NEWSTICKER

Polda Jatim Bekuk Komplotan Pencuri Rumah Kosong dan Curanmor

Polda Jatim menangkap komplotan curanmor dan pembobol rumah lintas daerah di Jatim. (Medcom.id/Amal)

Polda Jatim Bekuk Komplotan Pencuri Rumah Kosong dan Curanmor

Amaluddin • 15 August 2023 19:26

Surabaya: Polda Jawa Timur menangkap 10 orang komplotan pencurian kendaraan bermotor (curnamor) hingga pembobolan rumah. Mereka biasa melancarkan aksinya di berbagai daerah di Jatim.

"Tujuh orang merupakan pelaku spesialis pembobolan rumah, tiga orang pelaku curanmor," kata Wadirreskrimum Polda Jatim, AKBP Piter Yanottama, di Surabaya, Selasa, 15 Agustus 2023.

Piter menyebut tujuh pelaku spesialis pembobol rumah telah beraksi di 13 Tempat Kejadian Perkara (TKP) di sembilan kabupaten/kota di Jatim. Rinciannya, dua TKP pada Agustus 2023 di Bojonegoro, tiga TKP Februari, April dan Juni 2023 di Mojokerto.

Kemudian dua TKP di Bangkalan pada Januari dan April 2023. Masing-masing satu TKP di Situbondo pada Juni, Jombang pada Januari, Pamekasan pada Februari, Tuban pada Mei, Malang pada April dan Jember pada Februari.

"Semua pelaku ini punya peran masing-masing," bebernya.

Sebanyak lima orang pelaku sebagai eksekutor atau pelaku curat, yakni berinisial SA, 44, warga asal Sidokare, Sidoarjo; AA, 54, asal Gebang, Sidoarjo; SO, 47, asal Sidokare Sidoarjo; BF, 39, asal Sidokumpul Sidoarjo; dan AM, 47, asal Pucang Sidoarjo.

"Lalu dua orang bertindak sebagai penadah alias penerima barang hasil kejahatan pencurian. Yaitu PW, 48, asal Pekauman Sidoarjo dan AS asal Popoh Wonoayu, Sidoarjo," ujar dia.

Ketika melancarkan aksinya, pelaku berkeliling terlebih dahulu untuk mencari sasaran rumah kosong. Untuk memastikan rumah yang disasar tak berpenghuni, salah seorang pelaku mematikan aliran listrik rumah.

"Jika tidak ada yang keluar rumah, mereka membobol gembok rumah, kemudian menguras semua isi rumah. Ini dilakukan di sembilan TKP," katanya.

Dalam menjalankan aksinya, pelaku berbekal mobil operasional, linggis, gunting, kunci inggris, kunci L, kater hingga senjata mainan. Mereka kerap mengambil sejumlah barang berharga. Mulai dari televisi, jam tangan, laptop, raket tenis, kamera, sepeda lipat dan drone.

Atas perbuatannya, pelaku telah ditetapkan sebagai tersangka. Lima orang eksekutor terancam jeratan Pasal 366 KUHP. Kemudian dua orang penadah terancam jeratan Pasal 480 KUHP dengan ancaman pidana maksimal 4 tahun penjara.

Sementara, tiga orang pelaku curanmor, SA, 39, warga Balung Jember, NA, 41, warga Wuluhan Jember dan KS, 37, warga Semboro Jember. Mereka beroperasi di enam TKP wilayah Jember selama Mei, Juni, Juli dan Agustus 2023.

Adapun modus operandinya, dua orang selaku joki atau eksekutor membawa kunci T. Satu sebagai pengawas di sekitar TKP. Atas perbuatannya, tiga pelaku curanmor terancam jeratan Pasal 363 KUHP ayat 1 ke-4 dan 5, dengan ancaman hukuman maksimal 9 tahun penjara.

Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Metrotvnews.com

(Meilikhah)