sama yang menjadi payungnya terus dilanjutkan," jelas Menperindag Filipus Nino Pereira.

Selain program magang, Zulkifli juga menawarkan kepada Timor Leste pelatihan sumber daya manusia (SDM) di balai-balai pendidikan dan pelatihan Kemendag, termasuk Sekolah Ekspor dan pelatihan desain.

Peningkatan kapasitas SDM akan melancarkan proses Timor Leste menjadi anggota penuh ASEAN. Program peningkatan kapasitas SDM untuk Timor-Leste tersebut telah tertuang dalam MoU Kerja Sama Teknis di sektor perdagangan antara kedua negara.

Baca juga: Mendag Pastikan Keamanan dan Kelancaran Arus Pangan di ASEAN
 

Perjanjian perdagangan perbatasan


Isu lain yang dibahas dalam pertemuan tersebut adalah Perjanjian Perdagangan Perbatasan kedua negara. Zulkifli menyampaikan, Indonesia dan Timor Leste memiliki perjanjian perdagangan perbatasan yang sama seperti dengan Malaysia.

"Ada berapa barang kebutuhan sehari-hari yang kita fasilitasi perdagangannya, namun berhenti semenjak pandemi. Ini akan kita dorong agar berjalan lagi," tutur Zulkifli.

Adapun total perdagangan Indonesia dengan Timor-Leste pada periode Januari-Juni 2023 tercatat sebesar USD167,7 juta atau meningkat 23,94 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Total perdagangan kedua negara pada 2022 tercatat sebesar USD301,5 juta, dengan ekspor Indonesia ke Timor Leste sebesar USD296,7 juta dan impor Indonesia dari Timor Leste sebesar USD4,7 juta. Surplus Indonesia ke Timor Leste mencapai USD292,0 juta.

Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Metrotvnews.com

(Husen Miftahudin)