NEWSTICKER

Presiden Jokowi dan Joe Biden Akan Bertemu di KTT APEC San Francisco

Presiden Joko Widodo (kanan) saat bersama Presiden AS Joe Biden di KTT G20 di New Delhi, India, 9 September 2023. (AP Photo/Evan Vucci,Pool)

Presiden Jokowi dan Joe Biden Akan Bertemu di KTT APEC San Francisco

Marcheilla Ariesta • 8 November 2023 17:04

Jakarta: Seperti yang sudah direncanakan sebelumnya, Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden akan bertemu dengan Presiden Joko Widodo di San Francisco pekan depan. Keduanya akan bertemu dalam KTT Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik (APEC) pada 11-17 November 2023.

Konfirmasi dari Washington ini disampaikan langsung dari Gedung Putih, Rabu, 8 November 2023.

"Presiden AS Joe Biden akan menerima Presiden RI Joko Widodo dalam pertemuan bilateral di Gedung Putih pada 13 November 2023," kata pernyataan Gedung Putih.

"Dalam kunjungan tersebut, Presiden Biden akan menegaskan kembali komitmen AS untuk memperdalam kemitraan yang telah berusia hampir 75 tahun antara AS dan Indonesia sebagai negara demokrasi terbesar kedua dan ketiga di dunia," lanjutnya.

Pernyataan dari Washington menambahkan bahwa kedua pemimpin akan menjajaki peluang untuk meningkatkan kerja sama dalam transisi energi bersih.

Tak hanya itu, mereka akan memajukan kesejahteraan ekonomi, meningkatkan perdamaian dan stabilitas kawasan, serta memperkuat hubungan antar masyarakat.

"Kedua presiden juga akan berkoordinasi dalam upaya memperkuat sentralitas ASEAN dan menegakkan hukum internasional serta mendorong kawasan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka," pungkas pernyataan Gedung Putih.

Baca juga:  Joe Biden Undang Jokowi Lakukan Pertemuan Bilateral di AS

Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Metrotvnews.com

(Willy Haryono)