NEWSTICKER

KPK Terus Menguatkan Fakta Keterlibatan Istri Rafael Alun

Gedung KPK. Foto: Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez.

KPK Terus Menguatkan Fakta Keterlibatan Istri Rafael Alun

Candra Yuri Nuralam • 26 September 2023 11:26

Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus berupaya menguatkan fakta keterlibatan istri mantan pejabat Ditjen Pajak Rafael Alun Trisambodo, Ernie Meike Torondek dalam persidangan. Jaksa sempat mengulik keaktifannya di PT Artha Mega Ekadhana (ARME) dalam persidangan yang digelar pada Senin, 25 September 2023.

"Tim jaksa masih mengagendakan pemanggilan beberapa saksi kembali untuk menguatkan fakta-fakta sidang dimaksud," kata juru bicara bidang penindakan KPK Ali Fikri melalui keterangan tertulis, Selasa, 26 September 2023.

PT ARME merupakan perusahaan milik Rafael yang diduga dipakai untuk menerima gratifikasi. Menurut Ali, keterlibatan Ernie di kantor itu perlu diusut lebih dalam lagi.

"Fakta-fakta sidang tersebut menarik untuk terus dikonfirmasi kepada saksi-saksi lain sehingga membentuk fakta hukum yang dapat ditindaklanjuti oleh KPK," ucap Ali.

Sebelumnya, jaksa penuntut umum (JPU) pada KPK mengulik peran Ernie Meike Torondek dalam dugaan penerimaan gratifikasi dan pencucian uang. Informasi itu diulik dengan memeriksa pegawai PT Artha Mega Ekadhana (ARME) Ary Fadilah.

"Ada istri terdakwa (Rafael) Ernie Meike Torondek itu apakah aktif atau pasif di PT ARME?" kata JPU pada KPK di Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Senin, 25 September 2023.

Ary mengaku kerap melihat Ernie datang ke PT ARME untuk menghadiri rapat. Rafael juga hadir jika istrinya datang ke kantor tersebut.

"Dalam beberapa kali rapat, seingat saya beliau juga hadir," ucap Ary.

Namun, Ary mengaku tidak mengetahui keaktifan Ernie dan Rafael dalam memimpin rapat. Sebab, dia tidak bisa mengikuti pertemuan petinggi perusahaan karena jabatannya tidak terlalu tinggi.

Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Metrotvnews.com

(Arga Sumantri)