NEWSTICKER

Tersangka Korupsi Bansos Beras Kuncoro Bantah Terima Uang

Mantan Dirut PT Bhanda Ghara Reksa (BGR) Persero Muhammad Kuncoro Wibowo. Foto: Medcom.id/Candra Yuri Nuralam.

Tersangka Korupsi Bansos Beras Kuncoro Bantah Terima Uang

Candra Yuri Nuralam • 7 September 2023 17:38

Jakarta: Pemeriksaan mantan Dirut PT Bhanda Ghara Reksa (BGR) Persero Muhammad Kuncoro Wibowo rampung. Dia bersumpah tidak menerima uang terkait dugaan korupsi pengadaan bantuan sosial (bansos) untuk keluarga penerima manfaat (KPM) dalam program keluarga harapan (PKH) di Kementerian Sosial (Kemensos).

"Enggak lah. bukan ya, enggak tipe gitu saya. Demi Allah enggak ada lah saya (terima), demi Allah enggak ada sepeser pun enggak ada," kata Kuncoro di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Kamis, 7 September 2023.

Kuncoro merasa yakin tidak terlibat dalam perkara ini. Mantan Direktur Utama TransJakarta itu juga meyakini tidak ada penerimaan melalui pihak ketiga yang mengatasnamakan dirinya.

"Oh, enggak lah, insyaallah tidak ada (dari orang lain)," ucap Kuncoro.

KPK menetapkan enam tersangka dalam kasus penyaluran bansos beras untuk KPM pada PKH di Kemensos. Mereka yakni mantan Dirut PT Bhanda Ghara Reksa Persero Muhammad Kuncoro Wibowo, eks Direktur Komersial PT Bhanda Ghara Reksa Persero Budi Susanto, dan mantan Vice President Operasional PT Bhanda Ghara Reksa Persero April Churniawan.

Lalu, Ketua tim penasihat PT Primalayan Teknologi Persada Ivo Wongkaren, anggota tim penasihat PT Primalayan Teknologi Persada Roni Ramdani, dan General Manager PT Primalayan Teknologi Persada Richard Cahyanto.

Negara ditaksir merugi Rp127,5 miliar dalam perkara ini. Ivo, Roni, dan Richard diyakini mengantongi Rp18,8 miliar.

Dalam kasus ini, Ivo, Roni, dan Richard disangkakan melanggar Pasal 2 ayat (1) atau Pasal 3 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Jo Pasal 55 ayat (1) ke 1 KUHP.

Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Metrotvnews.com

(Arga Sumantri)