NEWSTICKER

Kewenangan Presiden Seharusnya Dibatasi saat Transisi Kepemimpinan

Presiden Joko Widodo. Medcom.id/Kautsar Widya

Kewenangan Presiden Seharusnya Dibatasi saat Transisi Kepemimpinan

Medcom • 17 November 2023 16:46

Jakarta: Pakar Hukum Tata Negara, Bivitri Susanti mengatakan seharusnya wewenang presiden perlu dibatasi menjelang Pemilu 2024. Hal ini untuk menjaga pemilu yang berjalan secara jujur dan adil.

“Kalau di negara luar itu presiden tidak boleh membuat keputusan yang besar, yang punya dampak besar kepada pemerintahan. Jadi seharusnya ganti panglima TNI, seperti yang saat ini terjadi tidak boleh dilakukan lagi,” kata Bivitri dalam tayangan Metro TV, Jumat, 17 November 2023.

Dengan pembatasan kewenangan ini bisa memastikan transisi pergantian presiden dapat berjalan tanpa adanya intervensi. “Jadi presiden tidak boleh lagi mengambil keputusan-keputusan penting,” lanjutnya Bivitri.

Bivitri mengatakan, masyarakat juga dituntut untuk berperan dalam proses pengawasan jalannya pemerintahan, khususnya menjelang Pemilu 2024. Tujuannya agar kecurangan dalam pemilu tidak terjadi.

“Sekarang tergantung kepada kita warga, kalau ada apa-apa langsung kita buat setransparan mungkin. Karena saya juga punya kekhawatiran, penyelenggara pemilu juga kecenderungannya ada keberpihakan,” ucap Bivitri. (Imanuel R Matatula/Medcom)

Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Metrotvnews.com

(Eko Nordiansyah)