NEWSTICKER

Arsul Pastikan Tak Terlibat Panel yang Menangani Sengketa PPP di MK

Arsul Sani. Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez

Arsul Pastikan Tak Terlibat Panel yang Menangani Sengketa PPP di MK

Fachri Audhia Hafiez • 26 September 2023 18:38

Jakarta: Arsul Sani memastikan tak terlibat di panel yang menangani sengketa Partai Persatuan Pembangunan (PPP) di Mahkamah Konstitusi (MK). Pasalnya, Wakil Ketua Umum PPP itu sudah dipilih oleh DPR menjadi hakim MK menggantikan Wahiduddin Adams yang akan purna tugas.

"Saya tidak boleh ada dalam panel yang mengadili sengketa yang melibatkan PPP, itu dulu untuk benturan kepentingan," kata Arsul di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, 26 September 2023.

MK akan membagi panel untuk menangani setiap sengketa pemilihan legislatif (pileg). Sembilan hakim MK akan dibagi.

"Kalau dalam (sengketa) pilpres pasti tidak terhindarkan, karena tidak ada panel, tapi kalau pileg, tidak itu kan memang akan dibuat dalam panel-panel. Tentu saya harus minta saya tidak boleh ada dalam panel," ujar Arsul.

Arsul terpilih dari total delapan orang calon hakim konstitusi. Mereka yakni Reny Halida Ilham Malik, Firdaus Dewilmar, Elita Rahmi, Aidul Fitriciada Azhari, Putu Gede Arya, Abdul Latif, Haridi Hasan, serta Arsul Sani.

Namun, hanya Putu Gede Arya yang tidak ikut dalam fit and proper test di Komisi III DPR. Karena dia tidak datang saat pembuatan makalah dan tak hadir saat penarikan nomor urut. Sehingga, uji kelayakan yang digelar 25-26 September 2023 itu hanya diikuti tujuh calon.

Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Metrotvnews.com

(Eko Nordiansyah)